• Our Partners:

Berikut Ini Jenis-Jenis Hamster dan Penjelasannya, Lucu Banget!

Eksistensi dari binatang peliharaan dari zaman ke zaman tidaklah berubah. Karena banyak sekali orang yang berminat untuk memelihara binatang yang dapat menemaninya dirumah. Contoh binatang peliharaan yang banyak dijadikan peliharaan ialah seperti kucing, anjing, kelinci, dan hamster.

Hamster merupakan binatang yang cukup diminati oleh orang-orang untuk menjadi hewan peliharaannya. Jika dilihat secara sekilas, memang hamster memiliki ciri-yang sedikit mirip dengan marmut maupun tikus. Tetapi sebagian orang juga berpikit bahwasanya hamster sebenarnya iala tikus yang dengan jenis lain dan lebih lucu. Hamster juga memiliki banyak sekali jenis, contoh dari jenis-jenis hamster ialah seperti dibawah ini.

Jenis-Jenis Hamster dan Penjelasannya

Pada awalnya, hamster merupakan binatang untuk percobaan di laboratorium tetapi dikarenakan kelucuannya, sehingga membuatnya menjadi hewan peliharaan. Dan tidak sedikit orang yang menjadikan hamster sebagai hewan peliharaannya. Hamster ini bukanlah berasal dari Indonesia.

Hamster awalnya berasal dari wilayah sub tropis daerah utara yakni Mongolia, Rusia, Cina bagian utara dan juga Siria. Berikut ini adalah penjelasan mengenai macam-macam jenis hamster.

1. Hamster Campbel

Jenis-Jenis Hamster Campbel

Hamster Campbel merupakan salah satu hamster populer, dimana banyak sekali orang-orang yang menyukai hamster yang berbentuk mini ini. Hamster satu ini juga merupakan hamster paling kecil dan juga paling aktif, dan yang penting ialah hamster ini merupakan hamster dengan harga yang paling murah.

Hamster jenis ini juga memiliki sebutan sebagai Mad Hamster yang lebih mengesankan sifat galak, mudah marah dikarenakan hamster jenis ini sangat suka menggigit dan juga apabila ia belum dekat pada pemiliknya.

Hamster Campbel juga memiliki 19 jenis variant yang terdapat di dunia. Biasanya, hamster ini mantel bulunya memiliki warna kuning yang gelap dan kecoklatan disertai dengan garis-garis hitam yang terdapat dipunggungnya dan juga memiliki bulu yang cukut panjang yang ada disekitaran kaki tetapi juga mempunyai variasi mantel bulu yang amat menarik.

2. Hamster Roborovski

hamster

Hamster Roborovski merupakan hamster yang asalnya dari Mongolia Timur wilayah utara daratan Cina. Dan hamster jenis ini juga merupakan hamster yang paling kecil jika dibandingkan dengan hamster yang mini lainnya. Hamster Roboroski dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Mantel bulu yang dimiliki oleh hamster Roborovski ada dua macam, yaitu Agouti yang ada warna putih yang posisinya diatas mata yang mirip dengan alis dan juga ada yang diperut kemudian pada daerah batas hidung sampai dengan punggung memiliki warna coklat pasir keemasan.

Selanjutnya yaitu jenis White Face, warna bulu yang ada di wajah seluruhnya memiliki warna putih tetapi ada juga yang mempunyai sedikit warna abu-abu yang bergaris.

3. Hamster Cina

Hamster Cina

Hamster cina termasuk salah satu hamster yang sangat jarang kita jumpai di Indonesia. Karena hamster jenis ini kebanyakan terdapat di negara yang ada dibagian barat, terkhusus Inggris dan juga Amerika. Hamster Cina pastinya berasal dari Cina, dan hamster ini bukan tergolong kedalam hamster mini. Walaupun hamster Cina ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil.

Hamster Cina tak mempunyai mantel bulu yang berlebihan, maka dari itu, apabila kita menyentuhnya, maka akan langsung menempel pada kulitnya. Dan terdapat 2 jenis variant warna pada hamster Cina, yakni warna normal dan juga warna terang. Hamster cina yang memiliki warna normal yaitu berwarna abu-abu dan memiliki garis yang lebih terlihat seperti warna coklat gelap atau hitam yang terdapat di punggung dan juga warna bulu yang ada pada bagian perutnya yaitu warna putih.

Lalu yaitu hamster cina yang memiliki warna terang, pada hamster jenis ini memiliki mantel bulu yang berwarna putih dan juga garis-garis hitang yang terdapat di punggungnya. Dan umumnya hamster Cina jantan memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan hamster yang betina.

4. Hamster Syrian

Jenis-Jenis Hamster Syrian

Hamter ini dinamakan hamster syrian karena berasal dari Aleppo, yaitu wilayah yang ada disekitaran Siria. Hamster jenis ini adalah salah satu dari hamster yang memiliki ukuran paling besar jika dibandingkan dengan hamster yang lainnya. Maka dari itu, hamster ini memiliki sebutan sebagai Giant Hamster. Hamster Syrian berjenis kelamin betina biasanya memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan hamster yang jantan. Hamster ini juga sebenarnya adalah hewan liat yang tak diperbolehkan untuk dipelihara oleh manusia, apalagi untuk diperjual-belikan.

Kemudian ada juga sebutan yang lainnya untuk jenis hamster ini, yakni Golden Hamster, hal itu dikarenakan mantel bulu aslinya memiliki warna yang kuning keemasan. Tetapi, hamster Syrian mempunyai banyak warian warna seperti contohnya warna polos sampai dengan warna yang bercorak.

Hamster Syrian ini juga merupakan hamster yang mempunyai rambut terpanjang jika dibandingkan dengan hamster-hamster jenis lainnya. Oleh karena itu hamster ini disebut dengang long haris karena panjang rambutnya sampai menutupi perut layaknya sebuah rok yang panjang, dan terkadang hamster ini juga disebut dengan Anggora.

5. Hamster Winter White

Hamster Winter White

Hamter Winter White ini sering kali disebut juga dengan singkatan hamster WW dan berasal dari padang rumput yang bersalju yang sangat luas tanpa adanya pepohonan di daerah utara seperti Siberia dan Kazakhstan.

Hamster WW ini merupakan kerabat dari hamster Campbel. Yang menjadi pembedanya ialah hamster WW memiliki ukuran yang lebi kecil dibandingkan dengan hamster Campbel. Pada hamster Campbel cuma mempunyai 3 varian warna yakni warna pearl, putih salju dan juga sapphire.

Akan tetapi apabila hamster WW ini ditempatkan di suhu udara yang dingin, maka akan dengan sendirinya hamster tersebut akan berbubah warnanya menjadi warna putih salju dan juga akan dapat kembali ke warna aslinya seperti berada di suhu yang normal.

Hal yang sangat perlu untuk dicatat yaitu hamster WW ini cuma mempunyai 3 jenis yani Winter White Agouti, Winter White pearl dan juga Winter White Shappire. Lalu bagaimana dengan jenis hamster WW yang seperti yang sudah kita dengan yaitu seperti golden, blue argente, pearl mata merah dan violet? Hamster-hamster tersebut sebenarnya termasuk kedalam jenis dari hamster hybrid yang bisa didapatkan dari persilangan antara campbell dan juga WW.

6. Hamster Hybrid

Jenis-Jenis Hamster Hybrid

Hamster hybrid merupakan anak dari hasil hubungan antara hamster WW dan juga hamster Campbell. Dan hasil dari hubungan tersebut sebenarnya sangat ditentang oleh darrah barat dikarenakan akan dapat menghilangkan keaslian dan juga kemurnian dari sub spesies antara WW dan juga Campbel. Oleh karena itu hamster ini bukan jenis murninya.

Hamster hybrid juga tak hanya bisa dilakukan oleh hamster WW dan juga Campbel, tetapi hamster ini dapat dihasilkan oleh dua persilangan antara hamster Campbel dan hamster Syrian. Hamster Campbell maupun hamster yang lainnya karena mereka asalnya dari sub keluarga yang sama yakni untuk istilah Cricetinae.

Hamster jenis hybrid memiliki mantel bulu yang berwarna cream pudar dan bercampur dengan abu-abu halus serta daris-garis putih yang berada di punggungnya. Tetapi ada juga yang memiliki warna emas terang dengan warna merah.

7. Hamster Eropa

Hamster Eropa

Hamster Eropa memiliki nama latin yakni Cricetus cricetus. Dan hamster ini sering kali disebut dengan European hamster.

Di Eropa sendiri, hamster ini sering kali dikenal dengan nama Alscae hamster dan black-bellied hamster. Hamster eropa juga termasuk kedalam keluarga Cricetidae dan juga sub keluarga dari  Crcetinae di ordo Rodentia. Sama seperti hamster cina, hamster ini mempunyai kromosom sebanyak 22 pasang.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai macam-macam hamster. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan juga bisa menjadi referensi Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend