Mematikan Fitur Eksperimen Microsoft, Bisa Sebabkan Perangkat Windows 10 Alami Masalah

Mematikan Fitur Eksperimen Microsoft, Bisa Sebabkan Perangkat Windows 10 Alami Masalah

NESABAMEDIA.COMPara pengguna Windows 10 menemukan sebuah fakta bahwa dengan mematikan fitur eksperimen yang dirilis Microsoft, bisa memberikan dampak serius di perangkat PC mereka.

Pekan lalu, Microsoft mulai merilis pembaruan perbaikan di Windows 10 untuk mengatasi masalah saat bermain game, yang dilaporkan sebagai dampak dari pembaruan Patch Tuesday bulan Maret dan April. Masalah itu dilaporkan oleh pengguna Windows 10 yang memakai kartu grafis buatan NVIDIA yang mengalami frame rate tidak stabil dan stuttering saat bermain game. 

Untungnya, pembaruan untuk memperbaiki masalah itu telah dirilis oleh Microsoft melalui fitur Known Issue Rollback (KIR). Fitur ini digunakan untuk mengirimkan perbaikan non-keamanan dengan cepat, secara otomatis mengirimkan pembaruan ke perangkat yang terdampak. Namun seperti yang dilaporkan oleh sejumlah pengguna di Bleeping Computer, mereka menemukan bahwa dengan menonaktifkan salah satu pengaturan di Windows 10 ini akan menjadikan fitur KIR tidak dapat bekerja. 

Laporan dari pengguna di situs forum teknologi tersebut menyebutkan bahwa pengguna Windows 10 yang mengubah pengaturan akan kehilangan akses untuk mendapatkan fitur KIR.

Sebelumnya, Microsoft merilis sebuah fitur pengaturan eksperimen bernama “Running Experiment With This Machine”, untuk melihat apakah beberapa fitur tertentu digunakan oleh banyak pengguna Windows 10 apabila sebuah perubahan dibutuhkan. Akan tetapi, jika seorang pengguna Windows 10 merasa pengaturan itu mempengaruhi kebijakan privasi mereka, maka pengguna bisa mematikan fitur tersebut melalui Registry Editor. 

Dan akhirnya, mereka yang mengaktifkan fitur tersebut karena masalah privasi itu, menemukan mereka tidak bisa menggunakan fitur KIR untuk melakukan perbaikan masalah saat bermain game. Namun meski demikian, telah ditemukan solusi atas masalah ini.

Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama O&O ShutUp10 yang digunakan untuk mengelola pengaturan dan meningkatkan privasi di perangkat pengguna. Aplikasi gratis ini memiliki opsi yang memungkinkan pengguna Windows 10 untuk dengan mudah mematikan fitur “Running Experiment With This Machine by Microsoft”. 

Jadi ketika pengguna tidak ingin mengaktifkan fitur dari Microsoft itu aktif, pengguna bisa menggunakan aplikasi O&O itu untuk mematikannya, dan begitu ada pembaruan KIR yang dirilis, pengguna bisa mengaktifkan sementara fitur eksperimen dari Microsoft itu agar pembaruan bisa bekerja, dan mematikannya setelah selesai.

Leave a Reply

Send this to a friend