• Our Partners:

Cara Praktis Membuat CV ATS Friendly dan Kreatif di BikinCV

Cara Praktis Membuat CV ATS Friendly dan Kreatif di BikinCV.com

Cara Praktis Membuat CV ATS Friendly dan Kreatif di BikinCV

Bagi para pencari kerja, kelengkapan berkas seperti surat lamaran kerja dan CV adalah hal yang sangat penting. Mengapa? Karena berkas-berkas tersebut nantinya akan diberikan kepada pihak HRD perusahaan yang akan dituju. Salah satu berkas yang sangat penting pada saat akan melamar pekerjaan adalah CV. Pasti anda sudah sangat mengenal apa yang dimaksud dengan CV, bukan?

Namun tidak semua orang memahami arti utama dari CV, banyak orang yang keliru pada saat membuat CV yang akan ia berikan kepada HRD perusahaan. Secara singkatnya, CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen mengenai riwayat hidup para pelamar. Didalam dokumen tersebut tercatat berbagai data yang sangat diperlukan.

Contohnya yaitu seperti biodata, pengalaman pekerjaan, penghargaan dan lain sebagainya. Sehingga dengan melampirkan hal itu, pihak HRD akan memutuskan apakah seorang pelamar kerja dapat mengikuti tahap berikutnya. Namun perlu anda ketahui, CV yang kita miliki juga harus memenuhi syarat ATS Friendly.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat CV ATS Friendly

Setiap lowongan pekerjaan, pasti perusahaan akan menerima banyak dokumen CV dari para pelamar. Terlebih lagi apabila perusahaan besar yang sedang membuka lowongan pekerjaan, pasti jumlah pelamar bisa mencapai ribuan hingga ratusan ribu orang.

Nah, untuk mengatasi lonjakan dokumen CV tersebut, divisi HRD perusahaan umumnya akan menggunakan sebuah perangkat lunak yang disebut dengan ATS (Applicant Tracking System). Dimana sistem tersebut nantinya akan melakukan proses seleksi CV para pelamar dalam jumlah yang banyak dan secara cepat.

Agar CV anda lolos proses sistem ATS, maka anda harus mengenali ciri-ciri CV ATS friendly terlebih dahulu. Pastikan ukuran huruf pada CV anda tidak terlalu kecil atau terlalu besar, pemilihan warna pada CV harus enak dilihat dan jangan menggunakan warna yang mencolok, gunakanlah bahasa inggris pada penulisan CV, berikan kata kunci pekerjaan dan sesuaikan dengan posisi yang sedang anda lamar.

Tidak hanya itu, anda juga harus menjelaskan secara lengkap deskripsi pekerjaan dari pengalaman anda dipekerjaan yang sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat CV ATS Friendly. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Hindari Template Desain yang Mencolok

Banyak para pelamar kerja membuat CV menggunakan template desain yang beredar di internet. Biasanya template desain tersebut memberikan warna yang terlalu mencolok, sehingga membuat mata sulit membaca tulisan yang ada didalamnya.

Terlebih lagi apabila anda melamar pekerjaan di posisi desain grafis, maka anda harus memilih template desain yang lebih menarik. Karena apabila anda menggunakan template desain yang terlalu mencolok, akan menyulitkan perekrut untuk membaca kemampuan serta kompetensi anda selama bekerja diperusahaan sebelumnya.

Usahakan untuk memilih template desain CV yang formal dan tata letak yang sesuai. Sebagai contoh, anda dapat meletakkan data diri pada sisi kiri CV beserta dengan foto. Namun, anda juga dapat untuk tidak melampirkan foto pada CV. Masukkan data-data yang sekiranya penting untuk para perekrut mengetahui hal yang ada didalam diri anda.

2. Gunakan Format Tulisan yang Formal

Salah satu kesalahan fatal para pelamar kerja yang pertama adalah memilih format tulisan yang terlalu berlebihan. Contohnya seperti mereka menerapkan ukuran font yang terlalu besar dan jenis font yang sulit untuk dibaca. Oleh karena itu, banyak CV pelamar kerja tidak terdeteksi oleh sistem ATS.

Perlu anda ketahui, sistem ATS sangat sensitif, sehingga format tulisan pada CV harus kita sesuaikan, agar CV kita dapat dideteksi oleh sistem ATS. Anda dapat menerapkan format tulisan formal seperti ukuran font 11, jenis font Arial, Calibri maupun Times New Roman.

Jangan lupa untuk memberikan jarak spasi 1. Dengan begitu, tulisan pada CV anda akan lebih ramah diproses oleh sistem ATS. Format tulisan tersebut juga sudah sesuai dengan format dokumen resmi yang selama ini digunakan untuk berbagai kepentingan.

3. Optimalkan Penggunaan Kata Kunci

Wajib anda ketahui, ada satu cara bagaimana CV anda lolos untuk tahap selanjutnya. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci. Kata kunci tersebut harus anda sesuaikan dengan posisi yang anda lamar. Mengapa haru menggunakan kata kunci? Karena sistem ATS akan memilih CV yang sesuai dengan kriteria pekerjaan.

Contohnya yaitu jika anda ingin melamar pekerjaan menjadi seorang content writer, maka anda dapat menuliskan kata kunci yang sesuai dengan kemampuan di posisi tersebut. Bagaimana cara mencari kata kunci yang sesuai dengan kriteria pekerjaan? Anda dapat melihatnya pada kolom persyaratan pekerjaan atau job requirements.

