Lumion - Aplikasi Rendering Arsitektur 3D yang Sedang Naik Daun

Mengenal Lumion : Aplikasi Rendering Arsitektur 3D yang Sedang Naik Daun

Lumion adalah software untuk memvisualisasikan desain arsitektur sedemikian rupa sehingga desain tersebut mampu menghadirkan kesan yang nyata. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang serealistis mungkin dalam meninjau sebuah desain baik dari sisi interior maupun eksterior.

Lumion dapat menyelesaikan proses rendering dengan cepat, termasuk ketika anda berada dalam situasi-situasi yang tidak terduga. Seandainya ada klien yang mendadak datang dan ingin mendapatkan gambaran mengenai seperti apa nantinya jika bangunan didirikan di lokasi yang sebenarnya, anda bisa mengandalkan Photo Match untuk menunjukkannya kepada klien tersebut.

Fitur-Fitur Lumion

Apa Itu Lumion?

Real Time Rendering

Salah satu fitur Lumion yang membuatnya populer adalah kemampuan untuk melakukan render secara real time di saat anda sedang mengedit model 3D di dalam software CAD yang anda gunakan. Setiap kali anda menambahkan elemen seperti pintu, jendela, atau mungkin tanaman, Lumion akan menjalankan proses rendering dan menampilkan hasil rendering saat itu juga sehingga anda bisa langsung melihat perubahannya.

Paint Placement

Ingin menambahkan banyak tanaman pada sebidang tanah yang lumayan luas dalam sekejap? Pilih salah satu jenis tanaman dari dalam library untuk digunakan sebagai brush, lalu sapukan kursor mouse pada tanah lapang tersebut.

Mass Placement

Fitur ini juga merupakan fitur penempatan objek secara massal seperti halnya Paint Placement, tetapi dengan cara kerja yang agak berbeda. Pada intinya, anda bisa menempatkan semua objek pada jalur yang anda tentukan, sedangkan jalur itu sendiri bisa dikustomisasi (misalnya, dibelokkan ke arah lain dengan sudut yang melengkung atau tajam) melalui semua node yang ada di sepanjang jalur.

Displacement Mapping

Objek-objek tertentu yang ditempatkan di dalam desain, misalnya batu bata, hanya akan terlihat sebagai sebuah representasi digital yang barangkali terkesan hambar apabila objek-objek tersebut tidak memiliki tekstur. Displacement Mapping adalah fitur di dalam Lumion yang bisa memperkuat detail tekstur pada objek.

Untuk memperkuat kesan realistis pada proyek desain anda, Lumion juga menyediakan lebih dari 5000 model, lebih dari 1000 material yang bisa anda kustomisasi, dan lebih dari 50 efek yang mengagumkan. Bahkan intensitas hujan dan salju pun dapat anda atur dengan menggunakan Precipitation Effect yang disediakan di dalam mode Movie dan Photo. Hanya dengan menekan tombol keyboard beberapa kali, anda juga bisa menampilkan transisi cuaca dari hujan yang sangat deras menjadi hari yang cerah.

Begitu pula dengan langit yang suasananya bisa anda atur sesuai keinginan. Setidaknya ada lebih dari 30 efek langit yang dapat menyuguhkan kesan realistis pada sebuah desain.

Apa pun yang anda perlukan dalam memvisualisasikan proyek desain anda, Lumion menyediakan beragam fitur yang terbaik. Semua fitur tersebut terus ditingkatkan kemampuannya sehingga Lumion seringkali hadir dengan fitur-fitur baru yang lebih menarik.

Leave a Reply

Send this to a friend