• Our Partners:

Lebih Dekat Task Manager Baru di Windows 11 Build 22557

Lebih Dekat: Task Manager Baru di Windows 11 Build 22557

NESABAMEDIA.COMWindows 11 Build 22557 telah tersedia di saluran Pengembang sejak beberapa hari yang lalu, dan build baru itu mendapatkan sorotan karena beberapa hal baru yang dibawa. Salah satunya yang ada di Windows 11 Build 22557 itu adalah perubahan yang diperkenalkan ke Task Manager.

Anda akan menyadari bahwa Task Manager di Windows 11 Build 22557 mengalami perubahan desain cukup besar. Pertama adalah, Task Manager kini mengikuti tema yang digunakan pengguna, jadi jika anda menggunakan mode gelap, maka anda akan mendapati Task Manager dengan mode yang sama. 

Kedua adalah konten yang sebelumnya ada di beberapa tab telah dipindahkan ke bagian samping, dalam bentuk menu hamburger dengan beberapa ikon baru. Ini memberikan tampilan yang lebih ramah pengguna dan perubahannya selaras dengan desain bahasa Windows 11. Beberapa opsi telah dipindahkan ke panel yang ada di sebelah atas, namun sebagian besar bisa diakses dari menu konteks klik kanan juga.

Tampilan Task Manager Baru

Tampilan Task Manager Baru

Pada halaman pertama Task Manager, terdapat beberapa fungsionalitas anyar. Bulan April 2021 silam, Microsoft memperkenalkan Eco Mode, di Windows 10 Pratinjau Insider, dan ini juga hadir di Windows 11 sebagai Efficiency Mode.

Seperti namanya, pengaturan ini pada dasarnya memungkinkan anda untuk membatasi penggunaan sumber daya dari proses individu melalui menu konteks terkait atau dengan mengklik langsung di proses masing-masing dan memilih Efficiency Mode di panel opsi di bagian atas. 

Anda juga bisa menggunakan pengendali umum lainnya seperti End Task dan Run secara langsung dari antarmuka tersebut. Anda juga bisa mengklik tombol View untuk mengelompokkan proses, memperluasnya, atau menciutkannya. Hal yang cukup bagus memiliki pengaturan semacam ini secara langsung, daripada harus menavigasi di antara menu drop-down seperti yang ada di Task Manager sebelumnya. 

Namun antarmuka ini jelas-jelas masih dalam tahap pengembangan. Pasalnya menu titik tiga di panel opsi yang berada di sebelah atas, tidak memberikan dampak apapun ketika diklik, kecuali menyorot bagian opsi, yang merupakan perilaku yang cukup aneh. 

Halaman Performance Task Manager Baru

Halaman Performance Task Manager Baru

Halaman Performance atau kinerja juga hampir sama. Namun, area yang berbayang di bawah grafik CPU terlihat cukup baik dan modern, khususnya dalam mode gelap. Opsi Copy dan Resource Monitor telah dipindahkan ke menu titik tiga yang ada di bagian atas, namun selain itu sepertinya masih sama dengan versi sebelumnya dalam hal fungsionalitas. 

Halaman App History Task Manager Baru

Halaman App History Task Manager Baru

Halaman App History juga sama, namun anda akan menyadari sebuah tombol Open App di panel opsi di bagian atas, yang sekali lagi, memberikan kemudahan dengan akses langsung.

Lalu halaman Startup telah diubah menjadi Startup Apps, yang cukup masuk akal. Dari sisi fungsionalitas, tampaknya ini sama dengan penerapan yang ada sekarang, dengan beberapa pengendali umum dipindahkan ke panel opsi di bagian atas. Menu titik tiga akan menampilkan dua konfigurasi, yang bernama Open File Location dan Search Online. 

Halaman Users juga sama, namun beberapa pengendali umum telah dipindahkan ke bagian atas. Menu titik tiga memiliki opsi yang sama dengan yang ada di halaman Startup Apps. Halaman Detail juga sama, namun menu titik tiga tidak memberikan fungsi apa-apa. Halaman Services pun demikian, namun beberapa pengendali umum dipindahkan ke atas dan menu titik tiga memiliki dua opsi, yakni Go To Details dan Search Online. 

Terakhir ada menu Settings khusus. Ini adalah sebuah hal baru yang akan disukai pengguna, dan saat ini masih tersembunyi di balik menu drop down. Penambahan menu Settings khusus ini cukup masuk akal dan diterapkan dengan sangat ramah pengguna. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend