Menyorot Fitur Widget di Windows 11

Menyorot Fitur Widget di Windows 11

NESABAMEDIA.COMAntarmuka Widget baru di Windows 11 adalah evolusi dari fitur News and Interest yang diluncurkan Microsoft untuk Windows 10 pada awal 2021. Seperti banyak fitur di Windows 11, Widget lebih sederhana dan dalam beberapa hal, kurang canggih dari pendahulunya. Tetapi juga memiliki akar di beberapa fitur dari Windows sebelumnya, seperti Sidebar Longhorn.

Microsoft mengumumkan sedang menguji fitur News and Interest pada Januari 2021, dan itu digambarkan sebagai cara untuk mendapatkan “akses cepat ke feed terintegrasi konten dinamis seperti berita dan cuaca yang diperbarui sepanjang hari.” Feed News and Interest dapat dipersonalisasi, seperti halnya tombol Taskbar, yang dapat berupa ikon saja atau ikon dengan teks yang menjelaskan cuaca secara singkat. Fitur tersebut diharapkan untuk debut di Windows 10 versi 21H2. Informasi itu telah dibagikan sejak beberapa bulan lalu, bahkan sebelum muncul informasi soal Windows 11. Tetapi Microsoft mengirimkannya lebih awal, menambahkannya ke semua versi Windows 10 yang didukung pada April 2021.

Widget memainkan peran yang sama di Windows 11, dan menyediakan antarmuka pengguna serta minat tingkat atas yang serupa, atau, seperti yang sekarang disebut di Windows 11 sebagai Widgets. Pengguna akan melihat widget cuaca, saham, olahraga, foto, dan berita secara default, seperti pada Windows 10. Dan widget tersebut terlihat hampir identik dengan bagian Windows 10 lainnya, dengan setiap widget muncul dalam kotak bulat berkode warna.

Fitur Widget di Windows 11

Fitur Widget di Windows 11

Tentu saja masih ada beberapa perbedaan yang bisa terlihat.

Pertama dan yang paling jelas, Widget tidak menawarkan opsi “ikon dengan teks”, jadi tidak ada cara untuk melihat ramalan cuaca secara sekilas. Sebagai gantinya, seperti item Taskbar di Windows 11 lainnya, Widget hanya muncul sebagai ikon. Ini dilakukan atas nama kesederhanaan, karena fitur News and Interest memerlukan opsi yang dapat dikonfigurasi yang menentukan apakah panel feed muncul jika pengguna hanya mengarahkan mouse ke ikon News and Interest.

Kedua, Widget menampilkan bidang pencarian web yang menonjol di bagian atas panelnya. Windows 11 tampaknya terlalu menekankan pencarian untuk beberapa alasan. Kini pencarian dapat dipicu dengan beberapa cara berbeda, jadi ini mungkin tidak mengejutkan. Widget benar-benar hanya seperti layanan front-end ke backend Microsoft seperti Bing dan MSN, jadi pengguna tidak akan terkejut menemukan bahwa bidang pencarian ini menggunakan mesin pencari, Bing, yang diabaikan oleh sebagian besar pengguna Windows.

Hasil pencarian akan muncul di jendela Microsoft Edge, terlepas dari browser mana yang telah dikonfigurasikan sebagai browser default. Ini sayangnya, menjadi lebih rumit di Windows 11.

Widget dapat diaktifkan dengan pintasan keyboard WINKEY + W, jadi pengguna bahkan tidak perlu menyematkan ikon di Taskbar. News and Interest tidak memiliki pintasan keyboard, dan di Windows 10 pintasan WINKEY + W mengaktifkan Windows Ink Workspace.

Di balik itu semua, Widgets menggunakan layanan Microsoft seperti MSN untuk menyediakan berita dan informasi, dan banyak pengguna akan menganggap pendekatan MSN yang berpusat pada selebriti dan hiburan akan membingungkan pengguna, dan bahkan mengganggu. 

Saat berita ini dibuat, misalnya, berita utama yang dimunculkan di MSN adalah berita tentang seorang selebriti dengan pakaian renang dan peran baru dalam sebuah serial sitkom. Bahkan mereka yang ingin menggunakan fitur ini mungkin harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan penyesuaian. Memang, itu adalah masalah dengan banyaknya feed berita yang ada.

Bagi mereka yang berada di ekosistem Microsoft, hal ini mungkin sepadan dengan usaha. Fitur ini tidak diaktifkan secara default, tetapi pengguna bisa mengaktifkan widget untuk Kalender Outlook, Microsoft To Do, dan (Xbox) Family Safety, dan widget Microsoft 365 sedang dalam proses.

Microsoft juga menawarkan antarmuka web untuk menyesuaikan minat pengguna. Tentu saja ini adalah hal yang umum untuk feed News and Interest di Windows 10.

Akan menarik untuk melihat apakah Microsoft dapat membuat Widget benar-benar berguna bagi sebagian besar pengguna. Atau mungkin ada tujuan tersendiri dari Microsoft untuk mengarahkan traffic ke MSN dan Bing, dan untuk meningkatkan penggunaan Microsoft Edge. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa Widget cukup mudah untuk dinonaktifkan: cukup klik kanan ikon Taskbar dan pilih “Hide from Taskbar.” 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend