• Our Partners:

Facebook-Bulletin

Meta akan Tutup Layanan Bulletin di 2023

Meta dikabarkan akan menghentikan salah satu layanan mereka, yaitu Bulletin. Bulletin direncanakan aka segera ditutup di 2023 nanti, di mana akan ada beberapa kreator atau penulis yang dihentikan, Kamis (06/10).

Dilansir dari The New York Times, Morgan White selaku juru bicara dari Meta menyatakan bahwa mereka akan mengirimkan sejumlah surel kepada pengguna atau konsumen Bulletin terkait pemberhentian layanan Bulletin mereka.

Meta sendiri telah merilis Bulletin sejak Juni 2021 silam, membentuk sebuah platform untuk tujuan penulisan dan membantu orang untuk menjangkau lebih banyak konsumen melalui sebuah tulisan yang menunjang kebutuhan bisnis.

Ide ini sendiri memang diakui terinspirasi dari Substack; memungkinkan pembaca untuk berlangganan surat kabar atau tulisan dari penulis yang mereka sukai, penulis bisa mendapatkan uang dari hasil berlangganan konsumen.

Lantas, bagaimana dengan penulis yang telah lama bergabung di Bulletin dari Meta? Penulis terkenal seperti Tan France dan Malcolm Gladwell yang merupakan penulis independent akan mendapatkan bagian mereka, Meta mengatakan bahwa mereka tidak akan mengambil keuntungan hingga 2023 nanti.

Sampai saat ini, kita masih belum mendapatkan keterangan lebih lanjut mengapa Meta ingin menutup layanan Bulletin mereka. Mengingat, beberapa bulan yang lalu tepatnya pada akhir tahun 2021 mereka menyatakan bahwa telah ada 115 publikasi.

Meta juga mengatakan bahwa telah mengirimkan hingga 1.000 surel untuk konsumen yang berlangganan, jadi bisa dikatakan bahwa bisnis ini cukup berjalan dengan baik meskipun masih belum mengalahkan konsumen dari Substack.

Jika kita melihat kebelakang, maka Meta bukan hanya kali ini membatalkan proyek mereka. Perusahaan tercatat telah membatalkan berbagai proyek mereka dan lebih fokus dalam pengembangan Metavers.

Mark Zuckerberg memperingati karyawannya untuk dapat lebih fokus bekerja mengembangkan target yang mereka ingin capai di 2023, diketahui Meta memiliki ambisi yang kuat untuk mengembangkan dunia virtual Metavers.

Bulan Agustus kemarin, Mark juga sempat memamerkan serangkaian prototype dari VR Meta dan berbagai macam perangkat canggih lainnya yang kemungkinan akan dirilis di 2023 mendatang.

Bagaimana menurut anda mengenai keputusan Meta yang memberhentikan layanan Bulletin? Apakah anda salah satu pelanggan Bulletin? Bagikan tanggapa anda di kolom komentar.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend