Akun Administrator Windows 10

Ini Alasan Harus Menghapus Akun Admin Bawaan di Perangkat Windows

NESABAMEDIA.COMSemua perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, akan dibekali dengan akun admin bawaan. Akun ini bukanlah akun admin yang sama seperti yang dibuat pengguna saat proses instalasi pertama kali Windows 10. Akun ini biasanya yang menjadi sasaran peretas sebagai pintu masuk untuk melakukan pembobolan di komputer korban.

Jadi sangat disarankan, pengguna untuk menghapus akun admin bawaan tersebut begitu selesai melakukan instalasi sistem operasi Windows. 

Hampir seluruh pengguna tidak menyadari keberadaan akun admin bawaan Windows 10 tersebut. Pengguna tidak akan mencarinya, kecuali perangkat komputer mereka mengalami kerusakan. Bahkan saat membuat akun admin baru. Namun masalah utamanya bukan di situ, melainkan solusi agar peretas tidak bisa memanfaatkan akun admin bawaan tersebut.

Sebagai informasi, akun admin bawaan itu bernama Administrator, tidak ada yang terlalu aneh dan mencolok bukan? Akun admin bawaan itu sudah ada sejak sebelum hadirnya Windows XP. Namun sejak dirilisnya Windows Vista, Microsoft memutuskan untuk menonaktifkan akun bawaan itu, begitu pengguna selesai melakukan instalasi Windows. 

Apabila seseorang bisa mengaktifkan kembali dan memiliki akses meski dengan jarak jauh, maka dia bisa memiliki kontrol penuh pada perangkat tersebut. Lebih berbahayanya, akun admin bawaan itu tidak memiliki password sama sekali. Microsoft hanya menonaktifkannya saja. Akun tersebut memiliki hak akses penuh tanpa pengecualian, sehingga tingkat resikonya sangat tinggi jika berhasil digunakan peretas. 

Satu-satunya kondisi yang mengharuskan pengguna untuk mengaktifkan akun admin bawaan ini adalah ketika pengguna tidak dapat mengakses akun yang telah dibuat. Mungkin karena lupa password atau lainnya. Namun akun admin bawaan ini benar-benar tidak banyak berguna, kecuali pengguna mengaktifkannya terlebih dahulu. 

Jadi disarankan pengguna untuk menghapus akun admin bawaan, dan kemudian membuat dua akun baru. Satu sebagai akun utama, dan satu lagi sebagai akun admin cadangan. Yang terpenting, pastikan akun admin bawaan itu jangan diaktifkan, dan kemudian dibiarkan begitu saja dan menjadi celah pembobolan.

Lalu jika memang tidak banyak berguna, mengapa akun admin bawaan itu ada? Alasannya adalah karena akun tersebut digunakan oleh teknisi di pabrik untuk menginstal sistem, sebelum produk komputer dijual ke pelanggan. 

Untuk menghapus akun admin bawan itu, langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Buka registry editor dengan mengetik regedit di fitur search
  • Akses jalur berikut Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM
  • Klik kanan pada folder SAM dan kemudian centang Full Control pada opsi yang ada
  • Setelahnya akses jalur berikut Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM\SAM\Domains\Account\Users\Names\
  • Kemudian pilih folder Administrator, klik kanan dan pilih opsi Delete

Leave a Reply

Send this to a friend