Kelebihan dan Kekurangan cPanel Beserta Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Mungkin tidak sedikit yang masih belum terlalu mengenal cPanel. Padahal cPanel memiliki peran yang central di dalam pengolahan website. Definisi dari cPanel adalah suatu halaman dari aplikasi website yang memiliki tingkat perlindungan yang tinggi yang berguna untuk menghubungkan web hosting maupun web server. Maksudnya, cPanel merupakan sebuah control panel untuk web hosting yang menggunakan Linux yang memang sekarang sudah banyak digunakan.

Dikarenakan halaman ini terproteksi, maka bagi pengguna yang ingin masuk diwajibkan memasukkan username dan juga password. Selain itu, dikarenakan cPanel juga berbasis web maka Anda bisa langsung mengaksesnya di aplikasi browser yang ada pada komputer Anda, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan berbagai aplikasi browser lainnya. Tujuan adanya cPanel ini adalah memudahkan pengguna di dalam melakukan konfigurasi pada web hostingnya.

Namun jika pengguna tidak menggunakan cPanel, maka ia harus melakukan pengaturan web hosting melalui sebuah perintah teks. Biasanya cPanel akan dipasang pada VPS atau Virtual Private Server atau Dedicated Server yang juga sudah menggunakan Linux, FreeBSD, maupun sistem operasi sejenisnya. Beberapa aplikasi yang sudah support cPanel antar lain: Perl, BIND, PHP, Python, Postgres, yang menggunakan email seperti POP3, IMAP, dan berbagai layanan SMPT atau Simple Mail Transfer Protocol.

Manfaat cPanel

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

Setelah tahu mengetahui pengertian cPanel, lalu apa saja manfaat cPanel tersebut? Salah satu manfaat yang paling umum dirasakan adalah mempermudah para pengguna di dalam mengatur web hosting mereka. Namun di bawah ini kami akan memberikan manfaat cPanel yang lain yang juga harus Anda ketahui.

1. Memudahkan manajemen dan pengaturan Email

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa salah satu manfaat dari hadirnya cPanel adalah memudahkan dalam aktivitas web hosting, salah satunya kemudahan ketika mengatur dan memanajemen Email. Anda bisa dengan mudah mengolah, mengedit, mengapus, maupun membuat email untuk forwarder dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Secara umum, email yang disediakan jumlahnya terbatas, yaitu sesuai jasa hosting yang digunakan. Misalnya jasa hosting tersebut menyediakan 20 email pada setiap domain.

2. Kemudahan mengola file website

Manfaat kedua dari cPanel yaitu Anda akan lebih mudah ketika mengola file website. Beberapa kemudahan tersebut diantaranya: menghapus, menyalin, mengedit file-file yang sudah ada di hosting. Manfaat lain yang juga bisa Anda gunakan yaitu cPanel telah memberikan sebuah pengaturan FTP yang akan membuat Anda lebih mudah ketika harus mengakses file-file website yang terdapat di aplikasi FTP Client tanpa perlu masuk ke cPanel.

3. Kemudahan pengaturan keamanan

cPanel memiliki password yang akan melindungi file atau maupun web hosting Anda dari berbagai serangan yang bisa datang kapan saja. Jadi, Anda bisa memanfaatkan sebuah fitur yang bernama Password Protect Directions.

4. Kemudahan dalam pengolahan domain

cPanel akan memudahkan Anda mengatur domain atau subdomain Anda, seperti menambah, mengganti, maupun juga mendetinya.

5. Kemudahan dalam pengolahan database

Manfaat cPanel yang kelima adalah untuk memudahkan Anda di dalam pengolahan database. Salah satu fitur yang disediakan oleh cPanel adalah MySQL dan juga phpMyAdmin. Hal ini memudahkan user untuk melakukan pengelolaan pada databasenya, seperti menambah maupun melakukan modifikasi.

6. Kemampuan melihat statistik dari pengunjung

Dengan menggunakan cPanel, Anda bisa dengan mudah mengetahui statistik siapa saja orang yang mengunjungi website Anda. Nanti telah disediakan sebuah fitur bernama AWStarts yang ada bagian Logs. Bukan hanya statistik pengunjung, fitur ini juga membuat Anda bisa mengetahui statistik dari negara tempat orang yang mengunjungi situs Anda tersebut berasal.

7. Kemudahan pengaturan PHP

Bagi Anda yang ingin agar supaya website bisa berjalan dengan baik dan normal, maka Anda wajib menyesuaikan versi PHP bersera modul-modul yang juga akan Anda gunakan. Di sini Anda akan diberikan keleluasaan menentukan versi PHP mana yang akan Anda gunakan. Bahkan, Anda juga mendapatkan kebebasan untuk menginstall PHP Extension yang berasal dari file sampah.

8. Kemudahan dalam backup dan restore

Manfaat kedelapan yang dimiliki oleh cPanel adalah kemudahan untuk para pengguna yang hendak melakukan restore maupun juga backup. Anda bisa dengan mudah mengembalikan seluruh database Anda tanpa harus kehilangan file penting-penting Anda.

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

 

1. Kelebihan cPanel

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh cPanel, diantaranya:

  • Mudah digunakan
  • Mudah dipelajari
  • Lebih efektif
  • Memiliki banyak software yang otomatis langsung diinstall
  • Sudah banyak diuji coba
  • Memiliki banyak panduan online atau tutorial

2. Kekurangan cPanel

Sementara untuk kekurangannya akan kami sebutkan seperti di bawah ini:

  • Banyaknya fitur yang disediakan oleh cPanel nyatanya malah akan memperlambat performanya.
  • Pengaturan yang sudah kita terapkan tiba-tiba akan berubah otomatis.
  • Biayanya yang cukup mahal dan jarang sekali ada yang gratis menjadikan cPanel jarang digunakan oleh mereka yang masih baru belajar cPanel.
  • Beberapa software yang dimiliki oleh cPanel tidak terupgrade

Cara Kerja cPanel

Pengertian cPanel dan Cara Kerja cPanel

Sederhananya, cara kerja dari cPanel adalah Web Developer -> cPanel -> Web Server -> Website. Maksudnya, developer akan mengembangkan websitenya dengan menggunakan bahasa pemograman, seperti HTML, JS, maupun CSS. Pengembangan tersebut dilakukan secara offline. Jangan lupa untuk mendesain dengan menggunakan aplikasi seperti Adobe Dreamweaver dan lain sebagainya.

Ketika sudah selesai membuat dan mendesain website, maka developer harus membeli domain, berupa nama dan semua paker web hostingnya agar supaya website yang dibuat tersebut bisa dimunculkan secara online. Jika sudah membeli dan mendapatkan akun, maka developer sudah mulai bisa masuk ke cPanel dan melakukan berbagai macam konfigurasi.

Itulah pembahasan mengenai pengertian cPanel beserta manfaat, kelebihan dan kekurangan cPanel. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend