Mencoba Windows 11 Tanpa Harus Memasang di Komputer, Ini Caranya

Mencoba Windows 11 Tanpa Harus Memasang di Komputer, Ini Caranya

NESABAMEDIA.COMSaat ini masih banyak orang-orang yang belum mencoba Windows 11, karena masalah perangkat yang tidak memenuhi syarat, atau tidak mau beralih dari Windows 10. Namun sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk mencicipi Windows 11 tanpa harus memasangnya di perangkat. 

Pengguna GitHub dengan akun Blueedgetechno membuat sebuah halaman web yang secara akurat mengemulasikan Windows 11, sehingga orang-orang bisa dengan mudah mencoba sistem operasi baru itu tanpa harus memasangnya di perangkat komputer.

Untuk bisa menciptakan halaman web yang mampu memberikan pengalaman semirip mungkin dengan apa yang ditawarkan Windows 11, Blueedgetechno menggunakan teknologi web modern seperti React, CSS, dan JavaScript. 

Satu-satunya yang dibutuhkan pengguna untuk bisa mencoba Windows 11 itu adalah dengan mengunjungi halaman web tersebut yang beralamatkan di win11.blueedge.me, dan tinggal bermain-main dengan halaman tersebut. 

Pengguna juga bisa mencoba halaman tersebut lewat perangkat smartphone, melalui browser yang ada. Namun sepertinya halaman itu membutuhkan sumber daya yang berat ke perangkat smartphone, sehingga kemungkinan bisa menimbulkan crash, bahkan smartphone tiba-tiba restart.

Perlu dicatat bahwa dengan halaman tersebut pengguna bisa mencicipi hampir semua fitur yang ada di Windows 11. Meskipun beberapa di antaranya masih belum bisa digunakan, karena alasan pemrograman tertentu. 

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan di situs tersebut:

  • Menggunakan Start Menu, Search dan Widgets
  • Menggunakan fitur desktop seperti menu konteks klik kanan
  • Menggunakan bar navigasi dan kalender
  • Pengguna bisa mencoba mengikat jendela dan antarmuka baru untuk terikat dengan template
  • Menggunakan browser, Toko, Terminal dan Kalkulator
  • Menggunakan Notepad, Vscode, dan papan digital

Sementara ada beberapa bagian yang tidak bisa digunakan seperti:

  • Menggunakan File Explorer dan aplikasi lainnya
  • Tidak bisa melakukan pergeseran atau mengubah ukuran jendela
  • Tidak bisa memuat atau memblokir jendela
  • Tidak bisa mengubah tema atau wallpaper di latar belakang

Meski demikian, halaman tersebut sudah cukup berguna untuk mencicipi pengalaman seperti apa yang akan disuguhkan oleh sistem operasi baru tersebut. Mengingat si pembuat mengaku membutuhkan waktu selama 12 hari untuk menghadirkan halaman web tersebut. 

Leave a Reply

Send this to a friend