Browser Microsoft Edge 89

Microsoft Edge Versi 89 Bawa Banyak Fitur Baru Dan Peningkatan

NESABAMEDIA.COMPembaruan browser Microsoft Edge versi 89 yang diketahui berbasis pada Chromium 89, kini telah tersedia untuk perangkat Windows 10 dan macOS. Untuk mengunduh versi terbaru dari browser Microsoft Edge ini, pengguna diharuskan mengecek pembaruan secara manual atau akan mendapatkannya secara otomatis dalam beberapa hari ke depan, menurut pernyataan dari pihak Microsoft.

Di browser Edge versi 89 ini, Microsoft memperkenalkan fitur Sleeping Tabs, Vertical Tabs, perlambatan intensif untuk meningkatkan kinerja browser dan peningkatan startup, yakni sebuah fitur baru yang secara signifikan akan mengurangi proses pemuatan browser Edge di perangkat Windows 10. 

Selain penambahan beberapa fitur baru, Microsoft juga merilis peningkatan pada pembaca PDF bawaan, pengaturan privasi, group policies, keamanan dan banyak lagi lainnya. Sebagai contoh, terdapat sebuah kebijakan baru untuk pelanggan enterprise untuk mencegah pemasangan ekstensi yang berasal dari luar Microsoft Store. 

Sleeping Tabs

Secara default, Microsoft Edge kini akan menjadikan tab yang tidak aktif dalam mode tidur untuk mengurangi penggunaan memori dan CPU. Fitur ini sudah diumumkan Microsoft sejak tahun lalu, dan Microsoft sekarang memutuskan untuk mengaktifkannya ke semua pengguna.

Dalam sebuah pernyataan, Microsoft menekankan bahwa fitur Sleeping Tabs akan mengoptimalkan perfoma browser dengan membekukan tab yang tidak aktif di latar belakang setelah jangka waktu tertentu. Tabs akan menjadi tersamarkan ketika dalam mode tidur dan sumber daya CPU atau Memori akan dibebaskan, namun hal ini tidak akan mempengaruhi konten yang ada di tab tersebut. 

Microsoft menemukan bahwa fitur Sleeping Tabs akan mengurangi penggunaan CPU sebanyak 26 persen dibandingkan tab yang tidak berada dalam mode tidur. Begitu juga dengan memori juga akan dipangkas penggunaanya hingga 16 persen, namun jumlah pastinya tergantung pada berapa banyak tab yang terbuka dan pengaturan sistem masing-masing pengguna. 

Startup Boost

Fitur Startup Boost merupakan fitur baru yang akan meningkatkan waktu pemuatan hingga 41 persen, tergantung pada pengaturan perangkat Windows pengguna. Ketika diaktifkan, Startup Boost akan mulai memproses Microsoft Edge di latar belakang ketika perangkat dinyalakan. Sebagai hasilnya, browser akan lebih cepat dimuat, khususnya ketika pengguna menutup dan kemudian merestart perangkat dan membuka Edge kembali. 

Vertical Tabs

Untuk versi 89 atau yang terbaru, Vertical Tabs kini sudah tersedia untuk publik. Fitur ini didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengelola banyak tabs yang terbuka dan akan dimunculkan di sidebar sebelah kiri browser. 

Intensive Throttling

Microsoft juga mengaktifkan dukungan untuk fitur Intensive Throttling, sebuah fitur yang dibuat oleh teknisi Google untuk Chromium. Fitur ini ditujukan untuk mengurangi penggunaan sumber daya perangkat dengan memprioritaskan tab aktif dibanding lainnya di latar belakang, dan untuk perangkat mobile seperti laptop, akan lebih menghemat baterai. 

Prosesnya akan melibatkan JavaScript dan tidak akan memberikan dampak buruk pada aktivitas yang terjadi di latar belakang, seperti musik dan pemberitahuan.

Peningkatan PDF dan Pencetakan

Microsoft juga meningkatkan fitur pemilihan teks di dokumen PDF yang terbuka menggunakan browser Edge, untuk mengurangi munculnya isu pada dokumen tertentu. Fitur lainnya terkait dokumen PDF adalah kemampuan untuk mengatur skala ketika mencetak halaman web dan juga dokumen PDF. 

Pilihan skala itu terdiri dari menyesuaikan ukuran halaman, ukuran kertas dan ukuran sebenarnya. Pilihan ketiga untuk memastikan bahwa ukuran dari dokumen yang dicetak tidak akan berubah dan kualitasnya tetap terjaga.

Menu Ekstensi

Microsoft Edge juga mendapatkan menu ekstensi baru dari Google Chrome. Ini akan memudahkan pengguna dalam mengelola ekstensi dan menyembunyikan atau menyematkannya. Namun ada hal yang menarik, bahwa pembaruan menu ekstensi ini akan dilakukan secara server-side, artinya pembaruan dikirimkan otomatis tanpa pengguna harus mengunduh dan memasang manual dan akan dilakukan pada akhir bulan ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend