IE Mungkin Sudah Mati, Tapi Masih Akan 'Menghantui' Web Hingga Beberapa Tahun Mendatang

IE Mungkin Sudah Mati, Tapi Masih Akan ‘Menghantui’ Web Hingga Beberapa Tahun Mendatang

NESABAMEDIA.COMSetelah bertahun-tahun mengalami penurunan dan penghentian selama 13 bulan terakhir, pada 15 Juni kemarin Microsoft mengkonfirmasi bahwa IE telah mati, browser web tua yang pernah populer di zamannya itu.

Diluncurkan pada tahun 1995, IE telah terpasang di komputer Windows selama hampir dua dekade, dan seperti Windows XP, IE pernah menjadi browser andalan, sampai-sampai ketika tiba saatnya bagi pengguna untuk melakukan peningkatan, mereka sering tidak melakukannya. 

Pengumuman dipensiunkannya IE pada pekan lalu akan mendorong lebih banyak pengguna untuk beralih dari browser penuh sejarah itu, namun para peneliti keamanan menegaskan bahwa IE dan segala kerentanan keamanannya, jauh dari kata hilang. 

Dalam beberapa bulan mendatang, Microsoft akan menonaktifkan aplikasi IE di perangkat Windows 10, mengarahkan pengguna ke browser Edge generasi berikutnya, yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 lalu. Ikon IE akan tetap ada di layar desktop pengguna, dan Edge menggabungkan layanan dalam Mode IE, untuk mempertahankan akses ke situs web lama yang dibuat untuk Internet Explorer. 

Microsoft mengatakan akan mendukung Mode IE setidaknya hingga tahun 2029 nanti. Selain itu. IE masih akan berfungsi di semua versi Windows 8.1 yang didukung, Windows 7 dengan Extended Security Updates (ESU), dan Windows Server, meskipun mereka nantinya akan menghilangkan IE di sistem operasi tersebut.

7 Tahun setelah debut dari Edge, analis industri menilai bahwa Internet Explorer mungkin masih akan memegang lebih dari setengah persen dari total pangsa pasar browser global. 

“Saya pikir sudah ada banyak kemajuan, dan mungkin ke depan tidak akan melihat banyak eksploitasi terhadap IE, namun masih akan ada sisa-sisa dari IE yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan. Internet Explorer sebagai browser mungkin akan hilang, namun potongan bagian-bagiannya masih akan ada,” ungkap peneliti malware Ronnie Tokazowski.

Untuk sesuatu yang mungkin sudah ada sepanjang usia dari IE, kompatibilitas terbalik akan sangat sulit diseimbangkan dengan keinginan untuk kondisi yang benar-benar bersih. 

“Beberapa bagian web masih akan bergantung pada perilaku dan fitur khusus yang dimiliki Internet Explorer,” ungkap Sean Lyndersay, Manajer Umum Microsoft Edge Enterprise. 

Dia menambahkan bahwa ada kebutuhan nyata untuk memulai lembaran baru dengan Edge daripada mencoba menyelamatkan IE. Namun internet telah berevolusi dan begitu juga dengan browser. Peningkatan tambahan pada IE tidak akan bisa menandingi peningkatan di web pada umumnya. Oleh karena itu pihaknya lebih memilih untuk memulainya lagi dari awal dengan browser Edge yang lebih modern.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend