• Our Partners:

Kelebihan dan Kekurangan Realme C12

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Realme C12, Wajib Dipertimbangkan!

NESABAMEDIA.COM – Pada bulan Agustus lalu, Realme Indonesia baru saja merilis sebuah smartphone baru. Mungkin tidak akan mengagetkan lagi, karena Realme pada tahun 2020 ini hampir setiap bulan mengeluarkan produk terbarunya.

Kali ini Realme meluncurkan Realme C12 yang mana memiliki kemiripan dengan kelasnya yaitu Realme C11 dan Realme C15.

Realme C12 mempopulerkan baterai sebesar 6000mAh di kelas pemula. Salah satu hal yang membedakan Realme C12 dengan C-series sebelumnya adalah kombinasi tatanan kamera belakang dan kapasitas baterainya. Sehingga membawa Realme C12 dengan slogan 6000mAh Triple Camera, dan tentunya hadir dengan paket lengkap yang tetap ramah di kantong.

Spesifikasi Realme C12

Kelebihan Realme C12

Secara desain produk, Realme C12 terlihat mirip dengan Realme C11 ataupun Realme C15. Namun Realme C12 memiliki sesuatu yang spesial yang tidak dimiliki tipe Realme lainnya yaitu desain box-nya dirancang langsung oleh Realme Fans yang berasal dari Jawa Timur, ia adalah Dwi Wahyu Bachtiar pemenang kompetisi #GambarinBoxRealme yang mempunyai filosofi jiwa muda yang dipenuhi warna dan seni.

Smartphone Realme C12 menghadirkan dalam dua pilihan warna yang sangat menyegarkan mata, yaitu Coral Red dan Marine Blue. Sisi depannya menggunakan layar yang sama seperti dua seri C lainnya. Memiliki dimensi lebar 6,5 inchi dengan proteksi Corning Gorilla Glass dan sudah beresolusi HD+ dengan mini-drop notch untuk meletakkan kamera 5MP.

Chipset yang digunakan Realme C12 ini masih sama, yaitu salah satu yang terbaru dari MediaTek yaitu Helio G35 octa-core (12nm). Realme C12 hanya meluncurkan satu varian saja, yaitu RAM 3GB dengan memori internal 32GB dan tentunya Anda tetap bisa menambahkan memori eksternal. Sensor fingerprint diletakkan pada bagian belakang, dan juga bisa dipadukan dengan face unlock untuk fitur keamanan tambahan.

Realme C12 mempunyai tiga sensor kamera utama. Selain memiliki sensor 13MP f/2.2, terdapat dua sensor tambahan lainnya yaitu 2MP f/2.4 yang masing-masing berupa sensor mono (hitam putih) dan sensor makro (jarak terdekat 4cm). Terdapat juga mode portrait, HDR, panorama dan mode malam Nightscape yang tentunya hadir untuk maksimalkan kemampuan fotografi penggunanya.

Kapasitas baterai Realme C12 cukup besar yaitu 6.000 mAh yang mana diklaim bisa digunakan dalam mode siaga hingga 57 hari, 60 jam penggunaan Spotify dan 28 jam menonton YouTube.

Namun untuk pengisian dayanya belum dilengkapi fast charging serta port yang digunakan masih micro-USB, sehingga saat pengisian daya membutuhkan waktu sampai 3 jam lebih.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tabel spesifikasi Realme C12:

Diumumkan Agustus, 2020
Jaringan 2G, 3G, 4G
Sim Card Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi 164,5 x 75,9 x 9,8 mm
Berat 209 g
Ukuran 6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass
Resolusi 720 x 1560 piksel, rasio 20:9 (~270 ppi)
Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB | eMMC 5.1
Memori Eksternal microSDXC (slot khusus)
Resolusi Kamera Utama 13 MP + 2 MP + 2 MP
Fitur Kamera Utama – 13 MP, f/2.2, PDAF
– 2 MP, f/2.4 (hitam putih)
– 2 MP, f/2.4 (makro)
+ LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan 5 MP, f/2.4
Video 1080p@30fps
Kapasitas Baterai 6000 mAh tidak dapat dilepas
Sistem Operasi Android 10
Sensor Fingerprint (dipasang di belakang), accelerometer, proximity, compass
Warna Marine Blue, Coral Red

Kelebihan dan Kekurangan Realme C12

Realme mengeluarkan trio seri C di segmen pemula, terlihat Realme ingin sekali memberikan banyak alternatif bagi konsumen yang menginginkan smartphone dengan performa yang baik dan daya tahan baterai yang ekstra tentunya.

Tapi realitanya para konsumen kebingungan untuk memilih Realme C series. Nah, supaya Anda tidak bingung berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari Realme C12 yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan Anda.

Kelebihan Realme C12

Realme C12 mempunyai tiga sensor kamera utama

1. Desain Body yang Menarik

Realme C12 menampilkan body belakang yang mirip dengan Realme C Series lainnya, mengadopsi desain Geometric Gradient. Bentuk trapesium yang membagi body belakang menjadi 3 area dengan tekstur bergaris yang berbeda. Gradasi warna juga terlihat dari sudut tertentu. Realme C12 memberikan pilihan 2 warna bagi para konsumen yaitu Marine Blue dan Coral Red.

Desain yang ditampilkan Realme C12 sangat baik sehingga tidak terlihat seperti smartphone dengan harga 2 juta ke bawah. Dan saat digenggam pun tidak akan licin di tangan.

Layar yang dimilikinya sudah beresolusi HD+ dengan ukuran 6,5 inci yang sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass dengan desain mini drop seperti biasanya. Ukuran kamera depannya pun 30 persen lebih kecil dibandingkan desain poni tetesan embun seperti biasanya sehingga rasio layar ke body menjadi lebih tinggi, sampai 88,7%.

2. Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Salah satu fitur unggulan lainnya yang ditonjolkan oleh Realme C12 ini adalah kapasitas baterainya yang cukup besar yaitu 6000mAh. Baterai dengan kapasitas besar masih menjadi kemewahan bagi smartphone 1 jutaan dan Realme merupakan brand pertama yang mempopulerkan baterai 6000mAh di bagian smatphone kelas pemula.

Berdasarkan hasil pengujian, baterai Realme C12 mampu bertahan sampai 18 jam dengan penggunaan intensif seperti memotret, browsing, mengakses sosial media, menonton YouTube, dan chatting-an. Jika Anda seorang gamer, Realme C12 juga cocok bagi Anda.

Tercatat Realme C12 mampu bertahan sampai 10 jam untuk bermain game seperti PUBG Mobile. Jika Anda hanya menggunakannya untuk mengakses media sosial saja, daya tahan baterainya bisa mencapai lebih dari 1 hari.

3. Performa yang Sangat Memadai

Realme C12 hadir dengan chipsetĀ  Mediatek Helio G35, RAM 3GB dan memori internal 32GB. Dengan dukungan layar yang beresolusi HD+, spesifikasi seperti ini saja sudah sangat memadai untuk Anda yang menggunakannya untuk browsing, bermain sosial media, nonton video sampai bermain game.

Realme C12 bisa Anda gunakan untuk bermain game mulai dari setting rendah hingga tinggi. Walaupun ada saatnya respons layar agak lambat, tapi hal itu jarang terjadi dan tidak akan mengganggu game Anda. Suhu ponsel juga terbilang cukup stabil. Tidak ada rasa panas yang mengganggu saat digunakan dalam waktu yang lama. Jadi, aman untuk Anda yang senang bermain game atau menonton video.

4. Super Power Saving Mode

Selain memiliki daya tahan baterai yang cukup panjang, Realme C12 juga memiliki mode Super Power Saving yang bisa meningkatkan ketahanan baterai. Dalam mode ini, Anda bisa memilih 6 aplikasi yang paling sering Anda gunakan agar tetap aktif untuk memperpanjang usia baterai dan tentunya juga bisa lebih hemat.

Kapasitas baterai 5% dapat digunakan untuk mengakses YouTube ataupun WhatsApp selama hampir 2 jam. Dengan sisa baterai 5% pun Anda tetap bisa menerima panggilan sampai 2,5 jam lamanya dengan konsisi koneksi internet tidak aktif. Jadi, jangan khawatir walaupun konsisi baterai sudah darurat Anda tetap bisa menggunakannya.

Selain mode ini, ada juga beberapa fitur yang diterapkan oleh Realme C12 yaitu App Quick Freeze yaitu fitur ini dapat membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan baterai pada aplikasi yang berjalan di latar belakang dan juga ada fitur Screen Battery Optimization yaitu fitur yang akan menurunkan beberapa efek tampilan tanpa ada pemberitahuan supaya meningkatkan kualitas daya tahan baterai.

5. Kamera yang Sangat Oke

Realme C12 ini memiliki triple camera, yang mana kamera utama memiliki sensor sebesar 13MP dengan area yang besar, dengan aperture sebesar f/2.2 sudah cukup mengamankan cahaya dan membuat gambar tampak lebih cerah dan jernih. Apalagi Realme C12 juga memiliki mode Nightscape yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto dengan jelas saat malam hari.

Selain itu Realme C12 ini ini memiliki 4x zoom yang juga dapat memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan jelas. Yang menarik lagi, Realme C12 juga mempunyai lensa makro 2MP dengan pemngambilan gambar yang sangat dekat yaitu 4cm. Dan juga ada lensa mikro buat Anda yang suka bereksplorasi. Dan juga ada lensa B&W sebesar 2MP yang tertanam di kamera utama.

Pada bagian depan, Realme C12 memiliki kamera selfie sebesar 5MP yang mendukung AI beauty, mode HDR, portrait dan juga mode panorama. Dan juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080@30fps dan HD 720@30fps.

6. Harga yang Sangat Terjangkau

Dengan fitur yang cukup banyak dan berbagai aspek yang diberikan, ponsel Realme C12 ini sangat memadai sesuai dengan harganya. Untuk kelas entry level, sesuatu yang disuguhkan Realme C12 ini cukup komprehensif. Dengan harga tidak lebih dari 2 juta, Realme memberikan fitur dan kelebihan yang sangat oke.

Kekurangan Realme C12

Spesifikasi Realme C12

1. Belum Ada Fast Charging

Meskipun Realme C12 memiliki daya tahan baterai yang cukup besar yaitu 6000mAh, tapi Realme C12 belum memfasilitasi dengan pengisian daya cepat atau fast charging yang mana fitur ini sudah banyak dimiliki oleh ponsel-ponsel pintar lainnya.

Sehingga akan dibutuhkan waktu yang agak lama sekitar 3 jam lebih untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh. Hal ini mungkin wajar, mengingat kapasitas baterai yang dimiliki Realme C12 cukup besar di atas rata-rata.

2. Masih Menggunakan Port Micro USB

Realme C12 masih menggunakan port micro USB 2.0, yang mana port pengecasan seperti ini memang sangat sering ditemukan pada ponsel dengan harga 1 jutaan.

MicroUSB ini tidak mempunyai kecepatan transfer data sebagus USB tipe-C. Dan Anda akan merasa kesulitan untuk mencolokkan kabel ke port karena bentuknya yang tidak reversible.

Tertarik untuk memiliki realme C12? Langsung kunjungi Shopee sekarang, karena sedang ada promo Shopee 9.9 Super Shopping Day yang menawarkan promo-promo spesial agar belanja jadi lebih murah!

Leave a Reply

Send this to a friend