• Our Partners:

Microsoft Beri Penjelasan Soal Windows App SDK dan Keberadaan UWP

Microsoft Beri Penjelasan Soal Windows App SDK dan Keberadaan UWP

 MMicrosoft sedang bersiap untuk meluncurkan Windows App SDK yang juga dikenal sebagai Project Reunion dalam waktu dekat. Kini mereka mencoba menunjukkan kepada pengembang cara memigrasikan aplikasi UWP yang ada saat ini ke SDK. Lalu, apa artinya ini untuk pengembangan Universal Windows Platform ke depannya?

Penting untuk diketahui bahwa Microsoft tidak menjelaskan bahwa itu adalah persyaratan untuk berpindah dari UWP ke Windows App SDK. Mereka hanya menjelaskan bahwa UWP tetap ada, dan pengembang bebas untuk terus membangun aplikasi dengan cara itu.

“Jika anda senang dengan fungsionalitas yang ditawarkan saat ini di UWP, maka tidak perlu memigrasikan proyek Anda,” jelas Microsoft.

Microsoft juga mengatakan bahwa platform Windows juga akan menggunakan aplikasi UWP, jadi ini adalah langkah yang cukup masuk akal. Meski begitu, Microsoft mendorong Windows App SDK sebagai masa depan pengembangan aplikasi di Windows.

Dua Platform Pengembangan

Microsoft memperkenalkan Project Reunion di Build 2020 sebagai alat penyatuan untuk pengembangan aplikasi Win32 dan UWP di Windows 10.

Sekarang dikenal sebagai Windows App SDK, platform ini mengintegrasikan API Win32 dan Universal Windows Platform (UWP) Microsoft yang ada saat ini. Aplikasi Win32 adalah aplikasi lawas, sedangkan UWP adalah API aplikasi modern Microsoft. Di bawah Project Reunion, alat ini juga akan tersedia secara independen dari Windows, yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan alat seperti Budget.

Perlu diingat bahwa Universal Windows Platform tetap menjadi satu-satunya cara bagi pengembang untuk membangun aplikasi untuk Xbox dan HoloLens. Sampai Microsoft membawa platform tersebut di bawah Project Reunion, UWP akan terus memiliki tempat di komunitas pengembangan Windows.

Tentu saja, dengan fokus Microsoft sekarang ditujukan pada pengembangan Windows App SDK, Microsoft akan menargetkan fitur baru dan dukungan API ke platform yang lebih baru dan bukan UWP. Ini artinya, meskipun ada alat pengembangan baru yang berbeda, keberadaan UWP masih diperlukan dan nantinya akan menjadi semakin terintegrasi, yang menjadikan App SDK semakin kaya fitur dan kompleks dengan adanya integrasi tersebut.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend