Microsoft Bawa Xbox xCloud Gaming ke Windows 10

Microsoft Bawa Xbox xCloud Gaming ke Windows 10

NESABAMEDIA.COMMungkin banyak orang yang masih menunggu harga GPU turun, atau stok dari konsol terbaru mulai tersedia di pasaran. Jadi mungkin masih banyak juga yang belum bisa memainkan game terkini dengan permintaan spesifikasi perangkat yang mumpuni.

Memang, CPU terbaru dari AMD yang memiliki grafis Radeon bawaan bisa mengakalinya, namun ini bukanlah solusi yang tepat. Memahami kondisi ini, Microsoft akhirnya mengumumkan layanan Xbox Cloud Gaming atau xCloud telah tersedia di perangkat PC Windows 10, namun untuk saat ini masih terbatas untuk pengguna yang telah bergabung di Windows Insider

Bahkan layanan xCloud di Windows 10 itu sudah bisa digunakan dengan Game Pass Ultimate, yang menawarkan akses ke layanan tersebut. Lalu, apa saja yang termasuk dalam layanan Xbox Cloud Gaming dan bagaimana untuk bisa mendapatkannya?

Sebelumnya, satu-satunya cara untuk bisa memainkan game cloud di Windows 10 adalah dengan menggunakan layanan GeForce Now, Stadia atau layanan cloud gaming sejenis. Memang cukup aneh jika layanan Xbox Cloud Gaming milik Microsoft, justru tidak ada dalam sistem operasi andalan mereka. 

Namun mulai kemarin, para pengguna yang telah bergabung dalam program Windows Insider, sudah bisa menikmati layanan xCloud di Windows 10. Meskipun ini masih program dengan versi beta, dan sedang diuji coba, yang jelas ini menjadi tanda bahwa layanan tersebut akan segera hadir ke pengguna publik dalam waktu dekat.

Peluncuran layanan xCloud di Windows 10 tidak diprediksi sebelumnya. Memang, desas-desusnya seringkali berhembus, namun hanya menjadi sekedar kabar burung karena tidak ada detail pasti, khususnya soal kapan peluncurannya. Kini, layanan itu telah hadir, dan pengguna bisa menikmati layanan bermain game setingkat dengan Xbox Series X di PC Windows 10. 

Setelah melihat tanggapan para pengguna yang telah mencobanya, mayoritas mengatakan bahwa layanan itu cukup impresif. Meski tidak semua game yang ada di Game Pass di konsol Xbox belum tersedia, daftar game yang telah kompatibel terus bertambah hampir setiap minggu.

Fakta bahwa pengguna kini bisa memakai perangkat PC Windows 10 apapun untuk bermain game favorit secara streaming, seperti yang ada di Xbox Cloud Gaming, sangat mengejutkan. Sebab pada bulan Juni lalu, Microsoft mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan layanan Xbox Cloud Gaming ke Xbox One, meskipun tidak diyakini seperti apa jadinya. Namun ternyata justru hadir lebih dulu ke perangkat Windows 10.

Leave a Reply

Send this to a friend