9 Kelebihan dan Kekurangan iOS Yang Perlu Diketahui, Yuk Disimak!

Apakah Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan iOS? iOS merupakan sistem operasi yang dimiliki oleh iPhone. Produk iPhone sendiri merupakan produk kelas atas yang mana di Indonesia sendiri jika ada seseorang yang memiliki hp iPhone, maka dia akan terpandang lebih terhormat dan lebih gaya dibandingkan dengan yang menggunakan hp merk lain.

iOS sendiri pertama kali diresmikan pada 2007 yang pada waktu itu juga langsung menjadi pesaing dari android dan bahkan sampai sekarang.

iOS juga telah mengalami berbagai pembarua versi yang tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan performa dari sistem operasi tersebut akan semakin lama semakin baik dan tidak kalah dengan android. Mulai era Steve Jobs, iOS telah hadir mulai dari versi 1 sampai dengan iOS 12.

Kelebihan dan Kekurangan iOS

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa iOS sampai sekarang masih menjadi pesaing ketata dari Android dan bahkan persaingan tersebut nampaknya akan terus dan mungkin akan selamanya hadir. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan iOS 12 dibandingkan dengan android atau bahkan iOS versi sebelumya? Untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut, maka kami menyarankan Anda simak baik-baik informasi di bawah ini.

Kelebihan iOS

1. Kinerja yang lebih cepat

kelebihan dan kekurangan iOS 12

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh iOS 12 adalah sistem operasi ini memiliki kinerja yang lebih cepat. Bahkan kecepatan tersebut bisa mencapai 70% yang mana karena inilah iOS 12 merupakan versi yang lebih baik jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Sistem operasi yang satu ini akan langsung memproses input yang diberikan oleh pengguna dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, ketika mengambil foto maupun juga membuka aplikasi tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Memiliki backup maupun restore yang lebih baik

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh iOS 12 adalah sistem operasi yang satu ini lebih memudahkan pengguna ketika hendak melakukan restore maupun juga backup. Jadi, pada saat Anda pertama kali membeli iPhone, Anda sudah tidak perlu lagi khawatir terhadap data Anda yang sudah ada pada perangkat sebelumya. Jadi, dengan adanya iCloud maka Anda bisa dengan mudah melakukan restore maupun juga bakcup hanya dalam hitungan menit saja.

Cara ini juga tidak akan membuat Anda ribet karena hanya tinggak sekali klik dan tinggal menunggu sampai proses selesai. Dengan begitu, data maupun informasi penting lainnya tidak akan hilang karena sudah Anda backup maupun juga restore sebelumnya.

3. Dukungan terhadap update terbaru

Dukungan terhadap update terbaru

Apakah Andaa tahu bahwa iOS 12 merupakan sistem operasi yang sudah mendukung terhadap teknologi yang baru? Memang diawal perkenalannya iOS 12 digadang-gadang dapat memberikan sebuah pengalaman yang baru kepada para pengguna dengan dukungan berbagai teknologi terbaru tersebut. Dengan begitu, para pengguna bisa dengan mudah dan nyaman memanfaatkan teknologi tersebut untuk membantu menjalankan kegiatan sehari-hari.

Salah satu teknologi yang disematkan pada iOS 12 tidak jauh berbeda dengan Geotagging Android. Fitur inilah yang banyak ditunggu dan semakin menjadikan iOS 12 dan Android semakin menjadi sistem operasi terbaik yang pernah ada.

4. Telah support e-SIM

Siapa yang mengira bahwa iOS 12 telah mendukung teknologi e-SIM. Namun sayangnya untuk bisa menggunakan teknologi ini maka Anda harus memastikan bahwa operator kartu yang Anda gunakan juga mendukung teknologi tersebut. Namun kemungkinan beberapa tahun yang akan datang fitur ini sudah bisa dinikmati di Indonesia sehingga tidak menjadi sebuah fitur yang sia-sia.

5. Memberikan informasi secara lebih lengkap

Kelebihan dan Kekurangan iOS

Keunggulan lain yang dimiliki oleh iOS 12 adalah ia dapat memberikan informasi secara lebih lengkap yang bahkan melebihi dari Stocks. Informasi tersebut bisa berupa perkembangan saham maupun juga berbagai bisnis lainnya yang dimuat oleh Apple News. Dengan adanya informasi ini maka Anda bisa memperoleh berbagai macam pengetahuan.

6. Memiliki screen time

Apakah Screen Time? Screent time merupakan sebuah fitur yang akan memberikan informasi kepada pengguna mengenai berapa lama pengguna tersebut mengoperasikan smartphonenya. Informasi akan diberikan secara lengkap dimana nanti Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang berapa lama Anda bermain gadget dan juga aplikasi apa saja yang sudah Anda gunakan dalam waktu lama.

Lalu apa tujuan pemberian fitur ini? Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah pengguna kecanduan gadget. Dengan begitu, dampak negatif yang disebabkan oleh kecanduan gadget bisa dihindari.

Kekurangan iOS

1. Boros baterai

Boros baterai

Kekurangan pertama adari iOS 12 adalah sistem operasi ini konon boros baterai. Berdasarkan keterangan para pengguna dimana mereka menjelaskan bahwa iOS 11 masih lebih hemat dibandingkan dengan iOS 12. Mungkin banyaknya fitur yang disediakan berdampak pada konsumsi daya yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda harus bijak dan jangan terlalu menggunakan smartphone ketika memang tidak ada yang perlu dicari atau dihubungi.

Namun Anda masih bisa membawa Power Bank maupun jika Anda berada di tempat dekat colokan, maka Anda mungkin tidak akan mengalami masalah karena Anda hanya perlu mengisi dayanya ketika baterai sudah mulai habis.

2. Tidak memiliki pengaturan jaringan

Kekurangan kedua yang dimiliki oleh iOS 12 adalah tidak adanya pengaturan untuk mode jaringan. Mungkin Anda sudah familiar dengan pengaturan mode jaringan dimana Anda bisa menyesuaikan kebutuhan jaringan di tempat Anda, apakah lebih dominal 3G, 4G, atau dua-duanya. Namun untuk iOS 12, Anda tidak bisa menemukan pengaturan tersebut sehingga mungkin Anda agak kesulitan ketika harus menyesuaikan tipe jaringan di tempat Anda dengan di smartphone.

3. Ada beberapa aplikasi yang tidak support 

Kekurangan yang terakhir adalah masih adanya beberapa aplikasi yang ternyata tidak support dengan iOS 12. Jadi, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut sampai nanti terdapat update atau pembaruan aplikasi.

Demikian penjelasan seputar kelebihan dan kekurangan iOS. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Send this to a friend