Instagram Reels Juga Dihadirkan ke Facebook

Instagram Reels Juga Dihadirkan ke Facebook

NESABAMEDIA.COMLebih dari setahun setelah Instagram meluncurkan fitur Reels untuk bisa bersaing dengan TikTok, fitur tersebut kini juga dihadirkan ke aplikasi Facebook.

Kreator konten Reels sekarang akan memiliki audiens yang lebih luas untuk menarik dan kini juga bisa membuat Reels langsung dari aplikasi Facebook mereka. Nantinya, konten Reels itu akan muncul di News Feed di bagian khusus yang juga akan menampung Stories dan Room. Reels juga akan tersedia di Grup dan akan memiliki fungsi kurang lebih sama seperti di Instagram.

Facebook bahkan juga telah menguji kemampuan untuk menyarankan Reels Instagram kepada pengguna di Facebook. Namun fitur ini sekarang hanya tersedia untuk sekelompok kecil kreator dan berpotensi membantu mereka memperluas jangkauan untuk peluang monetisasi tambahan. Facebook juga berencana untuk menghadirkan iklan seperti yang dilakukan dengan Reel Instagram.

Selain menggelontorkan dana investasi sebesar $1 miliar untuk para konten kreator, Facebook juga memperkenalkan program bonus Reels Play baru yang akan memberi penghargaan kepada konten kreator berdasarkan performa Reels mereka. Program ini tidak berbeda dengan YouTube Shorts Fund yang nilainya mencapai $100 juta dari Google, yang juga memberikan bonus kepada pembuat konten berdasarkan penayangan dan engagement.

Facebook Reels diluncurkan di iOS dan ponsel Android di AS, meskipun kemungkinan akan diperluas ke negara lain seiring waktu. Program bonus Reels Play saat ini juga masih terbatas di Amerika saja, dan itu pun hanya untuk konten kreator yang mendapatkan undangan.

Petinggi Instagram sebelumnya membicarakan tentang keinginan platform media sosial itu untuk menghadirkan konten video lebih banyak, dan membawa Reels ke Facebook tampaknya menjadi salah satu cara untuk melakukannya. Ini juga merupakan cara terbaru di mana Facebook semakin berbaur dengan Instagram ketika perusahaan berusaha untuk lebih menggabungkan platform yang berbeda di tengah peningkatan pengawasan dari regulator.

Seperti yang telah diungkapkan petinggi Facebook, itu juga menunjukkan bahwa perusahaan menggandakan fitur tersebut sebagai pesaing sejati untuk aplikasi seperti TikTok dan Snapchat, yang kini sedang gencar mempopulerkan konten video berdurasi pendek.

Leave a Reply

Send this to a friend