• Our Partners:

iPhone Tidak Lebih Mahal Dari Smartphone Android

iPhone Tidak Lebih Mahal Dari Smartphone Android

NESABAMEDIA.COMAda banyak sekali kesalahpahaman ketika ada debat mengenai iPhone melawan Android. Salah satu mitos paling umum adalah anggapan bahwa iPhone masih lebih mahal dibandingkan perangkat smartphone Android. Hal ini, sama sekali tidak benar. 

Mitos itu kemudian semakin meluas dari sekedar perbandingan harga. Banyak orang mengatakan bahwa iPhone lebih baik karena harganya lebih mahal. Semua perangkat Android digeneralisir dan dipandang lebih rendah sebagai smartphone murah. 

Membandingkan harga antara iPhone dan smartphone Android pada dasarnya tidak valid. Perbandingan ini mirip dengan membandingkan antara Mac dengan PC, yang sudah terjadi cukup lama. Apalagi, ekosistem untuk kedua perangkat itu sangatlah berbeda. 

Apple biasanya merilis dua atau tiga iPhone baru dalam setahun dengan satu atau dua modelnya merupakan perangkat flagship kelas atas. Bandingkan hal ini dengan Samsung, produsen smartphone Android yang setara dengan Apple. Samsung saat ini menawarkan lebih dari 30 smartphone Android, dan perangkat tersebut bervariasi dari yang paling kelas atas hingga paling murah. 

Ini adalah masalah utama mengenai argumen soal harga. Ada lebih banyak perangkat Android di dunia ini ketimbang iPhone. Ini seperti membandingkan empat atau lima buah apel dengan satu karung jeruk. 

Menyetarakan Pembanding

Mari ambil perbandingan harga untuk perangkat yang lebih setara kelasnya, misalnya antara iPhone dengan Samsung Galaxy. Saat ini, model paling kelas atas yang dimiliki Apple adalah iPhone 13 Pro Max, yang harga versi vanilanya sekitar Rp15,7 jutaan, dengan layar 6,7 inci, penyimpanan 128GB dan tiga kamera di belakang. 

Sementara smartphone paling kelas atas dari Samsung adalah Galaxy S21 Ultra (dalam hal ini tidak termasuk smartphone lipat), yang harga untuk model dasarnya adalah sekitar Rp17 jutaan. Layarnya berukuran 6,8 inci, penyimpanan 128GB dan empat kamera di belakang. 

Seperti yang anda lihat, kedua perusahaan itu menawarkan perangkat smartphone kelas atas dengan fitur yang sebanding dengan harga yang tidak jauh berbeda. Perbedaan terbesar adalah iPhone 13 Pro Max bisa meningkatkan penyimpanan hingga 1TB untuk Rp22,9 jutaan, sementara Galaxy S21 Ultra maksimal 256GB dengan harga Rp17,9 jutaan. 

Ini adalah kasus yang paling masuk akal. Smartphone Android terbaik harganya mirip dengan iPhone terbaik. Contoh lainnya adalah Google Pixel 6 Pro, yang harganya Rp12,9 jutaan untuk penyimpanan 128GB. Itu hampir Rp3 juta lebih murah dibandingkan versi dasar dari iPhone 13 Pro Max. 

Fakta yang benar adalah smartphone memiliki harga yang sangat mirip satu sama lain. Ketika satu produsen menaikkan harga, yang lain akan melihatnya sebagai peluang untuk melakukan hal yang sama. Akan lebih baik lagi bagi para produsen itu untuk menjaga harga secara relatif merata, daripada berjuang untuk mencapai titik terbawah. 

Jika anda berencana untuk membeli smartphone kelas atas yang solid, anda membutuhkan biaya yang mahal. Tidak masalah jika itu ada embel-embel Apple atau tidak. Faktanya smartphone termahal saat ini bukan berasal dari Apple, tetapi itu adalah smartphone Android. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend