Sejarah dan Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua yang Perlu Anda Ketahui

Komputer mengalami berbagai regenerasi sejak pertama kali ditemukan. Terus dilakukan berbagai penelitian untuk dapat mengembangkan perangkat komputer dengan spesifikasi yang maksimal. Sehingga dengan adanya hal tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan aktifitas lainnya yang berhubungan dengan komputer.

Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, komputer memiliki beragam generasi. Setiap generasi memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Hal tersebut juga terjadi pada komputer generasi kedua. Komputer ini memiliki beragam keunikan dan ciri-ciri yang khas dengan komputer generasi lainnya. Berikut merupakan detail penjelasan komputer generasi kedua yang wajib anda simak:

Penemu dan Sejarah Singkatnya

Penemu Komputer Generasi Kedua

Setelah superkomputer atau Komputer Generasi Pertama diciptakan. IBM mulai menciptakan komputer baru yang diberi nama Stretch, dan Ilmuan yang bernama Sprery Rand juga mencoba untuk menciptakan sebuah komputer baru yang diberi nama LARC. Komputer-komputer ini yang kemudian disebut dengan Komputer Generasi kedua.

Pada awalnya, penemuan komputer generasi kedua ini diawali dengan adanya temuan mengenai transistor pada tahun 1948. Memang apa pentingnya transistor? Transistor ini digunakan sebagai pengganti vakum pada peralatan elektronik yang terpasang dalam komputer, sehingga dengan menggunakan transistor, ukuran komputer akan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

Dengan adanya komputer generasi kedua, perkembangan dunia teknologi komputer terus mengalami kemajuan dan menghasilkan berbagai inovasi menarik dan terkini. Komputer generasi kedua ini memiliki ciri-ciri unik yang mungkin berbeda dengan komputer generasi pertama.

Dimana, kebanyakan pada era saat ini, pengetahuan akan komputer terdahulu atau komputer generasi kedua jarang dibahas dan dibaca oleh kebanyakan masyarakat.

Karena saat ini sudah bermunculan banyak teknologi komputer terbaru yang lebih canggih. Namun, pengetahuan terkait komputer generasi kedua ini juga amat penting untuk dipelajari agar dapat meningkatkan pengetahuan. Untuk lebih detilnya, berikut merupakan beberapa ciri-ciri komputer generasi kedua:

1. Kapasitas memori utama cukup besar

Ciri-Ciri Komputer Generasi Kedua

Keterbaruan dari komputer generasi kedua ini terlihat pada kapasitas memori utama yang digunakan. Kapasitas memori utama yang digunakan pada komputer generasi kedua ini cukup besar dan lebih besar dibandingkan memori pada komputer generasi pertama. Sehingga penyimpanan data pada komputer generasi kedua lebih banyak dibandingkan komputer generasi yang sebelumnya.

2. Penggunaan transistor untuk menggantikan tabung hampa

Keterbaruan kedua ini menjadi salah satu ciri khas dari komputer generasi kedua. Mengapa? Karena pada tahun 1948 transistor telah ditemukan dan dikembangkan untuk dapat menggantikan tabung hampa yang terpasang pada komputer. Sehingga dengan bantuan transistor ini ukuran komputer tidak lagi menjadi sebesar komputer generasi pertama. Karena tabung hampa yang begitu besar sudah digantikan dengan menggunakan transistor.

3. Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk

magnetic tape dan magnetic disk

Perubahan magnetic tape dan magnetic disk yang telah berbentuk menjadi removable disk ini menjadi salah satu terobosan baru. Karena dengan demikian, penggunaan magnetic tape dan magnetid disk dapat digunakan dan dipasang sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini dikarenakan perubahan bentuknya yang menjadi removable disk, yang artinya mudah dilepas dan mudah dipasang kembali jika dibutuhkan. Hal ini akan menguntungkan pengguna, karena tidak akan terlalu rumit dengan magnetic tape dan magnetic disk yang terpasang langsung pada perangkat komputer generasi kedua.

4. Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing

Inovasi yang terus dikembangkan adalah proses data dan informasi yang dihasilkan. Pada komputer generasi kedua ini, proses data dan informasi dapat dilakukan secara real-time. Sehingga data dan informasi yang didapatkan adalah data dan informasi yang terbaru dan up-to-date.

Penggunaan data dan informasi akan menjadi lebih akurat dengan menggunakan komputer generasi kedua ini. Selain itu, proses time sharing juga sangat menguntungkan, karena data dan informasi dapat dihubungkan atau dikomunikasikan dengan bebas dan mudah.

Berbagai informasi dan data menjadi lebih cepat dan sesuai dengan yang diharapkan. Karena komputer generasi kedua sudah memiliki teknologi yang dapat melakukan proses tersebut secara real-time dan time sharing.

5. Proses operasinya lebih cepat

Proses operasinya lebih cepat

Kecepatan proses operasi juga sangat dipertimbangkan setelah pengembangan komputer generasi pertama. Berbagai hal yang kurang memuaskan akan terus dilakukan pengembangan sehingga dapat menghasilkan perangkat yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satunya adalah pengembangan proses operasi yang lebih cepat pada komputer generasi kedua.

Hal ini diharapkan dapat mempercepat proses pengambilan data dan penggunaan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Adanya proses operasi yang lebih cepat dapat meningkatkan produktifitas pengguna dalam melakukan pekerjaan sehingga lebih baik.

6. Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik

Komputer generasi kedua ini sudah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat pada saat itu. Sehingga mulai dari perguruan tinggi, industri, bahkan hingga pemerintahan sudah mengenal jenis komputer generasi kedua ini. Sehingga orientasi atau fokusan yang ditetapkan oleh komputer generasi kedua ini adalah pada aplikasi bisnis dan teknik. Hal ini dikarenakan kedua jenis aplikasi tersebut banyak digunakan oleh penggunanya.

Karena semakin banyak industri yang membutuhkan komputer untuk mendukung proses bisnisnya. Jenis komputer generasi kedua ini juga sudah dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrogaman yang lebih mudah dimengerti oleh manusia, dibandingkan menggunakan kode mesin yang begitu rumit.

Adanya informasi mengenai penemu dan ciri-ciri komputer generasi kedua ini, akan menambah wawasan serta pengetahuan yang baru mengenai dunia perkomputeran.

Informasi dan pengetahuan terkait komputer dan teknologi sangat diperlukan untuk dapat menambah wawasan dan ilmu menjadi lebih dalam dan memahami berbagai hal teknologi. Sehingga adanya informasi komputer generasi kedua ini sangat menguntungkan berbagai pihak terutama pembaca yang bisa mendapatkan informasi baru. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend