Mica, Desain Baru Windows 11 Tidak Akan Memberatkan Kinerja

Mica, Desain Baru Windows 11 Tidak Akan Memberatkan Kinerja

NESABAMEDIA.COMWindows 11 menghadirkan desain baru untuk sistem operasi dan aplikasi, menghilangkan antarmuka metro yang telah ada sejak Windows 8. Fluent Design Microsoft yang dibawa Windows 11 merupakan bahasa desain yang berkelanjutan dan berkembang dengan setiap rilis Windows, tetapi belum menyentuh setiap bagian dari aplikasi Windows dan Microsoft.

Dengan Windows 11, Microsoft memikirkan kembali pendekatan Fluent Design dan menerapkan bahasa desain barunya di semua aplikasi dan halamannya.

Sebagai bagian dari perombakan Fluent Design, Windows 11 juga hadir dengan material desain baru yang disebut “Mica”. Mika adalah material dinamis yang mendekatkan tema dan wallpaper desktop, dan terlihat saat pengguna menjelajahi aplikasi seperti Settings atau Edge. Mica akan seperti melukis latar belakang beberapa jendela aplikasi dan pengaturan untuk membuat hirarki visual.

Pada Windows 11, Mica akan menjadi elemen desain yang paling umum dan akan muncul di seluruh aplikasi dan sistem operasi itu sendiri. Mica bukan tentang transparansi. Sebagai gantinya, ini memungkinkan latar belakang desktop di belakang jendela untuk memfokuskan pandangan pengguna dengan menjadikannya terlihat buram.

Dalam build pratinjau, pengguna dapat mencicipi Mica di File Explorer, Pengaturan, Microsoft Teams, dan beberapa lokasi lainnya.

Sementara itu jika dibandingkan dengan desain akrilik Fluent Design yang sangat tembus cahaya dan efek transparansinya terlihat di balik jendela aplikasi atau latar belakang desktop, di sisi lain, Mica memperbarui jendela aplikasi untuk menggabungkan tema dan wallpaper desktop, serta mengecat latar belakang.

Dalam sesi tanya jawab baru, Microsoft menjelaskan bahwa bahan Mica tidak menyimpan wallpaper desktop di setiap bingkai. Sebaliknya, “hanya mengaburkan gambar sekali” untuk menawarkan kinerja dan pengalaman yang lebih baik daripada Akrilik.

“Kinerja benar-benar menjadi prioritas utama bagi kami dan kami ingin memastikan bahwa semua fungsi baru yang menyenangkan ini (Mica dan sudut membulat) super cepat dan tidak memengaruhi sistem operasi. Misalnya, Mica secara khusus dirancang untuk kinerja yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan desain tampilan seperti akrilik. Untuk sudut membulat, kami mengoptimalkan kinerja rendering kami sehingga pengguna tidak akan melihat perbedaan apa pun dibandingkan dengan sudut persegi,” kata Microsoft.

Microsoft tidak meniru Apple

Beberapa orang percaya bahwa elemen desain Windows 11 seperti Start Menu terpusat dan sudut membulat terinspirasi oleh macOS. Ini tidak benar, menurut Microsoft.

“Desain yang bagus cenderung mirip kita belajar satu sama lain tetapi Fluent sudah ada sejak

lama dan kami berkembang dengan cara pengguna dalam menggunakan perangkat kami, ”kata Kevin Gallo, kepala platform pengembang di Microsoft.

“Pengguna pun tahu, itu berubah sepanjang waktu karena kami hanya menggunakan perangkat dengan cara baru dan menggabungkannya . Pengguna tahu mereka mungkin terlihat familiar, tetapi tujuan kami adalah agar hal-hal ini benar-benar bisa dirasakan pengguna secara alami,” tambahnya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend