Sudah Tahu Karakteristik Cloud Computing dan Contohnya? Yuk Cari Tahu Disini!

Apakah Anda tahu apa itu cloud computing? Cloud computing merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan antara teknologi yang ada pada komputer dengan internet.

Konsep ini digunakan untuk membuat sebuah kerangka kerja berbasis online dengan memanfaatkan jaringan LAN atau Local Area Network atau juga bisa berbasis global. Dengan menggunakan cloud computing, maka Anda dapat mengakses berbagai macam aplikasi mauipun juga data yang akan digunakan secara berbagi atau yang dinamakan sebagai shared service.

Bukan hanya itu, aplikasi maupun juga data tersebut juga digunakan secara simultaneous access maupun akses yang digunakan secara bersamaan. Teknologi cloud computing dapat digunakan untuk perorangan, kelompok, maupun juga bisa digunakan untuk perusahaan.

Kelebihan Cloud Computing

Karakteristik Cloud Computing

Lalu mengapa orang harus menggunakan cloud computing? Kira-kira apa yang menjadi kelebihannya? Kita tahu bahwa sebuah teknologi yang dikembangkan sudah pasti memiliki tujuan dan kelebihannya masing-masing. Untuk kasus yang lama, dimana server konvensional nantinya dibatasi oleh jumlah dari core prosesor, memory, maupun juga hardisk.

Oleh sebab itu, server yang memiliki spesifikasi tersebut tidak akan mungkin dibebankan dengan kerja yang berat yang nanti hanya membuat komputer tersebut mengalami masalah yang tidak diinginkan. Ketika sumber daya habis, maka terlebih dahulu kita harus menginstall ulang semua aplikasi dan juga data-data untuk kemudian dipindahkan ke server yang memiliki kapasitas lebih besar.

Hal seperti ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 hari ketika hendak menyiapkan sebuah server baru. Maka dengan adanya cloud computing, proses tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama dan tentunya Anda tidak akan membuang-buang waktu hanya untuk menunggu proses pemindahan selesai.

Karakteristik Cloud Computing

Karakteristik Cloud Computing dan Kelebihannya

1. On Demand Self Service

Apa itu On Demand Self Service? On Demand Self Service adalah salah satu karakteristik cloud computing yang memungkinkan para penggunanya dapat mengelola maupun juga memesan layanan yang berasal dari cloud computing tanpa perlu melakukan interaksi secara langsung dengan manusia atau penyedia layanan.

Pengadaan maupun pengadaan layanan maupun juga sumber daya yang berkaitan berlangsung secara otomatis. Contohnya seperti ketika ingin menggambarkan portal web maupun juga manajemen antarmuka.

2. Measured Services

Apa itu Measured Services? Cloud computing yang satu ini dimanfaatkan karena ia terkenal mampu dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Perlu dipahami bahwa sumber daya yang telah disediakan harus dapat digunakan secara optimal oleh penggunanya.

Sumber daya tersebut diantaranya meliputi prosesor, memory, lebar pita, aktivtasi user, dan lain sebagainya.  Sistem cloud tersebut diharapkan dapat memberikan layanan secara optimal sehingga pemrosesan, penyimpanan, bandwidth, dan berbagai akun pengguna aktif yang lainnya.

3. Rapid Elasticity

Sesuai namanya, Rapid Elasticity merupakan karakteristik cloud computing yang bisa digunakan untuk mengubah kapasitas dari suatu data. Inilah yang membuatnya bersifat elastis dimana nanti Anda bisa langsung melakukan pengurangan terhadap kapasitas cloud computing atua bahkan menambahkan kapasitasnya. Kapasitas komputasi nanti sudah disediakan secara elastis dan bisa langsung digunakan.

Dengan begitu, maka seolah-olah kapasitas yang mereka miliki tidak terbatas alias unlimited. Selain itu, kapasitas tersebut juga bisa dibeli kapan saja dengan tidak ada pembatasan terhadap berapa jumlah dari kapasitas yang hendak dibeli tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa memperkirakan terlebih dahulu kira-kira berapa besar kapasitas yang Anda butuhkan. Akan tetapi, ketika ternyata kapasitas tersebut masih kurang, Anda tetap bisa menambahkannya.

4. Resources Pooling

Resources Pooling dapat diartikan sebagai sebuah cloud computing yang memungkinkan para pengguna yang terkoneksi dengannya untuk dapat menggunakan data secara bersamaan.

Cloud computing yang satu ini memiliki sifat dinamis sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu contohnya adalah ketika penyedia layanan memberikan layanannya dengan melalui sumber daya yang kemudian dikelompokkan menjadi lebih satu maupun juga berbagai lokasi data center yang di dalamnya terdiri dari berbagai server multi-tenant.

Dengan adanya multi-tenant ini, maka para pengguna bisa menggunakan atau mengakses data dalam waktu yang bersamaan. Sumber daya yang dapat diakses bisa berbentuk visual maupun juga fisik sehingga kemudian dapat dialokasikan menjadi lebih dinamis yang kemudian akan berimbas pada kebutuhan para kebutuhan penggunanya.

5. Broad Network Access

Broad Network Access adalah karakteristik cloud computing yang menyediakan sebuah layanan dimana ia terkoneksi ke jaringan. Jaringan tersebut dinamakan sebagai jaringan pita lebar dengan tujuan untuk mengakses dengan memanfaatkan internet. Biasanya Broad Network Access akan menggunakan thick client, thin client, atau berbagai media yang lain seperti smartphone.

Manfaat Cloud Computing

Manfaat Cloud Computing

1. Data disimpan di dalam server secara lebih terpusat

Data pengguna yang memanfaatkan cloud computing akan disimpan secara terpusat. Mereka jadi tidak harus menyediakan data center maupun jua media penyimpanan apapun untuk menyimpan file maupun data-datanya tersebut.

2. Keamanan data

Jangan khawatir, data yang Anda simpan dengan menggunakan cloud computing dijamin aman. Sistem cloud computing sendiri juga memiliki jaminan ISO, jaminan teknologi, dan lain sebagainya. Jadi, data yang Anda simpan tidak akan bisa ditembus oleh para peretas maupun terserang virus yang bisa datang kapan saja.

3. Skalbilitas dan fleksibilitas yang tinggi

Dengan menggunakan cloud computing, maka Anda akan memperoleh kemudahan dalam mengakses data. Anda bisa mengakses data Anda kapan pun dan dimana pun Anda berada. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah meningkatkan kapasitas dari penyimpanan Anda ketika dirasa bahwa kapasitas tersebut sudah mulai habis.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai karakteristik cloud computing dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend