Jenis-Jenis Ikan Cupang yang Populer Beserta Harganya, Edisi Terbaru!

Jika anda pecinta ikan hias, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Ikan Cupang. Ikan yang terkenal cantik ini banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias. Selain cantik dan unik ternyata ikan ini juga galak.

Ikan ini disebut galak karena sifatnya yang agresif ketika mempertahankan daerahnya. Selain untuk sebagai peliharaan biasanya ikan ini digunakan sebagai ikan laga, maksudnya ialah saling diadu dengan jenis cupang lainnya untuk melihat ke agresifan dari ikan tersebut.

Ikan cupang ini habitatnya di air tawar dan banyak tersebar di Asia Tenggara yaitu di sekitaran Indonesia, Malaysia, Kamboja, Thailand dan Vietnam. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis ikan cupang, yuk simak penjelasan dibawah ini.

10 Jenis Ikan Cupang yang Populer

1. Ikan Cupang Cagak (Double Tail)

jenis-jenis ikan cupang Cagak (double tail)

Ikan Cupang Cagak ini juga dikenal dengan nama Double Tail. Ikan cupang cagak ini memiliki ciri khas dibagian ekornya yaitu terbagi menjadi 2 atau bercabang 2 seperti Cagak. Maka dari itu ikan ini diberi nama ikan cupang cagak atau juga disebut Double Tail yang memiliki arti bercabang.

Ikan cupang jenis ini termasuk dalam kategori mahal, karena untuk mendapatkan ikan jenis ini diperlukan kocek yang dalam.

Seekor ikan Cupang Cagak dapat dihargai sekitar 200 ribuan dan tergantung kualitasnya. Sayangnya ikan ini sudah jarang dijumpai di pasaran karena perawatannya yang terbilang cukup sulit.

Kisaran Harga : Rp. 200.000

2. Ikan Cupang Halfmoon (Setengah Bulan)

ikan cupang halfmoon (setengah bulan)

Sama sepeti namanya, dinamakan ikan Cupang Halfmoon karena ikan ini mempunyai bentuk seperti setengah bulan. Ikan Cupang Halfmoon ini memiliki kemiripan dengan ikan Cupang Cagak (Double Tail), hanya saja yang membedakannya ikan Cupang Halfmoon ekornya tidak terbelah.

Ekornya yang indah ketika ikan ini bergerak membuat ikan cupang halfmoon memiliki banyak peminat. Selain itu, ikan ini juga mempunyai piihan warna yang bermacam-macam seperti merah, kuning, hitam, putih dan warna lainnya.

Ikan cupang halfmooon ini juga memilki harga yang cukup fantastis, yaitu sekitar 150 ribuan sama seperti ikan cupang Cagak, dan semakin bagus kualitas ikan cupang halfmoon maka semakin mahal pulak harga yang ditawarkan.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

3. Ikan Cupang Serit (Crown Tail)

jenis-jenis ikan cupang serit (crown tail)

Ikan Cupang serit yang juga dikenal dengan nama Crown Trail termasuk salah satu jenis ikan cupang yang cantik dan populer. Nama serit atau Crown Tail terinspirasi dari bentuk ekornya yang memiliki bentuk seperti mahkota

Warna dan corak yang ada pada tubuh ikan ini berbeda-beda. Kebanyakan ikan cupang serit memiliki warna hitam, putih, biru, kuning, merah dan ada juga ikan cupang serit yang mempunya kombinasi beberapa warna.

Harga ikan ini berbeda-beda tergantun dari warna dan kombinasi warna serta kualiltas dari ikan cupang serit. Seekot ikan cupang serit biasanya dihargai sekitar 150 ribuan.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

4. Ikan Cupang Laga (Plakat)

ikan cupang laga (plakat)

Sebenarnya jenis ikan cupang yang satu ini tidak begitu menarik. Karena ikan cupang laga ini mempunyai sirip dan bentuk tubuh yang dapat dikatakan biasa saja. Ada pula salah satu jenis ikan cupang laga yang mempunyai bentuk seperti ikan cere atau bentuk yang pendek.

Yang membedakan dan hal yang membuat menarik dari ikan jenis ini yaitu karakter ganas yang dimiliki ikan cupang laga ini. Selain itu ikan ini juga baik pada sesama jenisnya dan juga jenis yang lainnya.

Karena sifatnya yang agresif dan ganas, ikan ini sering dijadikan aduan atau petarung. Maka dari itu ikan ini disebut ikan Laga.

Dalam meningkatkan skill bertarung dan keagresifan ikan cupang laga, tak jarang pemelihara ikan ini akan memberikan asupan-asupan tambahan. Harga ikan cupang laga ini sekitar 200 ribuan juga sama seperti ikan cupang populer lainnya.

Kisaran Harga : Rp. 200.000

5. Ikan Cupang Raksasa (Giant)

ikan cupang raksasa (giant)

Jika dibandingkan dengan jenis ikan cupang lainnya, ikan cupang jenis ini tidak jauh berbeda dan sama saja seperti ikan lainnya, yaitu memiliki warna dan bentuk yang sama. Namun yang menjadi keunikan dari ikan yang satu ini yaitu ukuran tubuhnya yang bisa dibilang raksasa untuk ukuran ikan cupang yang biasanya mempunyai ukuran kecil.

Ukuran tubuh dari ikan cupang Giant ini 3 kali jauh lebih besar dibandingkan ukuran ikan cupang pada umumnya. Maka dari itu ikan ini diberi nama ikan Raksasa atau Giant. Ikan ini banyak ditemukan di Thailand.

Harga ikan cupang giant ini cukup mahal karena ukuran tubuhnya yang cukup besar. Untuk mendapatkan ikan ini, anda perlu merogoh kocek sebesar 300 ribu.

Kisaran Harga : Rp. 300.000

6. Ikan Cupang Coccina

ikan cupang coccina

Ikan cupang Coccina memiliki nama lain yaitu Clorat’s Betta. Ikan ini mempunyai tubuh seperti silinder dengan warna merah tua daru kepala hingga sirip.

Ikan ini memiliki bentuk kepala yang bulat dan panjang dengan warna perak kekuningan, selain itu siripnya panjang dan anal polos serta sirip insangnya berwarna merah transparan. Ikan Cupang Coccina mempunyai ukuran sekitar 7 cm. Di pasaran, biasanya ikan ini dipejualbelikan dengan sebutan Cupang Belgi Bangkok.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

7. Ikan Cupang Akarensis

jenis-jenis ikan cupang akarensis

Ikan Cupang Akarensis juga disebut dengan nama Ikan Cupang Sarawak. Ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang mirip seperti silinder dengan warna kelabu tua. Bentuk kepalanya pendek dan kecil dengan warna yang sedikit kelabu-hijau.

Warna sirip anal yang dimiliki ikan ini cukup unik yaitu kuning transparan dengan warna hitam di bagian sisinya. Sementara itu punggung, perut dan sirip ekornya berwarna hijau toska transparan. Ikan cupang akarensis dewasa memiliki ukuran tubuh 5 cm.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

8. Ikan Cupang Veiltail

ikan cupang veiltail

Ikan cupang Veiltail mirip dengan double tail dan halfmoon yaitu bagian ekornya yang cantik. Yang membedakannya hanya pada ekornya, bagian ekor ikan cupang veilteil lebih kuat jika dibandingkan dengan double tail dan halfmoon.

Dulu Ikan ini banyak diminati karena mudah didapatkan, tetapi semakin banyaknya jenis ikan cupang silangan, popularitas veiltail sedikit tersisihkan.

Kisaran Harga : Rp. 160.000

9. Ikan Cupang Tasyaee

Ikan Cupang Tasyaee

Ikan Cupang Tasyaee atau disebut juga dengan Peacful Betta, mempunyai tubuh seperti silinder dengan warna abu-abu coklat.

Sirip perut pada ikan ini berwarna biru transparan dan ditambah dengan aksen biru tua metalik dibagian tengahnya. Biasanya panjang tubuh Ikan Cupang Tasyaee bisa mencapai sekitar 7 cm.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

10. Ikan Cupang Belicca

ikan cupang ballica

Ikan cupang Balicca memiliki nama lain yaitu Standard Betta. Warna ikan Cupang Belicca didominasi kuning kebiru-biruan atau kehijauan metalik. Bentuk kepala ikan cupang balicca bulat panjang dan warna sirip analnya kuning transparan.

Selain itu punggung, perut dan sirip ekor memiliki warna yang sama yaitu kuning transparan. Ikaln ini dapat tumbuh sampau ukuran 9 cm di alam bebas.

Kisaran Harga : Rp. 150.000

Itulah penjelasan singkat mengenai berbagai jenis ikan cupang. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat. Terimakasih 🙂

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend