Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Penjelasan dan Contohnya, Yuk Disimak!

Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain dilingkungannya. Komunikasi merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia.

Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan orang lain di lingkungannya adalah komunikasi baik secara verbal maupun non verbal, karena pada dasarnya komunikasi digunakan untuk menciptakan atau meningkatkan aktifitas hubungan antara manusia atau kelompok.

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk individu dan juga makhluk sosial, manusia tidak akan merasa sulit untuk mengetahui cara-cara untuk menyampaikan informasi sebagai proses berkomunikasi, karena manusia memang melakukan komunikasi di kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Komunikasi 

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran, gagasan, informasi atau perasaan dari seseorang kepada orang lain. Komunikasi merupakan proses dimana seseorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan atau berusaha mengadakan persamaan dengan orang lain.

Komunikasi dapat berlangsung jika ada komponen atau unsur yaitu: sumber (komunikator), pesan dan sasaran (komunikan). Komunikasi sangatlah penting bagi manusia tidak terkecuali, manusia yang berperanan sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan komunikasi untuk berinteraksi kepada orang lain.

Komunikasi akan efektif jika maksud dari sipemberi informasi tersampai dengan benar kepada si penerima informasi. Ada beberapa jenis komunikasi berdasarkan beberapa hal, berikut merupakan jenis-jenis komunikasi.

1. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Cara Penyampaiannya

Jenis Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampainnya

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan cara penyampaiannya beserta penjelasannya meliputi komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

a. Komunikasi Verbal

Pengertian komunikasi verbal adalah bentuk proses komunikasi dimana pesan yang disampaikan menggunakan kata-kata. Komunikasi verbal dapat berupa pesan melalui lisan atau pun tulisan, bisa berupa dua orang yang saling berbicara atau orang yang sedang membaca koran.

b. Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non verbal merupakan kebalikan dari komunikasi verbal. Komunikasi non verbal adalah sebuah proses komunikasi yang pesannya disampaikan tidak menggunakan kata-kata, tetapi menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerak isyarat, dan kontak mata. Begitu juga dengan intonasi, kualitas suara dan gaya bicara dan emosi.

2. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Kelangsungannya

Jenis-Jenis Komunikasi Berdasarkan Kelangsungannya

Dalam proses komunikasi yang dilaksanakan oleh dua orang atau lebih, bisa diketahui interaksi antara dua orang atau lebih adalah sebagai berikut:

a. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung adalah komunikasi yang dilakukan tanpa ada bantuan, campur tangan, perantara pihak lain ataupun media komunikasi dan tidak dibatasi jarak.

b. Komunikasi Tidak Langsung

Yang dimaksud komunikasi tidak langsung adalah jenis komunikasi yang dilakukan melalui media atau perantara, baik itu bantuan bantuan alat-alat komunikasi ataupun pihak ketiga.

3. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Perilakunya

Jenis Komunikasi Berdasarkan Perilaku

a. Komunikasi Formal

Komunikasi Formal biasanya berlangsung di dalam sebuah organisasi, komunikasi formal biasanya sudah memiliki aturan dan tata cara sendiri menurut aturan dari organisasi ataupun perusahaan itu sendiri.

b. Komunikasi Informal

Komunikasi Informal merupakan bentuk komunikasi yang bukan ditentukan oleh struktur organisasi dan mendapat pengakuan resmi serta tidak berpengaruh kepada relevansi organisasi yang bersangkutan.

c. Komunikasi Nonformal

Komunikasi Nonformal adalah jenis komunikasi yang berlangsung antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, komunikasi nonformal  bertujuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan organisasi.

4. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Aliran Informasi

Jenis Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan aliran informasi beserta penjelasannya meliputi komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah.

a. Komunikasi Satu Arah

Pengertian komunikasi satu arah adalah jenis komunikasi yang menitikberatkan pada penyampaian pesan, tanpa mengharapkan umpan balik, misalnya adalah bentuk instruksi dan perintah.

b. Komunikasi Dua Arah

Komunikasi dua arah adalah komunikasi yang bersifat timbal balik, komunikasi dua arah memberi kesempatan untuk merespons komunikatornya.

5. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Ruang Lingkupnya

Jenis Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya beserta penjelasannya meliputi komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

a. Komunikasi Internal

Komunikasi Internal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dalam ruang lingkup lingkaran organisasi atau perusahaan yang berlangsung di antara anggota-anggotanya saja.

b. Komunikasi Eksternal

Komunikasi Eksternal adalah komunikasi yang terjadi antara organisasi dan pihak masyarakat di luar organisasi atau perusahaan tersebut.

