• Our Partners:

Microsoft, Berikan Secure Boot dan UEFI untuk Windows 7?

Microsoft, Berikan Secure Boot dan UEFI untuk Windows 7?

Microsoft hari ini memang telah resmi menghentikan dukungan untuk Extended Support yang telah lama mereka berikan untuk pengguna Windows 7, sebelum mereka mengakhirinya ada salah satu pengguna yang menemukan adanya tambahan pembaruan Extended Security terakhir yang diberikan oleh Microsoft.

Melansir dari WinPoin, ada pembaruan baru dengan Build KB5017361 yang mana telah cukup lama dirilis terhitung sejak bulan September 2022 kemarin. Pembaruan tersebut ternyata merupakan tambahan dari Microsoft untuk dukungan Secure Boot mereka di Windows 7 berserta dukungan UEFI.

Dengan menggunakan Secure Boot dan dukungan UEFI pengguna Windows 7 64-bit telah menerima bootx64.efi dan juga bootmgfw.efi yang mana sekarang telah mendukung Secure Boot. OS ini sekarang bisa berjalan dengan baik untuk generasi CPU Intel ke 10 dan 12.

Tetapi ternyata hal ini memiliki kendala yang lain, di mana pengguna setidaknya harus memperbaharui beberapa driver mereka untuk bisa menjalankannya. Bagaimana jika tidak? Kemungkinan besar pengguna Windows 7 yang disebutkan di atas akan mendapatkan masalah lainnya, salah satunya ialah hanya Stuck Logo Windows.

Ribet bukan? Tentu pengguna Windows 7 tak ingin hal ini terjadi bukan? Maka dari itu, diperlukan pembaruan driver seperti Update Driver Graphic untuk VGA,sys dan VGApnp.sys yang mana rata-rata saat ini tak diperbaharui oleh pengguna Windows 7.

Tahun 2023 ini Microsoft memang telah merilis daftar resmi program Extended Support apa saja yang akan menghampiri End of Life layanan Microsoft beberapa bulan ke depan. Kemarin, Microsoft juga telah resmi menghentikan pembaruan mereka untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 dan sudah tak akan mendapatkan dukungan Extended Support Update lagi.

Microsoft juga sebenarnya telah memberikan peringatan kepada semua pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 bahwa setidaknya harus pindah ke versi terbaru Windows 11, karena memang layanan ini sudah dihentikan dukungannya secara total.

Ada satu hal yang membuat kami sedikit heran, jika memang Microsoft telah menghentikan semua pembaruan dan layanan untuk sistem operasi Windows 7. Mengapa Microsoft masih memberikan dukungan pembaruan akhir untuk Secure Boot? Apa mungkin perusahaan hanya memberikan sedikit waktu agar pengguna Windows 7 migrasi ke sistem terbaru (?).

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend