Apple iPhone iOS 14

iOS 14 Bakal Hadir, Intip Segalanya Di Sini

NESABAMEDIA.COMJika tidak ada halangan, kemungkinan besar Apple bakal mengumumkan sistem operasi terbaru mereka, iOS 14 pada minggu depan. Rencananya, pengumuman itu dilakukan bersamaan dengan acara konferensi developer tahunan. Sejumlah rumor pun bermunculan mulai dari fitur hingga kecanggihan yang bakal dihadirkan dalam iOS 14 tersebut.

Tanggal Rilis iOS 14

Apple selama ini melakukan peluncuran resmi produk dan teknologi terbaru mereka bertepatan dengan acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC). Jadi jika jadwalnya tidak mengalami penundaan, maka bisa dipastikan iOS 14 bakal dirilis pada tanggal 22 sampai 26 Juni mendatang. Tentunya, acara tersebut bakal digelar secara virtual, guna mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi.

Acara tersebut nantinya bakal menjadi gelaran WWDC ke 31 dan Apple diprediksi bakal mengumumkan perkembangan iOS di masa depan, termasuk pembaruan pada iPad OS, MacOS dan WatchOS, serta tidak ketinggalan adalah iMac.

Fitur Apa Saja Yang Bakal Dihadirkan?

Ada sejumlah bocoran yang tersebar di dunia maya mengenai beberapa fitur yang bakal hadir di iOS 14. Salah satu yang menarik untuk disimak adalah fitur Home Screen. Saat ini pengguna Apple Watch bisa melihat aplikasi yang ada dengan tampilan List. Kemungkinan besar, fitur ini juga bakal hadir untuk iPhone.

Tampilan berbentuk Grid juga bakal dihidupkan lagi, seperti yang ada pada iPhone generasi pertama. Sementara tampilan List, bisa diatur dengan pilihan tertentu. Juga, widget yang ada di Home Screen bisa dipindah-pindahkan seperti aplikasi icon yang ada saat ini. Fitur ini bakal merombak tampilan iPhone secara drastis. Namun fitur ini sebenarnya sudah bisa digunakan pengguna Android sejak dari dulu.

Pembaruan yang bakal hadir juga termasuk pada pengaturan aplikasi default. Nantinya, pengguna bisa memilih aplikasi default untuk memutar musik, peta atau juga berselancar di internet. 

Penambahan fitur two-factor authentication juga dirumorkan bakal hadir di sistem operasi terbaru ini. Fitur tersebut bakal dipasang di iCloud Keychains bersamaan dengan penerapan wallpaper dari aplikasi pihak ketiga.

Bagaimana Pembaruan Aplikasi Dilakukan?

Seperti sistem yang sudah ada selama ini, pembaruan bakal diterapkan melalui masing-masing aplikasi yang terpasang di ponsel pengguna. iMessage misalnya bakal secara otomatis mendapatkan pembaruan dengan sejumlah fitur baru untuk membatalkan pesan yang dikirim dan indikator pengetikan pada group chat juga akan mendapatkan sejumlah pembaruan. 

Apakah Ponsel Saya Mendukung iOS 14?

Berdasarkan laporan dari sejumlah pakar Apple, semua perangkat iPhone yang mendukung iOS 13 bisa menggunakan pembaruan iOS 14. Beberapa ponsel yang bisa menggunakan iOS 14 ini mulai dari iPhone 11 hingga iPhone SE 2016. [br/tn]

Leave a Reply

Send this to a friend