Biasanya perusahaan akan menyebarkan flyer lowongan pekerjaan yang didalamnya mengandung job requirements dan kualifikasi yang diinginkan. Anda dapat menyisipkan kata kunci tersebut di CV anda. Dengan begitu, maka kesempatan anda untuk lolos ke tahap selanjutnya akan lebih besar.

4. Hindari Penggunaan Objek-Objek Tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem ATS merupakan sistem yang sangat sensitif. Dimana sistem ATS hanya dapat membaca kata kunci yang terdapat didalam objek garis saja. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari untuk menggunakan objek -objek yang akan mengganggu seperti text box, tabel dan lain sebagainya.

Apabila anda tetap ingin memasukkan pengalaman pekerjaan anda didalam objek tabel, maka itu adalah hal yang sangat sia-sia. mengapa? Karena teks pengalaman pekerjaan anda tidak akan terbaca oleh sistem. Pastikan anda menghindari objek-objek tersebut, ya.

5. Menggunakan Warna Dasar Hitam dan Putih

Warna yang mencolok akan membuat sistem ATS tidak dapat mendeteksi teks yang ada didalam CV. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk menggunakan warna-warna dasar seperti hitam dan putih. Dan apabila CV tersebut dapat lolos melalui kualifikasi dari sistem ATS, nantinya CV dengan warna mencolok tersebut akan sulit dibaca oleh HRD.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, anda dapat menggunakan warna dasar hitam dan putih. Karena kedua warna tersebut adalah warna yang sangat aman dan tingkat lolos kualifikasi sistem ATS-nya sudah terjamin.

6. Sisipkan “Bullet Point” dan “Numberring”

Penjelasan mengenai pengalaman pekerjaan dan kemampuan biasanya sangatlah panjang. Banyak para pelamar kerja membuatnya sebagai paragraf. Perlu anda ketahui, CV adalah rangkuman riwayat hidup seseorang untuk dapat melamar pekerjaan. Sebaiknya penulisan tersebut juga ringkas, padat dan jelas.

Apabila anda menuliskan pengalaman pekerjaan dan kemampuan menggunakan paragraf akan membuat HRD malas untuk membacanya. Anda dapat mengatasinya dengan menuliskan penjelasan tersebut secara poin per poin menggunakan numberring atau bullet point.

Dengan menggunakan bullet point dan numbering, maka hal yang ingin disampaikan akan lebih jelas dan mudah untuk dibaca oleh sistem ATS.

Cara Membuat CV ATS Friendly di BikinCV.com

Saat ini anda tidak perlu capek untuk membuat CV ATS Friendly. Karena sekarang anda dapat mempermudahnya dengan menggunakan bantuan BikinCV.com. Template desain yang digunakan sangat sederhana dan masih tergolong kedalam format formal.

Oleh karena itu, sudah dipastikan CV anda akan lebih mudah untuk dibaca atau dideteksi oleh sistem ATS. Berikut cara membuat CV ATS friendly di BikinCV.com.
1. Terlebih dahulu Masuk ke akun BikinCV anda. Misalkan anda belum punya akunnya, tinggal klik Daftar disini untuk membuat akun baru.
step bikincv 1
2. Klik Buat CV untuk membuat CV baru.
step bikincv 2
3. Lengkapi data diri anda seperti Nama Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir sampai dengan Email.
step bikincv 3
4. Tidak lupa juga melengkapi Alamat anda beserta asal Kota dan Negara. Disarankan juga untuk menambahkan informasi lain seperti akun-akun media sosial yang dimiliki dengan mengklik tombol Informasi Tambahan.
step bikincv 4
5. Tambahkan URL akun LinkedIn, Facebook, Instagram dan Website yang anda miliki.
step bikincv 5
6. Selanjutnya lengkapi informasi tentang diri anda pada kolom: Tentang Saya, Riwayat Pendidikan, Pengalaman Organisasi, Prestasi, Pengalaman Kerja, Hobi, Kemampuan dan Referensi.
step bikincv 6
7. Jika semua kolom telah dilengkapi kemudian klik Selanjutnya.
step bikincv 7
8. Template CV yang ATS Friendly adalah Uluwatu. Jadi disarankan untuk menggunakan template ini, lalu klik Selanjutnya.
step bikincv 8
9. Sebelum bisa mendownload CV yang telah dibuat, terlebih dahulu lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera. Anda juga bisa memasukkan kode kupon jika punya.
step bikincv 9
10. Silakan pilih metode pembayaran yang diinginkan. Kemudian klik Simpan & Bayar.
step bikincv 10
11. Selanjutnya invoice pembayarannya akan dikirim ke alamat email anda.
step bikincv 11
12. Jika anda sudah melunasi pembayarannya, anda dapat mendownload CV yang telah anda buat tadi melalui dashboard akun anda. Klik Download CV > Download untuk mendownload CV yang berformat PDF.
step bikincv 12
13. Berikut tampilan CV ATS Friendly yang telah dibuat.
step bikincv 13

Demikian beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika ingin membuat CV ATS friendly. Anda juga dapat membuat CV ATS friendly dengan mudah menggunakan bantuan BikinCV.com.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend