Smartphone Apple iPhone 9

Ini Alasan Apple Tidak Mengeluarkan iPhone 9, dan Langsung ke iPhone X

NESABAMEDIA.COMSetelah merilis iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, Apple melewati seri ke-9 dan langsung merilis seri ke sepuluh dari iPhone. Juga, tidak seperti tradisi sebelumnya, pada iPhone seri ke-sepuluh itu Apple memilih menggunakan angka romawi, X. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, apakah iPhone 9 pernah dibuat oleh Apple atau tidak. 

Apple diketahui telah memproduksi perangkat iPhone sejak tahun 2007. Pada waktu itu, masih menggunakan teknologi 2G yang menjadi jaringan standar kala itu. Model kedua hadir pada tahun 2008, dengan mengusung teknologi yang lebih baru yakni 3G, dan Apple menyematkan nama teknologi itu dalam perangkat tersebut,iPhone 3GS, yang kemudian menjadi tanda yang rutin dipakai untuk menyebut adanya pembaruan dan peningkatan ‘kecil’ dari perangkat iPhone. 

iPhone 4, 5 dan 6 semuanya memiliki versi S. iPhone 6 dan iPhone 6S ditawarkan pada ukuran standar dan ukuran lebih besar yakni Plus. iPhone 7 kemudian juga hadir dengan versi ukuran besar Plus. Namun pada seri iPhone 7 ini, Apple tidak merilis versi S-nya, dan mereka langsung merilis iPhone 8 dan iPhone Plus. 

Selanjutnya, versi iPhone 9 tidak pernah ada dan pihak Apple tidak pernah menjelaskan alasan di baliknya. Namun jika melihat industri smartphone pada tahun 2017 dan sejarah yang dimiliki iPhone, mungkin pertanyaan itu bisa terjawab. 

Di tahun 2017, perkembangan teknologi dan desain smartphone menjadikan tren modern dan kenyamanan pengguna adalah hal yang utama. Pada tahun itu, smartphone dengan bezel lebih tipis dan layar luas menjadi tren. 

Sementara saat itu, Apple masih memunculkan tombol home di bagian bawah smartphone yang tentunya memakan ruang bagi layar smartphone. Tidak ingin ketinggalan tren bezel tipis, Apple pun berpikir sudah saatnya untuk melakukan perubahan. Terlebih mengingat tahun 2017 menandai 10 tahun usia iPhone, sehingga Apple berusaha menciptakan sesuatu yang baru. 

Kombinasi bezel yang tipis dan ulang tahun ke 10, menjadi waktu yang pas untuk produk terbaru Apple dengan perubahan besar itu. Lantas, Apple kemudian memutuskan menggunakan angka 10 atau X untuk versi iPhone terbarunya, dan melewati urutan angka ke 9. Karena menurut mereka, perubahan besar itu juga harus diwujudkan dengan lompatan yang besar, dari 8 ke 10. 

Menariknya, tidak hanya Apple yang melewati angka 9 untuk produk mereka. Hal yang sama juga dilakukan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows, yang beranjak dari Windows 8.1 langsung ke Windows 10. 

Leave a Reply

Send this to a friend