Lebih Dekat Melihat Halaman Settings di Windows 11

Lebih Dekat Melihat Halaman Settings di Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah sepenuhnya mendesain ulang antarmuka di Windows 11, yang berarti banyak aplikasi yang sebelumnya ada di Windows 10, sekarang terlihat dan terasa berbeda. Tanggal rilis ke publik Windows 11 pun semakin dekat, jadi tidak ada salahnya untuk melihat seperti apa perubahan tampilan antarmuka pada halaman Settings yang baru, jadi anda bisa tahu seperti apa halaman tersebut saat dirilis nanti.

Tentang Halaman Settings Windows 11

Ketika Windows 8 pertama kali dirilis pada 2012, Microsoft saat itu juga memperkenalkan aplikasi Settings. Meskipun merupakan bagian integral dari Windows akhir-akhir ini, halaman Settings mendapatkan beragam kritikan. Namun, hampir satu dekade kemudian, aplikasi Settings telah menjadi alat luar biasa yang mengelola seluruh PC Windows 11.

Saat pengguna meluncurkan aplikasi Settings di Windows 11, hal pertama yang akan didapatkan adalah Windows 11 mendesain ulang seluruh aplikasi untuk membuat konfigurasi PC menjadi lebih mudah. Aplikasi Settings baru lebih ramping dan lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan antarmuka navigasi yang merepotkan dan rumit di Windows 10.

Di Windows 10, Microsoft menampilkan layar ikhtisar dengan pilihan konfigurasi utama. Di Windows 11, mereka membuat keputusan brilian untuk mengganti layar ikhtisar dengan sidebar minimalis yang berisi bagian konfigurasi utama. Selain itu, setiap submenu juga memiliki thumbnail deskriptif yang memberikan gambaran umum tentang setiap halaman pengaturan.

Peningkatan Navigasi

Mungkin hal terbaik tentang aplikasi Settings di Windows 11 yang baru adalah betapa mudahnya melakukan navigasi. Di Windows 10, menjelajahi aplikasi Settings tidak mudah: jika anda mengklik sub-menu yang salah, anda harus kembali ke halaman ikhtisar utama.

Sidebar di Windows 11 membuatnya sangat mudah untuk bernavigasi di antara kategori utama seperti System, Bluetooth & Device, dan Gaming, tanpa melompat kembali ke halaman ikhtisar utama.

Aplikasi Settings baru juga menunjukkan halaman persis tempat anda berada di header, membuatnya mudah untuk bernavigasi kembali ke halaman sebelumnya. Selain itu, antarmuka pengguna yang ditingkatkan akan menghemat beberapa klik, membuat konfigurasi PC lebih mudah diakses dan cepat.

Pengelolaan Lebih Mudah

Halaman Devices di Windows 10 tidak terlalu ramah pengguna, dan mengkonfigurasi perangkat baru itu merepotkan. Windows 11 mengubah ini menjadi lebih baik, di mana halaman Bluetooth & Devices jauh lebih teratur dan langsung menampilkan perangkat yang terhubung di bagian atas layar. Perangkat yang terhubung atau dipasangkan juga memiliki titik hijau kecil yang menunjukkan bahwa mereka sedang aktif.

Microsoft telah memperkenalkan tingkat integrasi smartphone Android yang belum pernah terjadi sebelumnya di Windows 11 dan pengguna sekarang dengan mudah mengelola pengaturan Your Phone dari menu Bluetooth & Devices juga. Selain itu, menambahkan perangkat baru ke PC juga relatif mudah.

Pengaturan Sistem Baru

Pengaturan sistem pada Windows 11 jauh lebih intuitif dan mudah dikonfigurasi. Pengguna tidak lagi harus membuka Control Panel untuk mengelola pengaturan suara, itu semua dapat dilakukan dalam aplikasi Settings di Windows 11. Pengguna dapat mengkonfigurasi perangkat suara input dan output, mengelola volume mixer, dan bahkan mengakses properti suara.

Halaman Pengaturan Sistem juga menyertakan submenu Focus Assist yang memungkinkan pengguna mengatur PC untuk menghindari gangguan dan meningkatkan produktivitas. Misalnya, pengguna dapat memilih cara menerima notifikasi dan menyiapkan aturan otomatis.

Peningkatan besar lainnya adalah halaman pengaturan Power & Battery yang baru dan lebih baik. Windows 11 akan memberi pengguna detail terperinci tentang penggunaan baterai dan memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan cepat. Pengguna juga dapat dengan mudah mengubah pengaturan Power & Sleep langsung dari aplikasi Settings.

Desain Ulang Menjadi Lebih Baik

Microsoft telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam mendesain ulang aplikasi Settings pada Windows 11. Sidebarnya ramping dan fungsional, halaman individual dirancang dan diatur dengan baik, dan setiap sub-menu disusun dengan cermat untuk membuat konfigurasi PC pengguna bisa diakses dengan mudah. Ketika Windows 11 akhirnya mendarat di PC nanti, semua perubahan ini diharapkan akan mengurangi kebingungan dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Leave a Reply

Send this to a friend