Sudah Tahu Jenis-jenis Lovebird dan Harga Terbarunya? Cek Disini!

Burung Lovebird adalah salah satu jenis burung dengan banyak penggemar maupun yang memeliharanya. Selain warnanya unik, ukurannya yang kecil, burung ini juga imut dengan tingkah lakunya apalagi kalau sudah dilatih pasti mempunyai harga yang tinggi.

Jenis burung ini disebut dengan Lovebird karena jika 2 burung ini bertemu maka paruhnya akan membentuk hati atau love sehingga sampai sekarang terkenal dengan sebutan itu. Burung ini juga terkenal dengan kicauannya.

Jenis burung ini banyak diburu karena kelebihan-kelebihannya tersebut dan dalam rubrik ini akan dibahas secara penting jenis-jenis burung Lovebird yang harus diketahui oleh masyarakat luas. Berikut adalah jenis-jenis Lovebird yang bisa anda temui di pasar burung atau di wilayah Indonesia, antara lain:

Jenis-jenis Lovebird dan Harganya

1. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider

Jenis burung ini merupakan mutasi antara lovebird paruh merah dan paruh putih. Burung ini mempunyai gradiasi dua warna sehingga bisa dikatakan mempunyai separuh sisi yang berbeda (halfsider) dan saling dominan satu sama lain. Warna dari jenis burung ini yang paling sering ditemui adalah pastel kuning, biru, dan hijau serta pastel biru.

2. Lovebird Biola

Lovebird Biola

Lovebird Biola

Jenis burung ini termasuk dalam ras sable atau ficheri dengan memiliki bulu warna hijau dan berbeda dengan jenis burung bluebird standar lainnya. Bulu hijau dari burung ini juga bercampur dengan hijau muda dan kuning cerah. Burung ini memiliki tudung kepala warna merah cerah atau pekat dan ada juga yang berwarna biru dengan kepala putih. Ekor dan punggung burung ini berwarna hitam.

3. Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan

Jenis burung ini dominan warna sayap dan tubuh adalah hijau dan leher warna kuning hingga oranye dan ada yang warna biru dengan leher warna putih. Kepala burung ini mempunyai tudung hitam dengan mata yang memiliki lingkaran putih. Burung ini terkenal sensitif tetapi ramah dan suka berkelompok.

4. Lovebird Dakori

Lovebird Dakori

Jenis burung ini memiliki dasar warna hijau dengan dada warna kuning dengan bagian kepala terdapat tudung warna hitam dengan mata bulat hitam berkacamata putih. Paruh burung ini warnanya merah dan jangan salah jika burung ini harganya mahal dan paling banyak memiliki penggemar maupun komunitas.

5. Lovebird Violet

Lovebird Violet

Lovebird Violet

Jenis burung ini bagian kepala, punggung, dan sayap dominan berwarna hitam sedangkan dada berwarna putih dan abu-abu. Paruh burung ini berwarna putih sehingga dari tampilannya yang seperti batman, maka burung ini juga disebut atau dikenal sebagai “Lovebird Batman”.

6. Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi

Jenis burung ini memiliki warna biru seperti buah mangsi dan warna paruh burung adalah putih. Sehingga tidak heran jika burung ini disebut dengan Lovebird Biru Mangsi.

7. Lovebird Albino

Lovebird albino

Lovebird albino

Jenis burung ini dominan berwarna putih pada bulunya dan mulai dari ujung ekor, paruh, sampai kepala berwarna putih sehingga burung ini disebut sebagai “Lovebird Albino”.

8. Lovebird Lutino

Lovebird lutino

Lovebird lutino

Jenis burung ini memiliki tiga warna antara lain: warna oranye, kuning, dan putih. Harga dari burung ini terbilang cukup fantastis dibandrol usia 5 bulan sudah mulai dipatok Rp.700.000,-.

9. Lovebird Olive

Lovebird olive

Lovebird olive

Jenis burung ini banyak digemari oleh pecinta burung karena gampang dicari di Indonesia dan harganya terjangkau antara 300 hingga 1 juta rupiah.

10. Lovebird Merah

Lovebird merah

Lovebird merah

Jenis burung ini merupakan hasil persilangan antara 2 burung lovebird dengan warna bulu yang mencolok menjadi ciri khas dari jenis burung ini. Dari sekian jenis burung lovebird, hanya jenis burung ini yang mempunyai 1 warna dalam tubuhnya makanya mencolok dan harganya juga relatif murah apalagi gampang ditemui di toko burung untuk dipelihara.

11. Lovebird Pipi Hitam

Lovebird pipi hitam

Lovebird pipi hitam

Jenis burung ini memiliki wajah berwarna hitam, kacamata berwarna putih, leher berwarna coklat, punggung berwarna hijau, dada atas berwarna oranye dan paruh berwarna merah muda. Ukuran burung masuk ke dalam ras nyasa dengan panjang sekitar 14 cm. Kebanyakan jenis burung ini ditemui di Zambia Barat Daya.

12. Lovebird Topeng

Lovebird topeng

Lovebird topeng

Jenis burung ini memiliki pupil berwarna coklat dengan varian tubuh beragam warnanya dikarenakan memiliki mutasi genetik. Banyak dari burung ini memiliki warna kastanyet kehitaman dengan paruh warna merah terang, leher dan dada berwarna kuning atau oranye. Ukuran tubuh burung ini juga relatif kecil sekitar 14,5-15 cm. Burung ini kebanyakan lebih ditemui di kandang.

13. Lovebird Madagaskar

Lovebird madagaskar

Lovebird madagaskar

Jenis burung ini merupakan burung terkecil dibandingkan jenis-jenis burung lovebird lainnya dengan panjang sekitar 13 cm dan berat antara 30-36 gram sehingga burung ini tampak imut dari burung lovebird lainnya. Warna dari burung ini adalah abu-abu pucat dan ketika usia dewasa, burung ini bulunya berubah menjadi hijau gelap, bagian kepala dan dada berwarna abu-abu pucat.

14. Lovebird Nyasa

Lovebird nyasa

Lovebird nyasa

Jenis burung ini sering disebut sebagai “Lilian Lovebird” dan banyak ditemukan di Zambia, Malawi, Zimbabwe, Mozambik, dan Tanzania. Burung ini termasuk ke dalam hewan endemik (langka) dengan tinggi tubuh sekitar 13 cm dan termasuk ke dalam ras fishcer. Ciri fisik dari burung ini adalah memiliki bulu, pantat, dan dada berwarna hijau. Untuk bagian mata terdapat warna putih dengan paruh warna merah.

15. Lovebird Hijau Standar (Josan)

lovebird hijau standar

lovebird hijau standar

Jenis burung ini merupakan asal muasal banyaknya jenis burung lovebird yang anda kenal di masyarakat luas. Selian itu, burung ini memiliki suara ngekek yang berkualitas dengan ciri fisik pastinya berwarna hijau standar, kepala dan leher kemerah-merahan, bulu punggung dan sayap warna hijau cerah, dada dan perut warna kuning, Harga burung ini berkisar antara 250-500 ribu rupiah.

16. Lovebird Pastel Hijau (Pastel Ijo)

lovebird pastel hijau

lovebird pastel hijau

Jenis burung ini sudah dipastikan memiliki paduan warna yang identik antara hijau agak kekuningan dengan struktur kalem dan lembut. Sudah dipastikan fisik tubuh berwarna pastel hijau, kepala warna oranye kemerahan, sayap dan badan warna hijau kekuningan. Harga burung ini berkisar antara 300-600 ribu rupiah.

17. Lovebird Pastel Biru (Pasbir)

lovebird pastel biru

lovebird pastel biru

Jenis burung ini merupakan paduan antara warna biru muda dengan suara ngekek yang cukup panjang. Ciri fisik sudah dipastikan berwarna pastel biru, kepala warna abu-abu, dan bulu tubuh berwarna biru muda. Harga burung ini berkisar antara 300-600 ribu rupiah.

18. Lovebird Fischer

lovebird fisher

lovebird fisher

Jenis burung ini memiliki sayap atas berwarna hijau, paruh berwarna merah terang, leher berwarna kuning keemasan sampai oranye gelap, dan ekor berwarna ungu kegelap-gelapan. Bulu dasar bagian dada, sayap, dan punggung dari burung ini berwarna hijau.

19. Lovebird Muka Salem

lovebird muka salem

lovebird muka salem

Jenis burung ini sebagian besar bulunya berwarna hijau dengan pantat dan punggung berwarna biru. Wajah dan paruh gading burung berwarna merah muda dengan ras asli yang dapat ditemui di gurun Namib, sekitar Barat Daya Afrika. Burung ini memiliki ukuran sekitar 17-18 cm dan rata-rata panjang sayap sekitar 106 mm dan ekor 44-52 mm.

20. Lovebird Euwing

lovebird euwing

lovebird euwing

Jenis burung ini pertama kali ditemukan oleh peternak Belanda bernama Piet Verhijde dan burung ini merupakan hasil persilangan antara burung Lovebird Lutino dengan Lovebird Hijau Standar. Pemberian nama burung didasarkan pada kata “Eumelamin” dan “Wingi” dengan arti memiliki corak sendiri pada sayap. Sayap dan ekor pada burung ini berwarna hitam dan kuning.

21. Lovebird Misty

lovebird misty

lovebird misty

Jenis burung ini mengalami mutasi pada gen tubuhnya khusus bagian pigmen sehingga warna dari burung ini seperti kabut. Warna burung ini terlihat lusuh dengan memancarkan efek kemerahan jika terkena sinar matahari. Burung ini memiliki warna dasar kuning mengkilap dan kepala serta ekor berwarna hitam.

Nah, itulah jenis-jenis Lovebird yang perlu anda ketahui walaupun dalam rubrik ini tidak semua jenis burung ini dijelaskan. Yang pastinya semoga penjelasan ini menambah wawasan pembaca akan jenis dari Lovebird itu sendiri dan bagi para penggemar burung ini bisa dijadikan referensi atau rujukan dalam membeli burung Lovebird.

Leave a Reply

Send this to a friend