Kuartal Keempat 2021, Pengguna Windows Capai 1,4 Miliar

Kuartal Keempat 2021, Pengguna Windows Capai 1,4 Miliar

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengkonfirmasi bahwa Windows 10 dan 11 kini diketahui telah terpasang pada 1,4 miliar perangkat secara aktif bulanan. Jumlah tersebut merupakan peningkatan sekitar 100 juta dibandingkan dengan bulan April tahun lalu untuk Windows 10, beberapa saat sebelum Windows 11 diumumkan. 

Capaian ini pun memperkuat posisi Windows sebagai sistem operasi desktop paling populer di dunia. MacOS dari Apple berada di peringkat kedua, terhitung sekitar 15% dari semua perangkat menurut data statistik yang diterbitkan oleh StatCounter. Kesenjangan antar sistem operasi itu semakin meningkat, di mana CEO Microsoft Satya Nadella juga mengungkapkan bahwa Windows meningkatkan pangsa pasarnya di kuartal keempat tahun 2021. 

Namun tidak diketahui dengan jelas berapa banyak dari 1,4 miliar PC yang menjalankan Windows 11. Microsoft telah mendorong para pengguna untuk beralih, dengan semua perangkat Windows 10 yang kompatibel yang memenuhi syarat bisa mendapatkan peningkatan secara cuma-cuma ke Windows 11. 

Nadella menolak untuk mengungkapkan angka spesifik mengenai Windows 11, dan hanya mengatakan bahwa Microsoft senang atas tanggapan publik terhadap sistem operasi barunya itu. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa, “kami melihat lebih banyak intensitas penggunaan dan kualitas yang lebih tinggi daripada versi sistem operasi kami yang sebelumnya.”

Nesabamedia.com sebelumnya telah memaparkan sejumlah alasan mengapa jumlah pengguna Windows 11 bisa relatif rendah. Jumlah yang lebih besar adalah pada perangkat lunak yang telah ada, yakni Windows 10 yang masih akan didukung hingga bulan Oktober dan pembaruan fitur 2022 sedang dalam proses. 

Akan tetapi, persyaratan minimal perangkat keras baru untuk Windows 11 yang ketat, beberapa perubahan desain, dan fakta bahwa pembaruan itu belum dikirimkan ke sebagian besar perangkat, semuanya merupakan faktor yang memberikan andil di sini. Setidaknya, Microsoft bisa lebih transparan mengenai angka-angka yang telah dicapai oleh produknya tersebut. 

Angka-angka mengenai kemajuan Windows ini dirilis bersamaan dengan laporan pendapatan Microsoft untuk kuartal keempat tahun 2021. Total pendapatan perusahaan meningkat sebesar 20% secara tahunan menjadi $51,7 miliar, sebagian karena pertumbuhan di Microsoft Office, layanan cloud dan Xbox. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend