Instagram AI, Tindak Lanjut Pengguna di Bawah Umur

Instagram AI, Tindak Lanjut Pengguna di Bawah Umur

NESABAMEDIA.COM – Instagram sedang melakukan uji coba fitur baru mereka, yang dapat dengan mudah mengidentifikasi usia penggunanya menggunakan teknologi AI, kerja sama dengan Yoti, Instagram akan mencoba menebak umur anda berdasarkan hasil Scanning, Sabtu (25/6/2022).

Instagram akan merilis fitur baru mereka, yang tentunya akan menjadi bagian dari proses pendaftaran akun Instagram mendatang. Dengan menggunakan teknologi AI, mereka akan mencoba memindai wajah dan menebak umur penggunanya.

Hal ini merupakan kerjasama dari perusahaan Yoti, untuk mengembangkan teknologi AI mutakhir mereka. Dikabarkan fitur ini menjadi bagian dari proses pendaftaran akun media sosial Instagram, yang mana meminimalisir penggunaan dari anak di bawah umur.

Instagram telah membuat kebijakan, bahwasannya pengguna Instagram akan menerima sebuah verifikasi usia, yang mengharuskan penggunanya untuk minimal berusia 13 tahun. Mengingat hal ini bisa saja dimanipulasi, maka Instagram akan melakukan pemindaian menggunakan AI untuk konfirmasi usia.

Beberapa waktu yang lalu, Instagram telah memberikan pernyataan terkait penggunaan Instagram di Amerika, yang mengharuskan penggunanya untuk memberikan informasi usia dengan minimal 18 tahun. Untuk memverifikasi umur mereka, maka pengguna dapat mengambil gambar dari ID Card.

Namun, sekarang pengguna Instagram di Amerika memiliki dua pilihan untuk dapat mengkonfirmasi umur ini, yaitu dengan menggunakan jaminan sosial, atau AI buatan Instagram dan Yoti.

Untuk yang pertama, jaminan sosial akan menggunakan mutual anda sebagai konfirmasi umur, di mana Instagram akan memberikan sebuah pemberitahuan dan menanyakan umur anda dari teman Instagram.

Kedua, Instagram akan melakukan pemindaian wajah untuk konfirmasi umur anda, menggunakan AI mereka dengan kerjasama perusahaan Yoti. Perusahan ini memang telah terkenal dengan teknologi AI mereka, untuk mengkonfirmasikan kartu identitas.

Ini bukan pertama kalinya Instagram menggunakan teknologi AI untuk mengembangkan platform mereka, pada 2019 lalu perusahaan telah menggunakan sistem otomtis untuk mendeteksi pengguna di bawah umur.

Teknologi yang digunakan Instagram ini dapat mengidentifikasi penggunanya, ketika sedang berulang tahun, dengan identifikasi wajah dan kemudian akan mengirimkan informasi berupa ucapan selamat ulang tahun.

Pelanggaran kebijakan akan dicegat dalam fitur ini, sebagai contoh ketika pengguna mengklaim berumur 20 tahun di akun Instagram mereka, namun mengunggah Story dan Feed perayaan ulang tahun yang menunjukan angka dibawah 20 tahun. Maka Instagram akan langsung mengambil langkah tegas.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend