Meta Bakal Luncurkan 4 Headset VR Baru

Meta Bakal Luncurkan 4 Headset VR Baru

NESABAMEDIA.COMLaporan terbaru mengklaim bahwa Meta tengah menyiapkan peluncuran empat perangkat headset Virtual Reality (VR) baru untuk tahun 2024 mendatang. Lini produk itu akan terdiri dari dua headset kelas atas Pro, yang akan bertindak sebagai laptop untuk wajah, dan dua headset Quest dengan harga yang lebih murah.

Laporan lain dari sumber berbeda menambahkan bahwa Meta bisa mendorong waktu perilisan perangkat itu, dengan maksud memadati pasar sebelum didahului oleh perangkat lain. 

Dari apa yang telah dipelajari dari beberapa laporan yang ada, Meta sedang mempersiapkan perilisan headset kelas atas dengan nama kode Project Cambria.

Headset ini bisa disebut dengan Meta Quest Pro ketika hadir di pasaran nanti. Roadmap yang bocor menunjukkan bahwa headset Pro ini kemungkinan akan diluncurkan pada bulan September 2022. Sementara untuk Quest 3 dengan kode nama Stinson kemungkinan tiba pada tahun 2023 mendatang.

Headset Quest lain dengan kode nama Cardiff juga dilaporkan akan dirilis pada tahun 2024. Juru bicara Meta kemudian mengatakan bahwa terjadinya perbedaan jadwal rilis adalah sebuah hal yang lumrah dan umum, terlebih ketika masih dalam tahap pengembangan.

Kemudian headset keempat dengan kode nama Funston kemungkinan akan diluncurkan pada tahun 2024. Ini akan menjadi penerus dari Project Cambria, yang hadir di segmen kelas atas. Sayangnya, spesifikasi perangkat keras dari ketiga perangkat itu masih menjadi misteri. Namun ada sedikit informasi mengenai headset Cambria, berdasarkan bocoran yang muncul sebelumnya.

Bocoran itu menyebutkan bahwa Meta Quest Pro (Cambria) akan dibanderol $799 atau sekitar Rp11,5 jutaan. Namun ketika ditanyakan kepada pihak Meta, mereka mengatakan bahwa harganya akan lebih mahal, mengindikasikan bahwa harganya akan sekitar $1000 atau sekitar Rp15 jutaan. Untuk spesifikasinya, Cambria akan mengemas resolusi layar 2160×2160 untuk setiap mata, pengalaman Mixed Reality dengan penuh warna dan fitur pelacakan mata di samping fitur menarik lainnya.

Bocoran lainnya mengungkap bahwa Quest 3 (Stinson) akan diumumkan pada event Connect yang digelar bulan Oktober tahun 2023. Sumber tersebut juga mengklaim bahwa headset ini akan menggunakan lensa uOLED, yang akan menjadi game-changer untuk headset VR.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend