Fitur Transaksi Pembayaran Digital Whatsapp

Kini Pengguna Bisa Melakukan Transaksi Pembayaran Digital Melalui Whatsapp

NESABAMEDIA.COMWhatsapp baru saja merilis fitur baru mereka untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi pembayaran digital atau berkirim uang ke pengguna Whatsapp lainnya. Dalam menghadirkan fitur ini, pihak Whatsapp telah bekerjasama National Payments Corporation India (NPCI). 

Proses transaksi dalam aplikasi Whatsapp ini menggunakan sistem pembayaran real time milik Unified Payment Interface (UPI) yang memfasilitasi transaksi dengan lebih dari 160 bank di India. 

Dengan demikian, terhitung mulai hari ini, pengguna Whatsapp di India sudah bisa berkirim uang secara elektronik hanya dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Mengeliminasi transaksi uang tunai atau transaksi yang mengharuskan pengguna ke bank terlebih dahulu. Namun untuk menggunakannya, tentunya pengguna harus memiliki rekening bank yang sudah terdaftar untuk proses transaksi di Whatsapp terlebih dahulu. 

Pihak Whatsapp mengatakan bahwa fitur pembayaran baru ini didukung oleh sistem keamanan yang canggih dan prinsip privasi yang sangat kuat. Salah satunya yakni pengguna akan dimintai PIN khusus setiap kali melakukan transaksi melalui Whatsapp.

“Kami sangat senang bisa bergabung dengan kampanye yang sedang digalakkan di India dalam penggunaan transaksi digital, yang membantu memperluas proses inklusi keuangan di negara tersebut. Dalam jangka panjang, kami percaya bahwa kolaborasi antara Whatsapp dan arsitektur unik yang dimiliki UPI, bisa membantu organisasi lokal dalam menangani tantangan yang ada saat ini. Khususnya dalam memberikan akses transaksi keuangan, pada masyarakat yang belum bisa menjangkau hal tersebut sebelumnya,” kata Whatsapp dalam sebuah unggahan blog resminya.

Sebagai informasi, dalam menghadirkan fitur transaksi digital ini, Whatsapp meneken kontrak kerjasama dengan 5 bank besar di India. Termasuk diantaranya yakni ICICI Bank, HDFC Bank, State Bank of India, Axis Bank, dan Jio Payments Bank. 

Whatsapp merilis informasi soal fitur baru ini, hanya berselang 2 jam setelah mereka mendapatkan persetujuan kerjasama dengan NPCI. Mark Zuckerberg pun juga membuat video khusus yang bertujuan menjelaskan fitur transaksi tersebut. 

Namun sayangnya ada tantangan besar yang harus dihadapi oleh fitur transaksi pembayaran digital Whatsapp ini. Sebab pihak NPCI membatasi proses transaksi yang bisa dilakukan oleh sebuah layanan, tidak lebih dari 30 persen dari kapasitas total yang dimiliki UPI. 

India menjadi negara pertama yang mendapatkan fitur ini, dan pihak Whatsapp memastikan fitur ini juga akan tersedia di negara lain, termasuk Indonesia. Kemungkinan besar untuk pengguna di Indonesia, pihak Whatsapp akan menggandeng Gopay, sebagai bagian dari investasi besar yang dilakukan Facebook beberapa bulan yang lalu. 

Leave a Reply

Send this to a friend