10 Karakteristik Wirausaha Menurut Para Ahli Beserta Penjelasannya

Mengembangkan sebuah bisnis sudah menjadi suatu hal yang mudah ditemukan dalam kehidupan saat ini. Dengan mengembangkan bisnis, maka kita bisa memiliki banyak potensi untuk membuka peluang lapangan pekerjaan yang baru untuk orang-orang yang belum mendapatkan pekerjaan.

Sehingga dengan adanya wirausaha, bisnis akan semakin bertambah jenisnya dan bisa ditemukan dimana saja. Dengan menyediakan layanan yang berbeda, setiap bisnis yang dikembangkan bisa menyediakan layanan dan kualitas yang berbeda pula.

Adanya wirausaha yang semakin berkembang bisa meningkatkan pendapatan baik individu, organisasi dan negara karena ada pajak yang harus ditanggung setiap pelaku bisnis.

10 Karakteristik Wirausaha

Karakteristik Wirausaha

Seorang wirausaha memiliki karakteristik pada masing-masing pribadinya. Berikut merupakan beberapa karakteristik wirausaha yang dapat anda ketahui:

1. Sikap jujur

Sikap jujur sangat perlu dimiliki oleh setiap individu terutama wirausaha. Dengan adanya sikap jujur dalam diri seseorang, maka orang tersebut akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya.

Sehingga banyak orang lain yang akan menyukai kejujurannya dalam berusaha. Wirausaha menjadi salah satu contoh profesi yang harus menjunjung tinggi sikap jujur agar konsumen dari bisnis mereka juga merasa puas.

2. Disiplin

Disiplin merupakan salah satu sikap yang bisa meningkatkan motivasi anda dalam menjalankan usaha. Dengan menjadi seorang wirausaha, maka sikap disiplin perlu ditanamkan sejak dini agar menjadi suatu kebiasaan yang tidak mudah dilupakan. Sikap disiplin ini bisa menjadikan usaha atau bisnis yang kita jalankan menjadi teratur dan selalu mengalami peningkatan.

3. Berkomitmen tinggi

Karakteristik Wirausaha Utama

Komitmen merupakan pendirian yang teguh terhadap sesuatu. Dalam hal ini adalah pada bisnis yang dijalankan sebagai seorang wirausaha. Seorang wirausaha sangat diharuskan untuk memiliki komitment yang tinggi terhadap apa yang ingin mereka capai. Sehingga bagaimanapun kondisi yang akan dihadapi, seorang wirausaha tetap berpegang teguh pada komitmen yang dipercayai.

4. Mandiri dan realistis

Mandiri dan realistis merupakan satu kesatuan sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Mengapa? Karena jika kita ingin menjadi seorang wirausaha, maka kita harus memiliki gaya hidup yang mandiri.

Sehingga kita bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung atau diinvestasikan. Realistis dalam hal ini adalah dalam memandang sesuatu. Dimana seorang wirausaha, harus mampu memandang situasi dan kondisi secara realistis agar bisnis yang dijalankan dapat meningkat dan sukses.

5. Berani

Jiwa pemberani harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Karena, mendirikan sebuah bisnis bukan hal mudah dilakukan sembarang orang. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus memiliki sikap berani dalam menggambil keputusan. Hal ini akan sangat berdampak pada bisnis yang sedang atau akan dijalankan.

6. Keterampilan personal

Keterampilan personal

Seorang wirausaha harus memiliki keterampilan personal. Mengapa? Karena seorang wirausaha harus bisa memanfaatkan situasi dan kondisi yang ada. Sehingga dapat memanfaatkan semua peluang yang dimilikinya. Untuk itulah, keterampilan personal ini harus dimiliki oleh seorang wirausaha jika menginginkan bisnisnya berjalan sukses.

7. Kreatif

Sifat kreatif tentu harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Hal ini bertujuan untuk dapat menciptakan usaha atau bisnis yang kreatif dan unik. Sehingga banyak masyarakat yang akan tertarik untuk menggunakan dan membeli produk yang anda buat.

8. Inovatif

Inovatif menjadi salah satu kunci jika anda ingin bisnis anda sukses. Seorang wirausaha harus memiliki sikap inovatif dalam dirinya. Sehingga dapat memunculkan ide-ide baru dengan meningkatkan inovasi-inovasi terkini.

9. Profesional

Sikap professional dalam bekerja menjadi salah satu hal yang penting dimiliki dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjadi seorang wirausaha, tentu sikap professional bisa menjadikan usaha yang anda jalankan berjalan sengan sempurna. Sehingga ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha, maka anda harus professional.

10. Percaya diri

Sikap percaya diri harus ditanamkan pada diri anda karena sangat penting dimiliki seorang wirausaha. Percaya diri dengan apa yang anda lakukan adalah penting karena jika anda tidak percaya diri, maka anda akan kesulitan dalam menjalankan usaha anda.

Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

Faktor kegagalan dan kesuksesan Wirausaha

Dalam menjadi seorang wirausaha, tentu akan ada keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan sebuah bisnis. Berikut merupakan beberapa faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha:

Faktor keberhasilan:

Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan keberhasilan suatu usaha atau bisnis ketika anda menjadi seorang wirausaha:

1. Sumber daya manusia

Ketika memulai suatu usaha atau bisnis, anda harus memperhatikan sumber daya manusia yang akan membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Usahakan anda memilih orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menjalankan bisnis.

2. Keuangan

Dalam sebuah bisnis, salah satu masalahnya adalah keuangan. Dimana agar bisnis anda berjalan dengan lancar dan sukses, anda harus bisa mengelola keuangan yang mengalir dalam bisnis yang anda jalankan.

3. Kemampuan mengelola usaha

Sebagai seorang wirausaha, anda harus memiliki kemampuan mengelola usaha agar usaha anda dapat meningkat dan sesuai dengan yang anda harapkan. Dengan adanya kemampuan mengelola usaha dengan baik dan benar, maka anda akan lebih mudah dalam mengelola usaha anda.

4. Marketing

Dalam menjalankan sebuah bisnis, marketing menjadi salah satu tombak kesuksesan bisnis. Anda harus merencanakan konsep marketing yang sesuai dan tepat untuk bisnis anda agar bisnis anda sukses.

5. Organisasi

Organisasi yang dimaksud adalah kerja sama tim dalam bisnis yang kompak dan saling mendukung juga dapat menyukseskan bisnis yang anda jalankan.

Faktor kegagalan:

Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kegagalan suatu usaha atau bisnis ketika anda menjadi seorang wirausaha:

1. Kurang kompetensi

Kekurangan kompetensi dalam menjalankan sebuah bisnis menjadi permasalahan yang bisa menyebabkan bisnis anda mengalami kegagalan. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan hal ini.

2. Lokasi tidak strategis

Pemilihan lokasi dalam mengembangkan bisnis menjadi salah satu faktor kegagalan jika lokasi yang anda gunakan adalah lokasi yang tidak strategis. Dimana, lokasi yang anda pilih adalah lokasi yang jauh dari akses konsumen anda.

3. Sikap kurang bersungguh-sungguh

Sikap yang kurang bersungguh-sungguh dapat menjadi sebuah titik kegagalan anda dalam menjadi seorang wirausaha. Sikap ini harus anda buang dan anda harus memiliki komitmen yang tinggi agar bisnis anda tidak gagal.

4. Gagal merencanakan

Perencanaan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang paling penting. Karena jika anda salah merencanakan sebuah bisnis yang akan dikembangkan, maka hal ini akan berdampak pada kegagalan bisnis anda.

Nah, dengan adanya penjelasan mengenai karakteristik wirausaha bisa menjadikan sebuah pengetahuan yang baru untuk mendalami bagaimana karakteristik seorang wirausaha yang harus dimiliki.

Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan tentang kemampuan yang harus anda miliki ketika anda menginginkan untuk menjadi seorang wirausaha. Semoga artikel mengenai karakteristik wirausaha diatas bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend