Kolaborasi Microsoft dan Google di Project Fugu dan PWA

Microsoft dan Google Siap Hadirkan Lebih Banyak Aplikasi Web ke Play Store

NESABAMEDIA.COM – Microsoft dikabarkan telah berkolaborasi dengan Google untuk memastikan bahwa perangkat lunak mereka beroperasi dan dapat membantu pengembang mendapatkan Aplikasi Web Progresif (Progressive Web Apps atau disingkat: PWA) mereka di Play Store (Google Play).

“Kami senang mengumumkan kolaborasi baru antara Microsoft dengan Google untuk kepentingan komunitas pengembang web,” kata Judah Gabriel Himango dari Microsoft. “PWABuilder Microsoft dan Bubblewrap Google sekarang bekerja sama untuk membantu pengembang mempublikasikan PWA di Google Play Store.”

Seperti yang dijelaskan Himango, PWABuilder adalah open-source buatan Microsoft yang membantu pengembang membangun PDA dari situs web yang ada dan mempublikasikannya di app store, sementara Bubblewrap adalah alat dan perpustakaan Google yang digunakan untuk menghasilkan dan menandatangani paket Google Play Store dari PWA.

Setelah berbulan-bulan kolaborasi, kedua perusahaan telah membuat beberapa kemajuan menarik dalam mengintegrasikan alat. Sekarang, PWABuilder menggunakan Bubblewrap “di bawah tenda”, seperti yang dikatakan Himango, memungkinkan pengembang untuk mengemas PWA untuk Play Store dengan PWABuilder yang mendukung standar pintasan web baru. Pada Windows 10, pintasan web muncul sebagai daftar lompatan.

PWABuilder sekarang juga telah mendukung berbagai opsi aktivitas web tepercaya yang membantu PWA bekerja lebih baik di Android. Artinya, pengembang sekarang dapat menyesuaikan tampilan bilah status Android dan bilah nav di PWA mereka menggunakan PWABuilder, dan dapat menyesuaikan layar splash aplikasi, mengubah nama peluncur, menggunakan kunci masuk yang ada, menggunakan dukungan notifikasi push yang lebih dalam, mengkonfigurasi paket ID dan versi, perilaku mundur, dan banyak lagi.

“Google dan Microsoft bekerja sama untuk menjadikan web platform aplikasi yang lebih bagus,” simpul Himango. “Kami juga berkolaborasi dengan Google di Project Fugu untuk menginkubasi fitur platform web baru, dengan PWA di bagian depan dan tengah, ke arah tujuan standardisasi sehingga semua orang mendapat manfaat.”

Pintasan web dan kustomisasi paket Android dimungkinkan berkat kolaborasi antara Google dan Microsoft. Kerja sama ini menjadikan web platform aplikasi yang lebih mumpuni.

Selain hal-hal di atas, kolaborasi ini juga bertujuan standardisasi sehingga semua orang dapat merasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Send this to a friend