• Our Partners:

Lock Screen iOS 16 Mirip Wallpaper Xiaomi

Lock Screen iOS 16 Mirip Wallpaper Xiaomi

NESABAMEDIA.COMSebelumnya, Apple telah menyelenggarakan event tahunan WWDC 2022, yang secara resmi mengumumkan soal iOS 16, macOS Ventura, dan WatchOS 9. Mereka juga mengungkap produk baru seperti MacBook Air dan MacBook Pro dengan chipset M2 yang baru.

Salah satu yang menjadi fokus dalam pengumuman itu adalah iOS 16 yang kemudian memicu perdebatan di antara warganet setelahnya. Yang menjadi pembahasan itu adalah lock screen iOS 16 yang terlihat sangat mirip dengan yang ada di Android.

Perlu dicatat dalam pengumuman iOS 16, Apple membawa super wallpaper dengan tema bumi ke iPhone. Jauh sebelumnya pada awal 2020, Xiaomi telah meluncurkan super wallpaper dengan tema yang sama di smartphone mereka. 

Warganet pun kini ramai membicarakan bahwa ‘semuanya sekarang berbasis MIUI’, atau juga sindiran ‘iOS meniru MIUI’ dan lain sebagainya. Apakah warganet ini salah? Apapun itu wallpaper adalah hal paling pertama yang akan dilihat orang ketika akan menggunakan smartphone. Jadi, jika iPhone menggunakan wallpaper mirip Xiaomi, pengguna pun tak salah jika kemudian meyakini bahwa sistem itu adalah jiplakan dari MIUI. 

Namun jika dibandingkan secara langsung, wallpaper MIUI adalah wallpaper versi rendah dibandingkan dengan wallpaper  iOS. Namun animasi membuka kunci dan pemutarannya tidak sebagus wallpaper MIUI Earth. 

Seperti yang diketahui, MIUI 12 meluncurkan fungsi wallpaper super untuk pertama kalinya. Mengambil tema Mars sebagai contoh, di lingkungan screen-off, layar ponsel akan menampilkan seluruh gambar Mars. Layar akan diperbesar sehingga pengguna bisa melihat gambar planet Mars dengan lebih jelas. Ketika kunci terbuka dan memasuki desktop, layar akan membesar. Kemudian pegunungan dan tekstur Mars akan ditampilkan kepada pengguna. 

Dari sudut pandang perbandingan, wallpaper super iOS 16 sedikit kurang memberikan kejutan saat kunci terbuka. Meskipun bisa dibilang meniru wallpaper super MIUI, namun esensinya tidak diterapkan. 

Ini bukan kali pertama Apple menjiplak sesuatu yang digunakan oleh Xiaomi sebelumnya. Tahun lalu, dalam sebuah surat undangan untuk acara pres konferen yang akan digelar, Apple menggunakan desain yang sebelumnya dipakai Xiaomi pada tahun 2018. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend