Download Java SE Runtime Environment 10.0.2

Download Java SE Runtime Environment Developer: Oracle Corp.
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 100MB


Bagi kalian para pecinta dunia programming sudah tidak asing dengan nama Java. Saya akan memberi penjelasan singkat mengenai Java. Java adalah salah satu plug in yang penting pada browser. Java berfungsi sebagai software yang menjalankan javascript yang ada pada halaman web yang dibuka oleh browser. Nah Javascript sendiri adalah sebuah source code program yang dieksekusi pada komputer client (komputer yang kita pakai untuk browsing) bukan pada komputer server seperti source code PHP. Jadi javascript memerlukan sebuah lingkungan software java.

Sudah jelas maka kali ini saya bahas tentang Java Runtime Environment yaitu sebuah software yang dikembangkan oleh Oracle yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi yang berbasis java. Software ini merupakan software pendukung yang harus di install ketika kita ingin menjalankan program atau aplikasi berbasis java. Java SE ( Standard Edition ) software dari Java yang sudah termasuk JDK dan JRE. Jadi Java SE sudah termasuk JDK dan JRE. Jika kalian ingin menggunakan dan membuat aplikasi berbasis Java sebaiknya install saja Java SE langsung karena sudah termasuk JDK dan JRE.

Java SE Runtime Environment

Banyak aplikasi yang berjalan di Windows, Mac atau Linux yang memerlukan Java untuk dapat berfungsi dan digunakan dengan baik. Begitu juga pada saat bermain game online, chatting, atau lainnya di internet. Aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java hanya akan berjalan jika dalam komputer kita sudah terinstall Java Runtime Environment.

Sederhananya JRE hampir mirip dengan Flash Player atau Shockwave Player. Jadi program java tak akan bisa jalan jika dalam komputer kita tak terinstall JRE, sama seperti file *swf tak akan jalan jika di komputer kita tak terinstall flash player.

Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda termasuk Telepon genggam. Java pertama kali dirilis pada tahun 1995 sebagai hasil dari The Green Project, proyek yang dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems yang saat ini merupakan bagian dari Oracle.

Download Java SE Runtime Environment

Java berkembang dengan sangat pesat dan sudah diadaptasi oleh berbagai platform. Dengan motonya “Write once run anywhere”, menjadikan Java menjadi bahasa pemrograman yang popular saat ini, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi berbasis web.

Nama “Java” diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan James Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java). Download Java SE Runtime Environment (JRE) terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Send this to a friend