Fitur Animasi Baru Windows 10

Melihat Lebih Dalam, Fitur Animasi Baru Yang Akan Hadir di Windows 10

NESABAMEDIA.COMDengan rencana kehadiran dari Fluent Design untuk Windows 10, Microsoft telah memperkenalkan fitur animasi baru, motions, dan efek transparan di antar muka.

Fitur animasi sendiri cukup penting untuk lebih memberikan kesan dan pengalaman lebih baik untuk pengguna, namun di sisi lain fitur ini bisa juga membuat perangkat komputer berjalan lebih lambat. Terutama jika pengguna menggunakan perangkat keras yang berusia tua. 

Microsoft berencana untuk menambahkan banyak sekali perubahan fitur dan fungsi di sistem operasi Windows 10 versi 21H2, dan di situ terdapat juga pembaruan animasi. Pada Windows 10 Preview Build 21277, Microsoft mengganti animasi transisi tradisional yang telah digunakan selama lebih dari lima tahun dengan animasi semacam zoom yang lebih menarik. 

Dalam daftar perubahannya, Microsoft menjelaskan bahwa fitur animasi itu akan terlihat ketika pengguna membuka atau menutup jendela aplikasi. Sepertinya, Microsoft ingin membuat agar transisi yang ada selama ini jauh lebih halus. 

Animasi Zoom di Windows 10

Animasi Zoom di Windows 10

Perubahan ini tidak terlalu besar sebenarnya, namun jika diperhatikan dengan seksama, maka akan terasa adanya perbedaan dari pengalaman membuka atau menutup jendela aplikasi sebelumnya. Pengguna juga bisa memicu munculnya animasi ini di layar OOBE dengan membuka aplikasi Command Prompt.

 

Animasi Saat Membuka Command Prompt Windows 10

Animasi Saat Membuka Command Prompt Windows 10

Seperti yang terlihat dari gambar di atas, fitur animasi itu cukup mencolok saat pengguna membuka atau menutup jendela aplikasi yang lebih kecil, dan pengguna akan mendapati animasi hampir di seluruh jendela aplikasi bawaan Windows.

Tentu saja, fitur ini bisa dimatikan secara keseluruhan atau pengguna mengganti animasi transisi dengan pilihan mereka sendiri. 

Disebutkan juga bahwa Microsoft juga tengah mengembangkan fitur animasi pada bagian Start Menu, Action Center, Menu Konteks, dan komponen inti lainnya dari sistem operasi Windows 10. 

Sayangnya fitur animasi ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satu yang paling utama adalah masalah kecepatan. Pada versi Preview Builds, pengguna harus menunggu beberapa waktu agar animasi itu muncul, namun kemungkinan besar Microsoft akan melakukan perbaikan pada masalah kecepatan saat memunculkan animasi ini, sebelum fitur ini benar-benar dirilis untuk umum. 

Selain mengembangkan fitur animasi yang baru, Microsoft juga sedang menguji coba sejumlah fitur baru seperti peningkatan lock screen Windows 10, desktop pengaturan kamera, taskbar dan lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend