MediaTek Dimensity 2000 Hadir Akhir Tahun, Siap Saingi Snapdragon 898

MediaTek Dimensity 2000 Hadir Akhir Tahun, Siap Saingi Snapdragon 898

NESABAMEDIA.COMSelama dua tahun terakhir, sejak peluncuran seri Dimensity, MediaTek telah dianggap berhasil menutup jarak di pasar chipset, terutama di ujung flagship. Namun, sejak diluncurkannya MediaTek Dimensity 1200 terbaru, belum banyak smartphone dengan chip ini. Hal ini tentu sangat disayangkan bagi perusahaan. 

Sebulan yang lalu, ketika MediaTek mengumumkan laporan keuangan terbarunya, perusahaan juga mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan chip unggulan 5G pada akhir tahun ini. Menurut laporan, produk chip MediaTek yang akan datang ini mungkin adalah Dimensity 2000.

Dari kabar dan rumor yang beredar, diketahui Dimensity 2000 akan resmi diluncurkan pada akhir tahun. Namun, smartphone pertama dengan chip ini tidak akan diumumkan resmi hingga paruh pertama tahun depan. Selanjutnya, spekulasi mengungkapkan bahwa harga perangkat smartphone yang akan menggunakan chipset ini sekitar $464 atau Rp6 jutaan. 

Dari segi harga, tampaknya chip ini bersaing ketat dengan Snapdragon 870. Namun, dari segi performa, ia menawarkan kinerja yang lebih unggul dan bocoran sejauh ini, performa Dimensity 2000 memang luar biasa.

Menurut laporan, bagian CPU dari chip ini akan setara dengan produk generasi berikutnya Qualcomm, yakni Snapdragon 898. Beberapa laporan mengklaim bahwa CPU Dimensity 2000 akan lebih kuat dari Snapdragon 898. Sedangkan untuk aspek GPU, chip MediaTek ini akan lebih kuat dari Snapdragon 888 SoC. Selain itu, ia akan datang dengan konsumsi daya yang lebih baik daripada Snapdragon 888.

Secara keseluruhan, Dimensity 2000 akan menjadi produk kuat yang sepenuhnya bisa mengungguli Snapdragon 888. Chip ini sebenarnya akan bersaing dengan Snapdragon 898 tetapi akan jauh lebih murah. Analis percaya bahwa chip ini akan berdampak besar pada pasar Qualcomm.

Dari segi spesifikasi spesifik, laporan sebelumnya menunjukkan bahwa Dimensity 2000 akan menggunakan arsitektur Cortex X2 dan A9. GPU akan memiliki arsitektur G79 dan chip ini akan menggunakan proses manufaktur 4nm TSMC. Dari segi daya tahan baterai dan kinerja, chip ini akan lebih bertenaga. Jadi chipset ini jelas layak untuk dinanti.

Leave a Reply

Send this to a friend