Mengenal Teknologi Sensor Pada Smartphone

Mengenal Teknologi Sensor Pada Smartphone – Cara Kerja dan Jenisnya (Bag. 1)

Dari fitur Face Unlock dan Fingerprint Reader hingga GPS serta kecerahan otomatis, smartphone anda bergantung pada berbagai teknologi sensor khusus untuk memungkinkan anda menggunakan aplikasi, fitur, dan layanan yang membuat hidup lebih mudah. Mari kita lihat berapa banyak sensor yang dimiliki smartphone saat ini dan bagaimana cara sensor-sensor itu bekerja.

Sensor Smartphone dan Cara Kerjanya

Sensor pada smartphone adalah perangkat atau modul kecil yang menganalisis lingkungannya dan melaporkan ukuran secara kuantitatif ke prosesor. Sensor smartphone mengukur berbagai aspek di sekitarnya, termasuk cahaya di sekitar, orientasi perangkat, gerakan, dan lain sebagainya.

Setiap smartphone memiliki sistem koordinat 3 dimensi. Berdasarkan sistem ini, sensor di smartphone anda mampu mendeteksi dan merekam perubahan secara real-time. Simak sistem pengukuran sensor pada smartphone berikut ini:

Koordinat Dimensi Sensor Smartphone

Koordinat Dimensi Sensor Smartphone

  • Sumbu X mengikuti lebar perangkat.
  • Sumbu Y mengikuti panjang perangkat.
  • Sumbu Z mengukur kedalaman perangkat.

Semua jenis sensor yang berbeda yang ada di smartphone anda, beroperasi berdasarkan ketiga sumbu di atas. Namun, perhatikan bahwa sistem koordinat tetap stabil sesuai dengan orientasi default ponsel. Itu tidak bergeser saat anda memegang ponsel dalam mode lanskap atau memiringkannya ke segala arah.

Berbagai Jenis Sensor

Berdasarkan parameter yang diukur dengan ketiga sumbu tersebut, sensor smartphone secara garis besar diklasifikasikan menjadi tiga jenis.

Sensor Gerak

Sensor gerak mendeteksi gerakan, akselerasi, dan rotasi di sepanjang tiga sumbu sistem koordinat perangkat. Ini adalah sensor yang membantu smartphone anda mengukur jumlah langkah yang anda ambil, arah jalan, dan mendeteksi kemiringan saat anda bermain game.

Beberapa contoh sensor gerak adalah akselerometer, sensor gravitasi, giroskop, dan sebagainya.

Sensor Posisi

Sensor posisi merekam lokasi fisik perangkat. Sistem ini bekerja dengan mengidentifikasi koordinat ponsel anda, mengambil lingkungan di sekitarnya sebagai kerangka acuan dan orientasinya dalam ruang 3 dimensi. Ponsel menggunakannya untuk navigasi, mendeteksi orientasi layar, dan banyak lagi.

Contoh sensor posisi adalah sensor jarak, GPS, dan magnetometer.

Sensor Lingkungan

Sensor lingkungan mendeteksi perubahan signifikan di sekitar smartphone anda. Misalnya, ini termasuk perubahan dalam pencahayaan, tekanan, suhu, penyesuaian kecerahan saat kecerahan otomatis diaktifkan, suhu tampilan, pengukuran tekanan udara, dan banyak lagi.

Contoh sensor lingkungan adalah sensor cahaya sekitar, termometer, barometer, sensor kelembaban udara, dan lain-lain.

Selanjutnya: Mengenal Teknologi Sensor Pada Smartphone – Fungsi Masing-Masing (Bag. 2) 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend