Microsoft Defender Kini Mampu Deteksi Crypto Jacking di Perangkat Windows 10

Microsoft Defender Kini Mampu Deteksi Crypto Jacking di Perangkat Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft mengumumkan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Intel dalam penggunaan CPU berbasis Threat Detection Technology (TDT) untuk mendeteksi dan menghentikan Crypto Jacking atau pencurian crypto di perangkat pengguna Windows 10.

Dukungan ini diketahui hanya tersedia untuk jenis CPU Intel Core dan vPro generasi ke-6 atau lebih tinggi dan akan membantu memblokir malware di masa mendatang. Intel memastikan bahwa menjalankan sistem deteksi ini tidak akan berdampak pada kinerja perangkat.

Crypto Jacking adalah sebuah tindakan eksploitasi sumber daya sistem target dari jarak jauh untuk menambang mata uang crypto demi keuntungan pelaku. Artian awamnya, memanfaatkan perangkat milik korban sebagai tempat menambang crypto yang hasil penambangan crypto itu diberikan kepada pelaku. 

Karena tindakan Crypto Jacking ini merupakan sebuah proses yang menghabiskan banyak sekali sumber daya di perangkat, penambang memerlukan banyak sumber daya komputasi untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Karena tindakan ini tidak mungkin hanya bergantung pada satu korban individu saja, pelaku seringkali menginfeksi beberapa perangkat yang digabungkan agar proses penambangan crypto ilegal itu bisa menghasilkan keuntungan. Belakangan, tindakan ini semakin marak dan oleh karena itu Intel menghadirkan solusi TDT baru ini.

Seperti yang dijelaskan pihak Intel, TDT berbasis CPU ini dapat mendeteksi aktivitas berbahaya seperti Crypto Jacking, ransomware atau serangan di saluran samping pada sistem, dengan mengumpulkan dan menganalisa data telemetri dari CPU. Proses deteksi ini pun menggunakan teknologi pembelajaran mesin atau Machine Learning

Microsoft memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendeteksi dan memblokir proses berbahaya yang berjalan di mesin Windows 10 mereka. Teknologi itu di masa mendatang akan digunakan Microsoft untuk mendeteksi operasi malware dan secara efektif digunakan untuk melakukan perlawanan jika ada metode penyamaran yang digunakan.

Teknologi ini akan tersedia di semua model CPU Intel Core dan vPro, yang berjalan di generasi ke-6 ke atas. Terakhir, Intel memastikan bahwa proses pemindaian untuk operasi yang mencurigakan di sistem dengan teknologi TDT itu tidak akan mempengaruhi kinerja dan pengalaman pengguna, tetapi akan menggunakan sebuah grafik yang terintegrasi untuk menghemat penggunaan sumber daya perangkat, dan berkomunikasi dengan CPU untuk melakukan tindakan yang diperlukan.

Leave a Reply

Send this to a friend