20 Jenis Kucing Populer Beserta Harganya, Lucu-Lucu Loh!

Kucing? Siapa sih yang tidak tahu hewan imut ini? Tentu saja semua orang tahu atau bahkan memelihara kucing.

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan paling lucu, dan paling banyak dipelihara orang-orang karna kucing memiliki paras dan tingkah laku yang lucu dan menghibur.

Tahukah kamu bahwa ada banyak jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia? Oleh karena itu, artikel ini akan membahas jenis-jenis kucing dan siapa tahu kamu berminat memelihara salah satu dari jenis kucing tersebut.

Jenis-Jenis Kucing Populer

Semua jenis kucing bisa menjadi individu yang ramah, penyayang, dan bersahabat, dan semua jenis kucing memang memiliki sifat yang berbeda. Banyak jenis kucing dengan harga murah hingga mahal, mahalnya kucing tergantung pada kualitas dan jenis kucing.

Kualitas pada kucing biasanya dinilai dari segi kesehatan, ras, umur, bisa juga sebagai pertimbangan ada tidaknya sertifikat (pedigre), dan riwayat vaksinasi. Faktor lain karena kepopuleran dan kelangkaan kucing

Nah berikut ini adalah jenis-jenis kucing paling populer:

1. Kucing Savannah

Jenis-Jenis Kucing Savannah

Kucing Savannah adalah kucing yang sangat mahal dan ukuran yang besar untuk ukuran kucing pada umumnya. Karena kucing savannah memiliki bulu yang membentuk motif seperti leopard, banyak yang mengatakan bahwa kucing savannah merupakan hasil perkawinan antara leopard dan kucing siamese.

Namun Savannah tidak ganas sseperti leopard. Kucing savannah sangat cocok sebagai hewan peliharaan karena ia adalah hewan yang penurut dan suka bermain.

Harga Kucing Savannah: Rp. 20.000.000 s/d Rp. 30.000.000

2. Kucing Bengal

Jenis Kucing Bengal

Kucing Bengal merupakan keturunan ketiga dari hasil persilangan kucing ras american shorthair dengan kucing kucing ras asian leopard. Kucing Bengal berasal dari California, Amerika Serikat.

Walaupun kucing bengal identik dengan kucing hutan, namun kucing ini menjadi hewan yang banyak di gemari dan djadikan hewan peliharaan karena kucing ini memiliki sifat yang ramah dan jinak.

Kucing bengal termasuk salah satu kucing cerdas di dunia. Kucing bengal memiliki perilaku yang aktif dan sangat menyukai air.

Harga Kucing Bengal: Rp. 2.500.000 s/d Rp. 40.000.000

3. Kucing Siam

Jenis Kucing Siam

Kucing Siam ditandai dengan tanda – tanda atau area warna yang berbeda dari warna tubuh pada wajah, telinga, kaki dan ekor. Namun, mungkin ada beberapa kucing siam yang tidak memiliki tanda – tanda ini dan banyak kucing siam yang memiliki ujung ekor dengan simpul.

Beberapa kucing siam memiliki kepala menonjol dan beberapa kucing siam memiliki kepala lebih besar dan tubuh ramping.

Harga Kucing Siam: Rp. 250.000 s/d Rp. 1.300.000

4. Kucing Kampung

Jenis-Jenis Kucing

Kucing Kampung atau kucing asli ras Indonesia sangat mudah untuk kita temukan. Kucing kampung identik dengan kucing liar, karena kucing ini bisa kita temui dimana saja.

Kucing kampung bisa survive dikehidupan yang keras, kucing kampung memiliki bentuk fisik yang terlihat biasa namun tidak mengurangi penampilan imutnya.

Untuk jenis makanan kucing ini sangat mudah, sehingga banyak pecinta kucing yang menjadikan kucing kampung menjadi hewan peliharaan rumah.

Harga Kucing Kampung: Rp. 100.000 s/d Rp. 300.000

5. Kucing American Bobtail

Jenis Kucing American Bobtail

Kucing American Bobtail adalah salah satu jenis kucing yang berkembang melalui seleksi alam. Meskipun kucing-kucing hutan bobtail sudah ada di Amerika sejak dulu, namun program pengembangbiakan jenis kucing ini baru dimulai sekitar akhir 60-an.

Harga Kucing American Bobtail: Rp. 2.000.000 s/d 3.000.000

6. Kucing Persia

Jenis Kucing Persia

Kucing Persia adalah salah satu kucing yang sangat populer di Indonesia, karena bentuknya yang cantik dengan bulu yang lebat. Meskipun namanya Persia, namun sebenarnya kucing ini lebih banyak dikembangbiakkan di Inggris dan Amerika.

Kucing Persia memiliki bentuk wajah membulat dengan hidung yang pesek. Kucing Persia sangat baik sebagai kucing peliharaan karena mereka penurut dan mudah mencari pakan.

Harga Kucing Persia: Rp. 15.000.000 s/d Rp. 16.000.000

7. Kucing Persia Himalaya

Jenis Kucing Himalaya

Kucing Persia Himalaya adalah salah satu jenis kucing yang juga banyak diminati sebagai kucing peliharaan. Kucing persia himalaya memiliki hidung pesek dengan bulu tebal seperti kucing persia, dengan mata biru yang indah.

Banyak yang percaya bahwa mata biru kucing Persia didapatkan dari perkawinan dengan kucing siamnese.

Harga Kucing Persia Himalaya: Rp. 3.000.000 s/d 10.000.000

8. Kucing Russian Blue

Jenis Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue berasal dari sebuah pelabuhan Arkhangelsk yang ada di Russia. Russian blue adalah jenis kucing dengan ciri-ciri berambut pendek dengan warna bulu abu-abu kebiruan, dan memiliki mata hijau. Kucing Russian Blue termasuk salah satu kucing cerdas di dunia.

Kucing russian blue mempunyai sifat yang sangat erat dengan pemiliknya. Kucing ini sifat yang pemalu dengan orang asing yang tidak di kenalnya.

Harga Kucing Russian Blue: Rp. 550.000 s/d Rp. 10.750.000

9. Kucing Maine Coon

Jenis Kucing Maine Coon

Kucing ini sangat populer dan berukuran besar dan memiliki bulu yang tebal. Kucing ini berwarna cokelat, tetapi dapat ditemukan dalam warna lain.

Kucing Maine Coon memiliki jari ekstra di kaki yang meningkatkan ukuran kakinya. Kaki mereka beradaptasi untuk membantu menangkap makanan mereka ketika salju turun.

Harga Kucing Maine Coon: Rp. 800.000 s/d Rp. 1.600.000

10. Kucing Exotic

Jenis Kucing Exotic

Mungkin kucing jenis ini terdengar tidak begitu familiar. Kucing ini sebenarnya versi kucing persia yang memiliki bulu pendek. Kucing exotic merupakan hasil persilangan dari kucing persia dengan kucing amerika shorthair, kucing ini memiliki sifat yang tenang dan kalem.

Harga Kucing Exotic: Rp. 2.000.000 s/d Rp. 15.000.000

11. Kucing American Wirehair

Jenis Kucing American Wirehair

Kucing American Wirehair adalah kucing yang sangat dekat dan patuh kepada manusia. Sama seperti anjing, kucing ini akan mengikuti pemiliknya. Kucing ini memiliki sifat mudah beradaptasi dan pendiam

Harga Kucing American Wirehair: Rp. 2.000.000 s/d Rp. 10.000.000

12. Kucing Turkish Anggora

Jenis-Jenis Kucing Turkish Anggora

Anggora merupakan kelompok kucing alami yang tertua di dunia. Kucing ini sangat sering di kaitkan dengan mitos dari legenda di wilayah asal Turki. Walaupun demikian, kucing anggora tidak berasal dari Turki.

Anggora menjadi jenis kucing yang sangat populer dan terkenal di Indonesia, kucing anggora turkish memiliki badan sedang dengan bulu yang panjang dan cantik.

Ciri-ciri pada kucing anggora berbeda dengan kucing persia, kucing anggora turkish mempunyai bentuk kepala segitiga dan mempunyai bentuk hidung yang mancung, dan bulu yang agak panjang di lehernya mirip seperti singa.

Harga Kucing Turkish Anggora: Rp. 300.000 s/d Rp. 2.500.000

13. Kucing American Shorthair

Jenis Kucing American Shorthair

Kucing American Shorthair merupakan keturunan dari British Shorthair dan European Shorthair. Ia memiliki badan yang sedang dengan ukuran bulu yang pendek dan tebal. American shorthair adalah kucing yang kuat dan memiliki tubuh yang sehat.

Kucing American Shorthair sangat menyukai daging-dagingan seperti ikan atau ayam.

Harga Kucing American Shorthair: Rp. 1.300.000 s/d Rp. 2.000.000

14. Kucing Norwegian Forest

KUCING NORWEGIAN FOREST

menurut sejarah Ras Kucing Norwegian Forest berasal dari sebuah daerah yang bernama Norway, nenek moyang kucing ini di percaya berasal dari hutan-hutan di Norwegia dan Skandinavia.

Kucing ini mempunyai keunikan di bulunya. Bulu mereka akan panjang dan tebal ketikan musim dingin dan akan menipis atau rontok di musim semi.

Kucing ini juga mempunyai keunikan lain, yaitu memiliki bulu yang pendek berwarna gelap, dan bulu yang panjang berwarna terang.

Harga Kucing Norwegian Forest: Rp. 7.000.000 s/d Rp. 11.000.000

15. Kucing Ragdoll

Jenis Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll adalah kucing yang penuh kasih, santai, seperti anjing yang cenderung mengejar pemiliknya di sekitar rumah. Kucing ini menyerupai kucing siam dengan bulu panjang dan mata biru.

Harga Kucing Ragdoll: Rp. 2.500.000 s/d Rp. 4.500.000

16. Kucing Birman

Jenis Kucing Birman

Kucing Ras Birman dimulai pada sekitar tahun 1925. Kucing birman mengalami kemunduran akibat resesi dan perang dunia ke dua. Hanya sepasang kucing yang selamat dari masa-masa sulit tersebut.

Ras Birman mulai diakui di Inggris pada tahun 1966. Baru pada tahun berikutnya Amerika mengakui ras ini, ketika CFA (Cat Franciers Association) mengakui standarisasi ras tersebut.

Harga Kucing Birman: Rp. 2.000.000 s/d Rp. 12.000.000

17. Kucing Sphynx

Jenis Kucing Sphynx

Kucing Sphynx adalah jenis kucing aktif dan ramah. Kucing ini sangat unik karena tidak ada bulu yang menutupi kulitnya.

Harga Kucing Sphynx: Rp. 1.800.000 s/d Rp. 25.000.000

18. Kucing Chausie

Jenis Kucing Chausie

Kucing Chasie adalah kucing yang berasal dari Inggris dan sudah sangat jarang ditemui atau langka. Karena itulah, meskipun kucing chasie ditemukan namun harganya sangat mahal.

Kucing chasie adalah kucing yang sangat cantik dan hampir mirip dengan kucing hutan, dimana kucing chasie adalah keturunan dari kucing hutan. Namun meskipun memiliki keturunan kucing hutan dan memiliki badan yang sangat besar, kucing Chasie sangat diminati sebagai kucing peliharaan karena cantik dan manis.

Harga Kucing Chausie: Rp. 114.000.000 s/d 143.000.000

19. Kucing American Curl

Jenis Kucing American Curl

American Curl merupakan salah satu jenis kucing yang terbentuk dari mutasi genetik alami yang berasal dari Lakewood, California Amerika Serikat . American curl mempunyai ciri khas di bagian telinga yang berbentuk seperti tanduk dan melengkung.

Pada tahun 2012, jenis kucing ini hanya di pelihara dibeberapa negara saja, yaitu Spanyol, Jepang, Amerika Serikat, Perancis, dan Rusia. Kucing jenis ini memiliki sifat yang tidak terlalu agresif dan mudah beradaptasi.

Harga Kucing American Curl: Rp. 10.650.400 s/d Rp. 15.956.400

20. Kucing Abyssinian

Jenis Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian dicirikan dengan bulu yang unik. Di mana satu bulu berwarna terang dan gelap. Kucing ini kebanyakan memiliki bulu berwarna merah dan oranye.

Warna yang paling umum yang menyerupai jenis kucing Ethiopia, tetapi ada juga jenis kucing ini yang berwarna kayu manis atau warna biru atau warna kekuningan terang.

Harga Kucing Abyssinian: Rp. 11,961,000.

Leave a Reply

Send this to a friend