Belajar Online Lebih Mudah dengan Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Schoology

Perkembangan teknologi dalam bidang informasi sudah banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Sudah mulai muncul berbagai teknologi yang dibuat untuk bidang pendidikan seperti Learning Management System (LMS), seperti Schoology.

Schoology merupakan situs LMS sekolah (Learning Management System), lembaga pendidikan tinggi serta perusahaan/institusi yang dapat membuat, berbagi konten serta mengelolanya dengan baik. Tahun 2007 Jeremhy Friedman, Tim Trinidad, dan Ryang Hwang merancang Schoology. Penggunanya mencapai 7,5 juta di 60.000 sekolah pada 200 negara tercatat sejak November 2014.

Schoology merupakan situs yang memadukan antara LMS dengan jejaring sosial. Tampilannya  menarik, selain untuk belajar scholoogy juga menawarkan interaksi sosial.

Kelebihan dan Kekurangan Schoology

Kelebihan dan Kekurangan Schoology

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari schoology terlebih dahulu akan di jelaskan secara ringkas mengenai schoology. 

Schoology ialah salah satu dari halaman web dengan bentuk web sosial yang mempunyai strategi menarik dalam menggabungkan ilmu pelajaran dengan jaringan sosial, sehingga mudah untuk digunakan. Dengan adanya schoology, masalah pelajaran sudah mudah untuk di akses. seperti layaknya belajar di kelas. Fungsi dari laman web ini juga sama dengan yang lain seperti Blackboard dan WebCT yang di dalamnya memberikan penawaran yaitu guru untuk membantu dalam memahami pelajaran.

Cara mengakses schoology bisa dilakukan via mobile phone yaitu dengan cara menginstall aplikasi Schoology Apps, yang tersedia secara gratis untuk di download.

Sama halnya dengan belajar di dalam kelas, Schoology tentunya terdiri dari guru dan peserta didik. Cara memasukkan siswa dalam aplikasi course yaitu dengan memberikan kode akses untuk siswa yang akan di bimbing.

Kelebihan dari Schoology

schoology-

Schoology menawarkan banyak fitur atau fasilitas yang dapat dinikmati serta sangat membantu kita dalam proses belajar baik fasilitas untuk guru maupun peserta didik yang di bimbing. Apa saja kelebihan dari schoology ini? Mari di simak dengan baik penjelasan di bawah ini:

  • Stay Connected, pengajar/guru bisa mengatur segala kegiatan yang akan dilakukan kepada murid baik pembaharuan grup/course, serta memberi umpan balik pada peserta didiknya.
  • Extend Class Time, seorang siswa dapat melihat soal secara online, belajar mandiri, serta membentuk kelompok dengan temannya dimanapun dan kapanpun itu.
  • Manage on the Go, mudah untuk mengabsen siswa.
  • Leverage iOS and Android Devices, dapat didapatkan secara gratis dengan cara menginstallnya di mobile phone atau diakses di laptop. Karena schoology berbasis Android maupun iOS. Terkadang schoology sering melakukan pembaharuan.

Fitur yang dimiliki oleh Schoology  antara lain sebagai berikut:

  • Kursus (Courses), merupakan fasilitas dalam membuat kelas untuk setiap mata pelajaran. contohnya mata pelajaran kimia, fisika, matematika.
  • Kelompok (Groups), merupakan fasilitas dalam membuat kelompok
  • Sumber belajar (Resources)

Pada menu Course dapat dibuat soal/kuis atau latihan soal-soal berbentuk choice (pilihan ganda), mencocokkan/menjodohkan, benar-salah, isian (singkat), dan lain-lain. Selain itu soal-soal ini bisa di import. Kelebihan dari soal online di web Schoolgy ini yaitu kita tidak perlu repot untuk memeriksa lagi soal yang telah dikerjakan oleh siswa. Soal-soal/tugas tersebut dapat dikerjakan siswa di rumah dan guru bisa mengontrol hasil kerja siswa walapun dari jarak yang jauh. Dalam membuat soal Matematika dapat mempermudah guru, karena banyak dilengkapi dengan Equation, Latex dan Symbol. Sehingga selain mempermudah juga membuat tampilannya lebih menarik.

Kelebihan lain dari Schoology ialah ada fasilitas untuk absensi/ Attandance, yang bisa digunakan untuk memeriksa setiap kehadiran siswa (seperti di dalam kelas) dan tersedia fasititas Analityc yaitu untuk melihat/mengontrol setiap aktivitas siswa di setiap assignment, course, discussion dan lain sebagainya. Dengan kata lain fasilitas analytic bisa dimanfaatkan untuk melihat apa saja yang dilakukan oleh siswa ketika sedang log in.

Kelebihan dan Kekurangan Schoology

Tampilan Schoology

Schoology juga dilengkapi dengan moderasi/pengaturan terhadap pengguna jika ingin bergabung pada kelas atau grup, yaitu status dari Access Group kemudian Invite Only, dan juga Allow Requests atau Open. Sebelum mempublish suatu postingan dari siswa pada course kita bisa memfilternya terlebih dahulu. Sehingga tidak semua siswa dapat seenaknya memposting di course.

Selain update status/postingan, fasilitas yang disediaakan oleh schoology ada juga berupa blog yang berguna untuk mempposting/mempublish suatu pelajaran pada account yang dimiliknya di schoology. Selain itu tersedia juga sarana untuk mengirim pesan/chat/message kemanapun, melalui direct post yang tersedia.

Kelebihan lainnya yaitu selain dapat memposting status di grup atau course yang tersedia di schoology, ternyata kita juga bisa membagikan (share) postingan ke beberapa sosial media seperti akun twitter dan facebook.

Dalam hal mengelola grade (nilai) dari siswa baik berupa kuis atau hal yang lainnya, schoology juga menyediakannya yaitu via Gradebook.

Kelemahan dari Schoology

Disamping banyaknya kelebihan serta fasilitas atau fitur-fitur yang terdapat dalam schoology ternyata masih ada kelemahannya juga. Berikut ini adalah kelemahan dari schoology yang harus kamu ketahui:

  • Karena berbasis online, saat ingin mengakses schoology membutuhkan internet, karena belum tersedia akses secara offline.
  • Tampilan dari menu home kurang interaktif, jadi saat pertama kali log in atau mengakses schoology mungkin sebagian dari kamu akan merasa bingung/kesulitan untuk memahami fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.
  • Untuk pengaturan bahasa yang digunakan juga kurang banyak jenisnya (tidak variatif), termasuk bahasa Indonesia belum tersedia di dalamnya.
  • Jika diakses pada mobile phone konten yang tersedia kurang lengkap.
  • Fasilitas untuk peserta didiknya juga kurang, lebih banyak fasilitas yang disediakan untuk guru atau pengajarnya.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan schoology. Secara garis besar schoology dapat memudahkan dalam proses belajar dan juga lebih efisien.

Leave a Reply

Send this to a friend