Komunikasi eksternal bertujuan untuk mendapatkan pengertian, bantuan, kepercayaan, dan bekerja sama dengan masyarakat sehingga golongan yang berkepentingan bisa berkontribusi kepada perusahaan sekaligus daerahnya.

6. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jumlah Pelaku yang Terlibat

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jumlah Pelaku yang Terlibat

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan jumlah pelaku yang terlibat beserta penjelasannya meliputi komunikasi perseorangan dan komunikasi kelompok.

a. Komunikasi Perseorangan

Pengertian komunikasi perseorangan adalah jenis komunikasi yang berlansung secara perseorangan antara individu dengan individu tentang masalahan yang bersifat pribadi.

b. Komunikasi kelompok

Komunikasi yang terjadi dalam suatu kelompok tentang masalah-masalah yang menyangkut keperluan banyak orang di dalam kelompok.

7. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jenis Pesan yang Disampaikan

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jenis Pesan yang Disampaikan

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan jenis pesan yang disampaikan beserta penjelasannya meliputi komunikasi lisan dan komunikasi tertulis.

a. Komunikasi Lisan

Pengertian komunikasi lisan adalah jenis komunikasi yang terjadi secara langsung serta tidak dibatasi oleh jarak. Artinya bentuk komunikasi lisan ini dilakukan antara kedua belah pihak secara bertatap muka dengan pengucapan kata-kata secara langsung.

b. Komunikasi Tertulis

Komunikasi tertulis adalah salah satu bentuk komunikasi yang berupa tulisan, komunikasi ini biasanya berupa:

  • Dibuat dalam bentuk surat dan digunakan untuk menyampaikan suatu berita yang singkat, jelas, dan perlu ditulis untuk maksud tertentu.
  • Naskah, naskah biasanya digunakan untuk mengirim berita yang sifatnya komplek. Blangko- blangko, digunakan untuk mengirimkan suatu berita dalam bentuk daftar.
  • Gambar dan foto, komunikasi bentuk ini biasanya karena hal yang ingin disampaikan tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata ataupun kalimat.
  • Spanduk, spanduk biasanya digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi massa yang sasaranya adalah orang banyak.

8. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Maksudnya

Jenis jenis komunikasi menurut maksudnya

Menurut maksud dilakukanya komunikasi ada beberapa komunikasi yang jika diperhatikan dilakukan dengan maksud tertentu dari yang menyampaikan informasi, inisiatif komunikator menjadi suatu penentu diantaranya adalah:

  • Pidato
  • Ceramah
  • Wawancara
  • Memberi tugas atau perintah

9. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jalan Informasi

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jalan Informasi

Berikut ini merupakan macam-macam komunikasi berdasarkan jalan informasinya beserta penjelasannya meliputi komunikasi ke atas, komunikasi ke samping dan komunikasi ke bawah.

a. Komunikasi ke Atas

Yang dimaksud komunikasi ke atas adalah bentuk komunikasi yang terjalin dari bawahan terhadap atasan dalam sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi tertentu.

b. Komunikasi ke Bawah

Yaitu merupakan komunikasi yang terjalin dari atasan terhadap bawahan.

c. Komunikasi ke Samping

Yang dimaksud komunikasi ke samping adalah bentuk komunikasi yang terjadi di antara dua orang atau lebih yang memiliki jabatan sejajar dalam sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi tertentu.

10. Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jaringan Kerja

Jenis-Jenis Komunikasi Menurut Jaringan Kerja

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, komunikasi bisa terlaksana berdasarkan sistem yang ditetapkan dalam jaringan kerja yang dinaungi. Komunikasi menurut jaringan kerja dibedakan menjadi:

a. Komunikasi Jaringan Kerja Rantai

Komunikasi terjadi berdasarkan saluran hirarki organisasi dan jaringan perintah sehingga mengikuti pola komunikasi formal.

b. Komunikasi Jaringan Kerja Lingkaran

Komunikasi terjadi karna saluran komunikasi yang tersusun seperti lingkaran.

c. Komunikasi Jaringan Bintang

Komunikasi yang terjadi karna satu sentral dan saluran yang dilalui lebih pendek.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai jenis-jenis komunikasi beserta penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Send this to a friend