Mengupas Wi-Fi Direct, Berbagi File Lebih Cepat Dengan Latensi Rendah

Mengupas Wi-Fi Direct, Berbagi File Lebih Cepat Dengan Latensi Rendah

NESABAMEDIA.COMWi-Fi Direct bekerja mirip seperti dengan jaringan Wi-Fi standard, kecuali alih-alih menghubungkan ke sebuah router, ini memungkinkan perangkat untuk terhubung secara langsung ke perangkat lain. Ini memungkinkan anda untuk terhubung ke internet tanpa harus berada dalam jangkauan poin akses Wi-Fi tertentu. Selain itu, koneksi langsung ini memungkinkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan latensi lebih rendah. 

Salah satu contoh penerapan Wi-Fi Direct di Android adalah pada fitur Nearby Share. Fitur ini memungkinkan perangkat Android saring berbagi file dengan cepat dan aman. Kebutuhan semacam ini menjadi lebih penting karena ukuran file semakin besar dengan adanya teknologi 4K dan HDR, terutama untuk file video. 

Untuk berbagi file di perangkat Android, anda bisa memilih fitur Nearby Share dan kemudian mengaktifkan agar perangkat anda bisa ditemukan oleh perangkat lain. Anda bisa memilih untuk bisa terlihat oleh semua perangkat, atau hanya perangkat tertentu. Perangkat kemudian akan menggunakan Bluetooth untuk membuat sambungan Wi-Fi Direct untuk memindahkan file. Beberapa smartphone bahkan akan menampilkan ikon Wi-Fi Direct khusus. 

Anda juga bisa mengirimkan file berukuran gigabyte hanya dalam waktu sekitar satu atau dua menit saja. Ini artinya anda bisa membagikan kenangan dengan keluarga atau teman tanpa harus kehilangan kualitas karena platform menurunkan kualitas data agar proses pengiriman file berjalan lancar. 

Wi-Fi Direct juga memungkinkan audio dan video casting dari layar smartphone ke TV atau monitor. Bahkan, teknologi ini disebut-sebut memiliki latensi lebih rendah dari Chromecast, yang harus melewati router terlebih dahulu. Jika anda terbiasa dengan ekosistem Apple, ini mirip seperti Airplay

Untuk menggunakan fitur ini, anda bisa menggunakan opsi casting layar di Android. Perangkat Wi-Fi Direct anda akan muncul, dan setelah anda mengizinkan sambungan, anda bisa memulainya.

Anda akan bisa melihat perangkat yang terhubung di halaman fitur dari pengaturan Wi-Fi. Di beberapa perangkat seperti smartphone Samsung Galaxy, pengaturan ini ditemukan pada submenu, ketika menghubungkan ke poin akses Wi-Fi. Lebih mudahnya adalah dengan mencari pengaturan ini dengan fitur pencarian. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend