10 Jenis Virus Komputer dari yang Biasa Sampai yang Paling Berbahaya

Secara umum virus komputer merupakan sebuah program aplikasi komputer yang dirancang khusus oleh pengembangnya untuk menjadi program parasit yang bersifat merusak atau merugikan komputer inangnya.

Seperti sifat virus biologis lainya, virus komputer juga memiliki kemampuan untuk membelah diri atau dalam bahasa teknis disebut dengan menyalin dirinya sendiri kemudian menyebar ke perangkat yang bisa dimungkinkan untuk menempel seperti harddisk, flashdisk dan perangkat penyimpanan lainya. Bahkan virus komputer mampu untuk menyebar dirinya sendiri lewat jaringan internet yang menghubungkan banyak komputer, sepertiĀ 10 jenis virus komputer yang akan di jelaskan pada artikel ini.

Jenis Virus Komputer

Jenis Virus Komputer

Namun yang perlu anda ketahui adalah, bahwa tidak semua tempat dalam hal ini sistem operasi dapat dijadikan lahan berkembang biak dari virus komputer, karena penciptaan virus komputer sangat bergantung pada ekstensi yang digunakan. Sebagian besar virus komputer diciptakan untuk hidup dan menyerang pada sistem operasi windows dengan menggunakan ekstensi .exe sehingga virus seperti ini tidak akan bekerja jika menempel pada perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi machintos ataupun linux.

Saat ini banyak sekali jenis virus komputer, dari yang hanya memberikan efek ringan sampai yang mengakitbatkan kerusakan berat pada komputer yang diserang atau terinfeksi. Virus komputer juga menyebar lewat berbagai macam media, seperti pertukaran flashdisk, dan menyebar lewat internet dengan melakukan download data yang tidak terdeteksi virus.

Kadangkala pembuat virus juga menyebar program virusnya lewat layanan pesan email untuk menjangkau korban yang tertarget. Untuk mengenal lebih jauh tentang virus komputer, berikut di bawah ini adalah 10 jenis virus komputer yang perlu anda ketahui.

Jenis-jenis Virus Komputer

1. Virus Trojan

Trojan adalah salah satu jenis virus komputer yang sangat populer dari dulu sampai sekarang, karena eksistensi dari virus ini sangat berbahaya, walaupun terdiri dari program sederhana, namun cara kerja dari virus trojan sangat ditakuti, seperti halnya seorang mata-mata, virus trojan masuk ke komputer kita tanpa kita ketahui, kemudian mengambil data penting milik kita untuk di kirim ke pembuat virus. Kalau data yang kita miliki tidak terlalu penting sih tidak masalah, namun berbeda ceritanya jika data yang di curi adalah data mengenai identitas perbankan.

Jenis Virus Komputer

Trojan

Virus trojan seperti ini biasanya menyerang instansi perkantoran dan di tujukan untuk korban tertarget, virus trojan sering kali di sebar oleh pembuatnya dengan menggunakan media layanan email, kemudian virus tersebut akan di terima korban dalam bentuk email masuk, lalu korban akan megunduh virus tersebut dalam bentuk dokumen, ketika virus terunduh akan secara otomatis berjalan dan mencuri seluruh data penting milik korbanya. Untuk mengatasi virus jenis trojan biasanya menggunakana anti virus jenis Trojan Remover.

2. Virus Worm

Jenis Virus Komputer - Worm

Worm

Virus worm adalah sebuah program komputer yang tidak menyerang komputer secara khusus, namun efek dari serangan virus komputer yang satu ini adalah membuat kapasitas harddisk komputer menjadi penuh padahal file yang anda miliki tidak banyak.

Hal ini terjadi karena kemampuan dari virus worm yaitu mampu untuk menyalin dirinya sendiri menjadi banyak file dengan sangat cepat sehingga mampu menghabiskan kapasitas harddisk yang ada di komputer, cara terbaik untuk mengatasi virus komputer yang satu ini adalah dengan memasang antivirus seperti AVIRA dan AVG.

3. Virus Memory Resident

Jenis Virus Komputer - Memory Recident

Memory Recident

Dengan namanya yang cukup keren memory recident mampu menginfeksi komputer dengan efek yang cukup berbahaya, karena komputer yang terinfeksi virus akan mengalami proses yang berat sehingga komputer akan melambat ketika digunakan.

Hal ini karena virus memory recident menyerang memory pada komputer, tepatnya RAM yang diserang. Sehingga kapasitas RAM yang tersedia akan habis oleh virus tersebut, hasilnya adalah komputer tidak mampu untuk menjalankan program aplikasi lainya, cara terbaik untuk mengetasi virus ini adalah dengan memasang antivirus avast dan lainya sebagainya.

4. Virus Multipartite

Jenis Virus Komputer - Multipartite

Multipartite

Virus multipartite adalah sebuah program aplikasi virus yang terdiri dari beberapa file, virus ini diciptakan bertujuan untuk menyerang sistem operasi tertentu, dalam hal ini sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah windows, virus ini biasanya bersembunyi di RAM dan harddisk pada komputer. Virus ini mampu melakukan infeksi dengan sangat cepat. Cara terbaik untuk mengatasi virus jenis ini adalah dengan melakukan defrag harddisk secara rutin untuk menghilangkan virus multipartite.

5. Virus FAT

FAT

FAT

Pasti sebagian dari pengguna komputer pernah terinfeksi virus FAT, karena efek yang di akibatkan oleh virus fat adalah file yang terinfeksi akan di sembunyikan alias di hidden, sehingga terkesan file yang ada menghilang atau terhapus, hal ini biasanya terjadi pada flashdisk.

Virus FAT mampu menyebar dengan sangat cepat, apalagi komputer yang terinfeksi tidak di amankan dengan antivirus, bisa-bisa setiap flashdisk yang di masukan ke komputer tersebut akan langsung terinfeksi. Cara terbaik untuk mengatasi virus ini adalah dengan memasang antivirus seperti eset, smadav dan lain sebagainya.

6. Virus Directory

Virus Directory

Directory

Virus directory adalah sebuah program virus yang dirancang khusus oleh pembuatnya untuk merusak file yang berekstensi .exe. pasti anda pernah mengalami file .exe yang dalam hal ini adalah file dari sebuah program aplikasi mengalami kerusakan ketika anda buka, atau bahkan file .exe hilang.

Jika terjadi hal seperti ini anda harus cepat-cepat untuk mengatasinya, karena jika tidak semua file .exe yang anda miliki akan mengalami kerusakan, untuk mengatasi virus jenis seperti ini anda harus melakukan install ulang sistem operasi, karena memasang antivirus saja tidak cukup.

7. Virus Macro

Virus Macro

Macro

Virus macro adalah sebuah program virus yang diciptakan untuk target tertentu, karena virus ini bertampilan seperti file dokumen, sehingga virus macro berekstensi .docs, .xls, .pps dan lain sebagainya. Cara terbaik untuk mengatasi virus seperti ini adalah dengan tidak mendownload file yang terlihat mencurigakan. Dalam hal ini diperlukan pengalaman yang cukup bagi pengguna komputer, karena perlu mengenali mana file yang normal da mana file yang tidak normal. Jadi intinya untuk tidak mendownload file sembarangan.

8. Virus Boot Sector

Virus Boot Sector

Boot Sector

Virus boot sector adalah sebuah program virus komputer yang secara khusus menyerang bagian penting dan terkecil dari sebuah komputer yaitu bagian boot. Ketika virus ini berjalan, virus akan mampu mengakses segala macam file yang ada di komputer sampai tak terbatas, karena virus ini bersemayam di bagian boot. Cara terbaik untuk mengatasi virus seperti ini adalah dengan melakukan setting harddisk dalam mote write protect.

9. Virus Overwrite

Jenis Virus Komputer - Virus Overwrite

Overwrite

Virus overwrite bisa dibilang sebagai virus yang cukup merugikan, karena ketika menginfeksi sebuah file virus overwrite akan menghapus file yang terinfeksi, tetapi tidak mengurangi kapasitas harddisk, sehingga pengguna komputer tidak curiga dan seolah-olah file yang terinfeksi masih ada. Untuk mengatasi penyebaran virus seperti ini, anda harus menghapus file yang terinfeksi.

10. Virus Direct Action

Virus Direct Action

Direct Action

Virus komputer yang satu ini secara khusus menyerang file BAT, virus direct action berjalan ketika komputer pertama kali dinyalakan, virus ini juga mampu menyebar dengan sangat cepat melalui berbagai macam media seperti harddisk dan flashdisk untuk berpindah dari satu komputer ke komputer yang lainya.

Untuk mengatasi virus seperti ini hal yang harus anda lakukan adalah dengan rutin melakukan scanning pada komputer dengan menggunakan antivirus yang tangguh seperti eset dan lain sebagainya.

Itu berbagai penjelasan mengenai virus komputer yang di ikuti dengan 10 jenis virus komputer yang juga dilengkapi dengan penjelasan dan cara mengatasinya. Semoga dengan adanya artikel ini anda menjadi lebih tahu tentang jenis virus komputer dan bagaimana cara mengatasinya.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply