Meta Group

Meta Digugat atas Pelanggaran Privasi Pasien di Amerika

NESABAMEDIA.COM – Meta sebagai orang tua dari perusahaan Facebook dan rumah sakit besar di Amerika Serikat telah melanggar UU Privasi. Diketahui, platform tersebut dan rumah sakit membocorkan data pasien, dan mengirimkan informasi kesehatan tertentu untuk pengguna Facebook, Rabu (03/08).

Atas laporan yang diberikan oleh pasien, mereka mendapatkan informasi yang secara akurat mengenai kesehatan mereka setelah melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Banyak pasien yang mendapatkan informasi mengenai kesehatan, dari layanan Facebook yang terhubung dengan layanan iklan platform tersebut.

Tuntutan yang diajukan berfokus pada tuntutan hukum oleh Distrik Utara California, yang mana telah diajukan sejak bulan Juni dan Juli 2022. Tuntutan ini membahas mengenai alat pelacakan dari Meta Pixel. Meta Pixel adalah Tools yang digunakan untuk melacak analisis Facebook dan Instagram untuk kebutuhan iklan.

Setelah dilakukan sebuah investigasi, tercatat sejak awal Juni telah ada 33 dari 100 rumah sakit terkemuka di Amerika Serikat yang menggunakan layanan Meta Pixel di situs website mereka. Beberapa situs website rumah sakit juga memberikan keamanan untuk mengamankan data pasien, namun investigasi ini melahirkan informasi yang dapat memberikan data pasien untuk kebutuhan iklan.

Tools yang digunakan oleh situs website rumah sakit tersebut, akan memberikan data pasien seperti informasi kesehatan, jenis dokter, hingga alergi setiap orang yang akan mereka kumpulkan dan menawarkan mengenai informasi kesehatan di layanan iklan Meta.

Dignity Health juga terdaftar ke dalam rumah sakit yang menjadi terdakwa atas gugatan pasiennya. Tuntutan hukum yang diberikan melaporkan bahwa informasi medisnya diberikan kepada Meta Pixel di portal pasien Universitas California San Francisco dan Dignity Health. Pasien tersebut mendapatkan iklan berubah informasi pengobatan dan kesehatan, yang mana sama seperti kondisinya saat itu.

Namun, masalahnya tidak hanya sampai di situ saja, agaknya tahun ini menjadi tahun terberat Meta sebagai perusahaan yang menaungi platform besar. Tuntutan lainnya juga berasal dari pasien berbeda, salah seorag pasien di Maryland setidaknya menuduh Meta telah mendapatkan informasi kesehatan ini dari 664 penyedia layanan kesehatan (seperti puskesmas), dan mengirimkan data pasien ke Facebook dengan jalur Meta Pixel.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend