• Our Partners:

Teknologi Layar OLED LG Apple iPhone 12

LG dan Samsung Bersaing Penuhi Permintaan Teknologi Layar OLED iPhone 12

NESABAMEDIA.COMApple dikabarkan akan merilis seluruh jajaran ponsel iPhone mereka dengan menggunakan teknologi layar Organic Light-Emitting Diode atau OLED. Dalam hal ini Apple memang telah dikonfirmasi akan melakukan kerjasama dengan Samsung untuk memasok layar OLED tersebut. Namun di sisi lain, LG juga tengah mengejar tanda-tangan dari Apple jika ada permintaan tambahan. Mengingat kapasitas produksi Samsung yang masih terbatas saat ini.

Dari keempat model iPhone yang akan hadir pada tahun ini, dikabarkan jika Samsung akan memasok layar OLED untuk ketiga model. Samsung akan memasok teknologi layar OLED untuk iPhone 12 5.4 inci dan iPhone Pro dengang layar 6.1 inci dan 6.7 inci. 

Sementara dari sisi pasokan, Samsung dikabarkan hanya mampu memenuhi permintaan layar OLED sebanyak 30 sampai 35 juta unit untuk ukuran 5.4 inci dan 15 sampai 20 juta unit untuk masing-masing iPhone dengan layar 6.1 inci dan 6.7 inci. Di sisi lain, LG disebut-sebut mampu memasok setidaknya 20 juta unit layar OLED untuk iPhone dengan ukuran 6.1 inci.

Dengan melihat jumlah pasokan tersebut, kontribusi produk layar LG mengalami peningkatan sebanyak lima kali lipat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan tersebut tentunya menjadi angin segar bagi sebuah perusahaan yang dalam enam kuartal mengalami kerugian secara berturut-turut. Sehingga kerjasama pemenuhan pasokan teknologi layar OLED dengan Apple ini bisa memperbaiki kondisi keuangan perusahaan secara signifikan. 

Diprediksi keuangan LG bakal membaik pada semester kedua tahun ini, seiring dengan kemampuan pabrik pembuatan OLED mereka yang mulai optimal. Tak hanya LG, Apple sendiri juga akan mendapatkan manfaat cukup besar dari adanya kerjasama kedua belah perusahaan itu. Sebab, Apple mendapatkan harga yang lebih murah, dibandingkan kerjasama dengan Samsung.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Apple gagal memenuhi target penjualan iPhone untuk kuartal kedua tahun 2020. Sementara mereka diharuskan membayar Samsung sebesar USD 950 juta, untuk biaya layar OLED tersebut. Apple pun bakal lebih fokus dalam kerjasama dengan LG untuk pasokan layar OLED, untuk mengurangi ketergantungan terhadap Samsung yang saat ini disebut-sebut memonopoli pasar teknologi layar OLED untuk ponsel.

Leave a Reply

Send this to a friend