Masa-Masa Kritis Windows Phone Terungkap Dalam Sebuah Podcast

Masa-Masa Kritis Windows Phone Terungkap Dalam Sebuah Podcast

NESABAMEDIA.COMMeskipun sekarang sudah tahun 2022, ada beberapa orang yang masih membicarakan soal tahun 2012, tepatnya mengenai Windows Phone dan masa-masa kritisnya.

Dalam sebuah podcast yang dipandu oleh Misty Hays, hadir manajer program senior yang bekerja di Visual Studio, yakni Sue Loh dan Ben Rudolph yang kemudian berbicara mengenai sistem operasi seluler klasik, penantang Apple dan Google, serta apa yang membuat upaya Microsoft begitu unik pada saat itu atas Windows Phone. 

Dalam video podcast yang berdurasi kurang dari 40 menit itu, mengungkap bagaimana Windows Phone 7 2010 menjadi salah satu sistem operasi seluler yang paling menyenangkan saat itu. Baik itu berfokus pada pengoptimalan memori atau saat kampanye Smoked by Windows Phone dimulai. Ben dan Sue juga berbicara tentang smartphone favorit mereka dan apa yang membuat sistem operasi itu begitu bagus kala itu.

Sebagai pengingat, Windows Phone 7 melakukan banyak hal yang kemudian menjadi ‘pertama’ pada saat itu. Ada tombol khusus untuk kamera dan Me Tile yang terkenal, yang mampu menampung semua jejaring sosial pengguna dalam satu akun, sehingga anda bisa melihat pembaruan serta memposting silang konten ke beragam akun dengan satu klik. Itu adalah tambahan ke Live Tile dan Metro UI, yang keduanya berbeda dengan yang terlihat saat ini.

Konsep dari Live Tile sangat sederhana, memberikan pengguna semua informasi yang mereka butuhkan dengan sekali pandang. Seperti yang dicatat Ben selama pembicaraan bahwa, Microsoft telah mendorong kembali kecanduan akan smartphone, di mana orang-orang akan menyalakan smartphone mereka dan menatapnya tanpa henti. 

Tentu saja, ada masalah lain juga, seperti memperbarui smartphone yang sedikit problematik, dan oleh karena itu kemudian Me Tile dihapus, di mana mengubah API jejaring sosial bisa membuat semuanya mudah rusak. Tertinggal dan kemudian mencoba menjadi pesaing Apple dan Google juga merupakan tantangan lain.

Karena kebanyakan pengguna tidak memberikan kesempatan bagi Windows Phone sebab pasar sudah terbentuk, yang kemudian memperburuk posisi Windows Phone di tahun-tahun berikutnya. 

Windows Phone 7 setelahnya menjadi Windows Phone 8 dan 8.1. Namun masalah tetap ada, yang membuat pengguna Windows 7 kesulitan meningkatkan ke versi yang lebih baru akibat perubahan kernel dan arsitektur yang membentuk Windows Phone 8. 

Pada tahun 2015, Microsoft kemudian melakukan remake dan menjadikannya sebagai Windows 10 Mobile, namun pada saat itu mereka sudah kehilangan pasar, yang puncaknya terjadi pada 2014.

Perangkat Windows Phone yang paling laris adalah Lumia 520 seharga Rp1,4 jutaan, yang diluncurkan pada tahun 2013. Sementara model kelas atasnya seperti Lumia 920, 1020 dan 1520 tidak pernah mampu memenangkan persaingan dengan iPhone, Samsung, HTC ataupun LG di segmen kelas atas. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend