Apa itu Interaction Overview Diagram? Mengenal Pengertian Interaction Overview Diagram

Apa itu Interaction Overview Diagram? Mengenal Pengertian Interaction Overview Diagram

Apa itu Interaction Overview Diagram? Perlu Anda ketahui bahwa diagram ini merupakan salah satu jenis dari UML. UML merupakan singkatan dari Unfied Modeling Language. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, UML merupakan pendekatan modern dalam hal permodelan dan juga mendokumentasikan software atau perangkat lunak. Saat ini UML telah menjadi teknik permodelan yang paling populer.

UML bekerja dengan berdasarkan representasi diagram dari berbagai komponen perangkat lunak. Dengan memanfaatkan representasi visual, Anda dapat lebih mudah di dalam mengetahui kesalahan atau kelemahan yang bisa terjadi kapan saja pada perangkat lunak tersebut.

Apa fungsi UML? UML telah dimanfaatkan sebagai sebuah bahasa permodelan untuk tujuan umum atau general-purpose untuk bidang RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak. Sekarang UML juga sudah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan dokumentasi alur kerja atau proses bisnis. Salah satunya adalah diagram aktivitas yang merupakan bagian atau jenis dari UML yang berperan untuk menggantikan diagram alur.

Mengenal Interaction Overview Diagram

Interaction Overview Diagram merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk melakukan visualisasi mengenai kerja sama yang terjadi antara sequence diagram dengan activity diagram.

Diagram ini juga biasanya dianggap sebagai sebuah activity diagram di mana seluruh aktivitas digantikan oleh sequence diagram. Bisa juda diartikan sebagai sebagai sequence diagram yang kemudian notasi activity diagramnya dibuat lebih rinci lalu digunakan untuk memberikan informasi terkait aliran pengawasan.

Ada juga yang mengartikan bahwa Interaction Overview Diagram berfungsi memodelkan interaksi pada objek yang ada di dalam sebuah proses. Diagram ini di dalamnya membuat informasi seputar interaksi himpunan dari sebuah objek serta hubungan yang terjadi antara objek-objek tersebut. Termasuk juga bagaimana pesan mengalir di antara objek Interaction Overview Diagram hampir sama dengan yang terdapat pada diagram aktivitas atau activity diagram.

Sementara itu, diagram aktivitas berperan di dalam memberikan informasi tentang urutan dari diagram interaksi. Di bawah ini kami akan memberikan informasi tentang apa saja komponen yang terdapat di dalam Interaction Overview Diagram.

Komponen atau Simbol Interaction Overview Diagram

  • Decision: merupakan sebuah unsur pada Interaction Overview Diagram yang bertugas untuk menunjukkan adanya titik perkembangan yang bersyarat. Jika kondisi benar, maka proses akan terus berjalan
  • Initial: simbol yang berfungi untuk mendefinisikan awalan dari aliran pada saat sebuah kegiatan sedang dipanggil
  • Final: simbol yang befungsi menunjukkan akhir dari sebuah aktivitas
  • Activity: simbol yang berfungsi untuk memberikan petunjuk seputar aktivitas atau kegiatan yang sedang berlangsung
  • Control Flow: sebuah konektor yang berfungsi untuk menghubungkan dua node di dalam diagram aktivitas. Simbol ini akan berperan sebagai jembatan dari aliran node aktivitas di mana nantinya aliran tersebut akan mengarah ke node target

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar Interaction Overview Diagram. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend