• Our Partners:

Memahami Mode Kernel dan Mode Pengguna di Windows

Memahami Mode Kernel dan Mode Pengguna di Windows

NESABAMEDIA.COMSistem operasi Windows hadir dengan Kernel dan User Mode (mode pengguna), namun tidak semua orang tahu mengenai perbedaan antar keduanya. Faktanya, kebanyakan pengguna benar-benar tidak sadar jika mode tersebut ada, karena mereka belum pernah menggunakannya sama sekali. 

Perangkat komputer anda yang menjalankan sistem operasi Windows selama ini memiliki dua mode yang berbeda, itu adalah User Mode (mode pengguna) dan Kernel Mode (mode kernel). Mikroprosesor yang ada di dalam komputer mampu untuk secara otomatis beralih antara kedua mode tersebut, tergantung pada tipe kode yang dijalankan. 

Program dan aplikasi, didesain untuk berjalan dalam User Mode atau mode pengguna, sementara komponen yang terhubung dengan inti dari sistem operasi, akan dijalankan dalam mode kernel. Kebanyakan driver akan berjalan dalam mode kernel, namun ada juga yang berjalan pada mode pengguna juga. 

Bagaimana Keduanya Bekerja?

Microsoft mengatakan, “semua kode yang berjalan di mode kernel berbagi sebuah ruang alamat virtual. Ini artinya bahwa sebuah driver mode kernel tidak terisolasi dari driver lainnya maupun dari sistem operasi itu sendiri.

Jika sebuah driver mode kernel secara tidak sengaja menulis alamat virtual yang salah, data yang dimiliki oleh sistem operasi atau driver lainnya akan mengalami masalah. Jika sebuah driver mode kernel mengalami crash, maka seluruh sistem operasi akan crash.”

Sementara pada mode pengguna, Microsoft mengatakan, “ketika anda mulai menjalankan aplikasi mode pengguna, Windows akan membuat sebuah proses untuk aplikasi tersebut.

Proses itu menyediakan aplikasi dengan sebuah sebuah ruang alamat virtual pribadi, dan sebuah tabel penanganan pribadi. Karena ruang alamat virtual aplikasi ini pribadi, sebuah aplikasi tidak bisa menumpuk data yang dimiliki oleh aplikasi lainnya.

Masing-masing aplikasi berjalan secara terisolasi, dan ketika sebuah aplikasi mengalami crash, maka dampaknya hanya akan dialami aplikasi itu sendiri. Aplikasi lain dan sistem operasi tidak akan terdampak.”

Perbedaan Kernel dan User Mode

Perbedaan paling besar antar kedua mode ini adalah, tingkat hak istimewa atau privilege yang ditawarkan. Ketika berada dalam mode pengguna, aplikasi tidak memiliki banyak hak istimewa, yang artinya tidak memiliki akses langsung ke sumber daya perangkat keras

Namun untuk mode kernel, ini hadir dengan hak istimewa yang ditingkatkan, oleh karenanya, sebuah crash yang sederhana bisa melumpuhkan seluruh sistem operasi, sesuatu yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh mode pengguna.

Bagaimana Windows Memisahkan Keduanya?

Microsoft mendesain sistem operasi Windows untuk menggunakan model lapisan untuk menentukan tingkat hak istimewa sebuah proses. Maka dari itu, aplikasi yang berjalan pada lapisan paling luar, biasanya memiliki lebih sedikit hak istimewa. Sementara dengan kernel, yang berada pada inti, memiliki lebih banyak akses. 

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend