• Our Partners:

Microsoft Hadirkan WebView2 Edge ke Windows 10

Microsoft Hadirkan WebView2 Edge ke Windows 10

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mengumumkan bahwa pihaknya telah membawa WebView2 Runtime ke pengguna Windows 10 untuk versi yang didukung. Microsoft Edge WebView2 adalah pengendali spesial untuk para pengembang dalam menyisipkan konten web ke aplikasi. Ini memungkinkan penggunaan teknologi dan peningkatan terbaru dari browser Edge Chromium dalam program yang berbeda untuk Windows 10 dan 11. 

Untuk pelanggan umum, pengumuman ini tidak berarti banyak. Pengguna yang tidak berinteraksi langsung dengan runtime, karena mereka telah mendapatkan file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi tertentu di samping file pemasangannya. Dengan mengirimkan WebView2 ke Windows 10, Microsoft membuat segalanya lebih mudah, terutama bagi para pengembang. 

Microsoft mengatakan bahwa bundling Windows 10 dengan WebView2 Runtime akan membantu pengembang dalam memangkas biaya, dan memastikan pelanggan mereka memiliki komponen yang diperlukan.

Sebelumnya, pengembang harus menghabiskan waktu dan upaya ekstra untuk menggabungkan WebView2 Runtime dengan aplikasi mereka. Windows 11 di sisi lain, memiliki WebView2 yang dibangun sejak awal. 

Peluncuran WebView2 Runtime dimulai kemarin untuk versi konsumen Windows 10. Berdasarkan postingan di halaman web resmi, WebView2 akan tiba di sistem Windows 10 Home dan Pro, versi 2004 dan yang lebih baru. Ini akan berdampak minimal pada ruang penyimpanan, karena runtime terikat pada browser Microsoft Edge, yang pada akhirnya nanti akan menjadi browser Out of Box pada Windows 10 dan 11. Selain itu, Microsoft akan meluncurkan WebView2 secara bertahap untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik.

“WebView2 Runtime menyediakan platform web yang mendasari untuk aplikasi WebView2. Sebagian pengguna akhir kemungkinan tidak akan pernah mendengar atau berinteraksi dengan runtim ini secara langsung, namun melalui aplikasi yang mereka gunakan,” bunyi penjelasan dalam postingan tersebut.

Pengembang bisa mempelajari lebih lanjut mengenai distribusi dan penyebaran WebView2 Runtime dalam dokumentasi resmi yang telah diterbitkan oleh Microsoft, dalam tautan berikut ini

Perlu dicatat bahwa pengumuman ini tidak akan mempengaruhi perangkat kelas perusahaan yang telah bergabung dalam sebuah domain. Microsoft mengatakan akan membagikan lebih banyak detail mengenai hal ini dalam beberapa waktu ke depan.  

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend